Mengenal Beberapa Model E-Commerce yang Banyak Dipakai

0
445
model e-commerce

E-Commerce adalah semua bentuk perdagangan, baik jasa maupun barang yang memanfaatkan media internet. Jadi kegiatan tersebut tidak harus dilakukan face to face dengan pelanggan. Semakin pesat perkembangan dunia digital membuat orang berpindah dari penawaran fisik menjadi penawaran online.

Hal tersebut memang cukup beralasan mengingat potensi besar ketika menggunakan dunia digital. Jangkauan promosi lebih luas dan kesempatan mendatangkan pelanggan baru juga terbuka lebar. Kesempatan seperti ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjual apa saja, mulai dari keperluan sehari-hari hingga barang-barang langka.

Namun, sebenarnya perdagangan secara online ini memiliki beberapa model. Setidaknya ada 4 model perdagangan online yang semuanya memiliki pasar masing-masing. Kamu perlu mengetahuinya supaya lebih mudah untuk mengembangkan bisnis bukan? Terutama dengan mengetahui lebih jauh, maka kesempatan untung juga akan bertambah lebih besar.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Bisnis Sejak Dini

Beberapa Model E-Commerce yang Perlu Diketahui

Setidaknya ada 4 model perdagangan digital yang sering dijumpai. Beberapa model sudah pasti kamu ketahui karena menjadi populer di Indonesia dalam beberapa tahun. Namun ada juga beberapa model perdagangan digital yang masih belum digarap secara sempurna. Hal tersebut mungkin karena kurangnya infrastruktur di dalamnya.

1. Model Business to Business (B2B)

E-Commerce dengan model Business to Business memiliki beberapa ciri-ciri. Salah satunya adalah adanya ketergantungan antara pemilik bisnis. Biasanya ini terjadi karena ada kontrak tertentu dari para pemilik bisnis. Sederhananya adalah model ini akan mempertemukan beberapa perusahaan tertentu dalam lingkungan yang tertutup.

Perdagangan B2B seperti Electronic City atau indotrading.com. Sedangkan di Indonesia sendiri model perdagangan ini tidak terlalu maksimal. Mungkin hanya ada Mbiz yang merupakan garapan dari anak usaha Lippo Group. Karena itu juga sebagian besar orang merasa asing dengan model perdagangan B2B.

2. Model Business to Consumer (B2C)

Perdagangan B2C ini lebih fleksibel karena tidak perlu ada kontrak di dalamnya. Antara penjual, pembeli, dan distributor biasanya terjadi interaksi secara langsung. Model perdagangan ini cukup populer di Indonesia sejak lama. Contoh perdagangan dari model B2C adalah Lazada, Blibli, hingga JD.id.

3. Model Consumer to Business (C2B)

E-Commerce yang memiliki model C2B biasanya hadir karena ada permintaan khusus. Biasanya konsumen akan memberikan pesanan tertentu kepada produsen. Perdagangan C2B ini lebih sering ada pada sektor jasa. Salah satu contoh dari model C2B adalah istockphoto.com.

4. Model Consumer to Consumer (C2C)

Perdagangan C2C mungkin adalah yang paling banyak dikenal. C2C ini kemudian memiliki dua kelompok kecil berupa marketplace dan P2P. Model C2C juga menjadi yang paling banyak dimanfaatkan saat ini. Misalnya saja E-Commerce fashion di beberapa marketplace seperti Shoppe, Bukalapak. Hingga Tokopedia. 

Berkembangnya Jasa Pengiriman yang Semakin Banyak

Berkembangnya bisnis perdagangan online membuat jasa pengiriman semakin banyak. Salah satunya adalah Shipper yang memiliki tagline “Bebas Pilih Tanpa Batas”. Shipper merupakan salah satu agregator logistik dan warehouse terbaik di Indonesia. Kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya jika ingin mengetahui lebih lanjut di www.shipper.id

Shipper menjadi jasa pengiriman yang paling tepat karena memiliki banyak keunggulan. Jasa jemput barang secara gratis adalah salah satu layanan yang diberikan. Menjadi solusi jasa pengiriman yang aman, terpercaya, dan tepat untuk meningkatkan pengalaman toko online kamu.

Tunggu apalagi? Kamu sudah mengetahui beberapa model perdagangan secara digital. Selain itu juga sudah mengetahui jasa pengiriman apa yang tepat dipakai. Langkah terakhir hanya perlu mengembangkan toko online dengan memilih E-Commerce tepat demi potensi keuntungan yang lebih besar.

Baca Juga: Cara Pengiriman Barang dari Luar Negeri ke Indonesia