Ini Dia Macam-macam Ekspedisi di Indonesia dan Layanannya

0
185
macam-macam ekspedisi

Sebagai penjual online pastinya Sobat Shipper sudah cukup akrab dengan proses kirim barang ke konsumen. Di Indonesia ada bermacam-macam ekspedisi yang dapat Sobat Shipper gunakan. Setiap jasa ekspedisi menawarkan layanan dan keunggulan layanan masing-masing untuk menarik minat pelanggan.

Tentu, selalu ada yang menjadi pertimbangan sebelum menentukan ingin menggunakan ekspedisi yang A atau B. Di artikel ini, kita akan membahas macam-macam ekspedisi dan apa saja layanan yang mereka tawarkan. Sobat Shipper akan lebih mudah dalam menentukan pilihan ekspedisi yang paling tepat digunakan sesuai keperluan.

1. J&T Express

Ekspedisi pengiriman barang yang cukup populer di Indonesia yaitu ekspedisi JNT atau J&T Express. Keunggulan J&T yaitu memiliki ribuan armada sehingga proses pengiriman barang bisa lebih cepat dan terorganisir dengan baik. Ekspedisi J&T punya beberapa layanan yang dapat Sobat Shipper gunakan untuk mengirim barang ke konsumen.

a. EZ

EZ adalah layanan produk reguler dari J&T. Estimasi yang dibutuhkan dalam pengiriman reguler ini sekitar 2-5 hari tergantung jarak pengiriman paket.

b. J&T ECO

Layanan J&T ECO cocok digunakan untuk pengiriman jarak jauh yaitu antar pulau di Indonesia dengan harga yang lebih ekonomis. Waktu pengiriman berkisar antara 5-15 hari untuk pengiriman antar pulau.

c. J&T Super

Jika Sobat Shipper membutuhkan layanan pengiriman yang sangat cepat maka dapat menggunakan layanan J&T Super. Layanan ini digunakan untuk pengiriman antar daerah di area Jabodetabek dengan estimasi waktu 1-2 hari saja.

2. Si Cepat

Si Cepat mulai berdiri tahun 2004, tetapi mempunyai kualitas pelayanan sangat baik hingga saat ini. Seperti namanya, Si Cepat menawarkan pelayanan pengiriman barang secara cepat dan mudah. Layanan yang ditawarkan Si Cepat cukup beragam.

a. Reguler

Layanan pengiriman standar dengan estimasi waktu pengiriman paling cepat 15 jam untuk area Jabodetabek. Estimasi waktu layanan reguler adalah 1-3 hari tergantung dari jarak kirim barang ke lokasi tujuan.

b. BEST (Besok Sampai Tujuan)

Layanan pengiriman antar kota dengan estimasi waktu 1 hari. Layanan BEST cocok untuk pengiriman jarak jauh untuk pengiriman yang sangat cepat.

c. Cargo

Layanan untuk pengiriman barang minimal 5 kg dengan tarif yang jauh lebih ekonomis. Cargo sebagai pilihan ekspedisi termurah untuk pengiriman barang besar atau barang dalam jumlah banyak karena lebih hemat ongkos kirim.

3. JNE

JNE termasuk jasa ekspedisi yang sudah berdiri lama di Indonesia. Tak heran, ekspedisi JNE menjadi salah satu dari banyak macam-macam ekspedisi yang banyak dipilih masyarakat. Keunggulannya adalah mampu menjangkau hampir semua lokasi di Indonesia termasuk daerah terpencil. Berikut ini layanan JNE yang dapat Sobat Shipper gunakan.

a. Super Speed / SS

Pilihan pengiriman tercepat dari JNE yaitu Super Speed (SS). Sobat Shipper dapat mengirim barang dengan estimasi waktu tak lebih dari 24 jam saja. Ada jaminan pengembalian ongkos kirim berdasarkan syarat dan ketentuan berlaku.

b. Yakin Esok Sampai / YES

Layanan paket kilat khusus yang disediakan JNE selain SS yaitu YES. JNE YES menawarkan layanan dengan estimasi waktu pengiriman hanya 1 hari dengan syarat paket dikirim sebelum pukul 12.00 siang.

c. Reguler / REG

Layanan reguler yang cukup banyak digunakan menawarkan estimasi waktu pengiriman 1-7 hari kerja tergantung jarak pengirimannya. JNE REG dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

d. Ongkos Kirim Hemat / OKE

Layanan ekspedisi murah yang disediakan JNE yaitu JNE OKE tetapi estimasi waktunya agak lama dibanding layanan reguler yaitu 3-14 hari tergantung jarak pengiriman.

e. JNE Trucking / JTR

Layanan JTR digunakan khusus untuk pengiriman barang dengan dimensi yang besar atau paket yang beratnya di atas 10 kg dengan biaya yang ekonomis.

4. Anteraja

Eskpedisi Anteraja salah satu dari banyak macam-macam ekspedisi di Indonesia yang cukup sering digunakan oleh para online seller. Anteraja punya jargon SATRIA yaitu kepanjangan dari Sigap, Aman, Terpercaya, Ramah, Integritas dan Amanah. Berikut ini adalah layanan dari Anteraja yang dapat Sobat Shipper gunakan.

a. Next Day

Pilihan layanan dengan estimasi waktu pengiriman satu hari dari Anteraja yaitu Next Day. Layanan ini cocok untuk Sobat Shipper yang perlu mengirim barang dalam waktu cepat dan aman.

b. Reguler

Layanan standar yang ditawarkan Anteraja yaitu layanan kirim barang reguler. Estimasi waktu yang dibutuhkan yaitu 1-3 hari kerja tergantung jarak kirim paket.

c. Same Day

Same day adalah layanan pengiriman paket kilat khusus yang bisa tiba kurang dari satu hari dengan syarat dan ketentuan berlaku.

5. Indah Logistik Cargo

Indah Logistik Cargo atau Indah Cargo adalah pilihan ekspedisi untuk pengiriman barang dengan layanan yang cukup lengkap. Indah Cargo terkenal dengan layanan pengiriman barang besar, tetapi bisa juga untuk mengirim barang skala kecil. Berikut ini layanan dari Indah Cargo yang dapat Sobat Shipper gunakan.

a. Pengiriman Darat

Layanan pengiriman standar melalui jalur darat untuk barang skala kecil maupun besar. Layanan ini menawarkan tarif yang ekonomis dengan estimasi waktu tergantung jarak pengiriman.

b. Pengiriman Laut

Indah Cargo menyediakan layanan pengiriman via laut dengan tarif terjangkau. Layanan ini khusus untuk kirim barang dengan beban sangat berat atau ukuran besar.

c. Pengiriman Udara

Layanan Cargo Udara dari Indah Cargo adalah layanan yang terpercaya dengan estimasi pengiriman barang sangat cepat. Layanan ini dapat digunakan untuk barang ukuran besar dan jarak tempuh sangat jauh.

d. City Courier

City Courier adalah layanan pengiriman dengan proses pickup dan delivery dalam hitungan jam. Namun, layanan ini hanya bisa digunakan untuk pengiriman antar wilayah atau antar kota saja.

e. Kereta Api

Pengiriman menggunakan kereta api dari Indah Cargo cukup populer karena harganya ekonomis. Layanan ini cocok untuk pengiriman barang besar dan banyak dengan tarif terjangkau.

f. Trucking

Trucking adalah jasa ekspedisi Indah Cargo menggunakan moda transportasi truk atau mobil dengan tujuan antar kota hingga antar pulau. Layanan ini khusus untuk barang besar dengan biaya pengiriman yang lebih hemat.

Itulah macam-macam ekspedisi yang ada di Indonesia dan dapat Sobat Shipper gunakan untuk kebutuhan pengiriman produk online shop ke konsumen atau kebutuhan lainnya. Sobat Shipper tak perlu bingung menentukan ekspedisi yang paling tepat digunakan saat ini karena begitu banyak pilihan. Hubungi Shipper maka kamu bisa memilih ekspedisi dengan leluasa dengan penawaran tarif yang kompetitif. Shipper juga menyediakan layanan jemput paket gratis tanpa minimun order. Untuk info lebih lanjut kunjungi websitenya di shipper.id

Baca Juga : 5 Hal Penting dalam Memilih Jasa Pengiriman Barang Online Shop yang Tepat