Ketahui Berbagai Macam Jenis Warehouse Serta Kegunaannya

0
145

Seperti yang sudah kita tahu bahwa warehouse adalah sebuah tempat yang digunakan untuk melakukan penyimpanan pada barang yang tertentu. Pada umumnya warehouse yang berada di Indonesia memiliki kapasitas penyimpanan yang dapat di bilang besar, sehingga kamu bisa lakukan pembongkaran barang di lokasi itu. 

Kamu juga bisa lakukan pemasokan barang secara bersamaan di suatu warehouse adalah. Ada beberapa jenis warehouse yang di pakai di berbagai perusahaan Indonesia. 

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Warehouse & Fulfillment untuk Bisnis Kamu

Jenis-Jenis Warehouse yang Ada di Indonesia

1. Distributor Center

Warehouse penyimpanan jenis akan akan memberikan waktu penyimpanan yang begitu singkat. Gudang jenis ini akan di pakai sebagai sebuah tempat distribusi yang singkat di pergunakan untuk melakukan penyimpanan barang yang akan segera di distribusikan kepada para konsumen. 

2. Warehouse Swasta Atau Pribadi

Merupakan sebuah tempat penyimpanan yang di pakai oleh para pemasok maupun reseller untuk melakukan distribusi dengan cara mandiri. Misalkan seperti perusahaan retail yang besar menyediakan warehouse adalah tersebut untuk di jadikan tempat grosir milik mereka sendiri. 

Pada warehouse tersebut mereka akan lakukan penerimaan dan melakukan distribusi untuk suatu barang maupun produk. 

3. Warehouse Otomatis

Perkembangan teknologi yang juga semakin canggih tersebut juga memperngaruhi perkembangan pada jenis warehouse yang ada di Indonesia. Untuk saat ini sudah banyak yang menyediakan sebuah warehouse yang memiliki kemampuan secara otomatis. Jenis warehouse ini sudah memakai conveyor bel yang bisa di pakai untuk melakukan pengangkutan sebuah barang. 

4. Climate–Controlled Warehouse

Warehouse yang satu ini adalah salah satu ruang penyimpanan yang akan membantu menyediakan sebuah tempat untuk digunakan menyimpan bermacam jenis barang. Konsep yang dimiliki oleh warehouse adalah yang satu ini juga akan berbeda dengan yang lainnya. Pada gudang ini nanti akan tersedia sebuah fasilitas freezer atau biasa disebut dengan ruangan yang beku di peruntukan untuk melakukan penyimpanan barang. 

Di sediakannya sebuah freezer ini berguna untuk bisa menjaga kelembaban pada lingkungan penyimpanan barang yang khusus tersebut. 

5. Warehouse Umum atau Publik

Warehouse adalah publik ini akan menyediakan sebuah ruangan yang memang sengaja untuk digunakan dalam penyimpanan yang memang di sewakan untuk kebutuhan pada distribusi sebuah barang dalam jangka waktu yang cukup pendek. Hal tersebut biasanya akan dilakukan jika pada saat ketersediaan tempat dan juga kapasitas yang dimilikinya tidak seimbang. 

Fungsi dari Warehouse

Apa itu warehouse dan fungsinya jika dilihat secara umum merupakan bagian dari salah satu sistem logistik pada perusahaan yang memiliki sebuah fungsi untuk menyimpan produk dan sediakan informasi yang berkaitan status dan juga beserta material dan juga persediaan yang ada dalam gudang. 

Dengan adanya fungsi yang dimilikinya tersebut, perusahaan pastinya akan selalu dapatkan sebuah informasi yang terbaru dari berbagai produk yang akan di distribusikan kepada para konsumen. Dan untuk orang yang memiliki kepentingan juga akan lebih mudah dalam mengakses berbagai informasi-informasi tersebut untuk melakukan perkembangan dalam produknya dengan cara berkelanjutan. 

Jika di dasarkan pada rantai pasokannya gudang tersebut akan berguna untuk:

  • Sebagai pusat konsolidasi. 
  • Sebagai tempat lokasi penyimpanan persediaan. 
  • Untuk lokasi pengembalian barang. 
  • Fasilitas perakitan produknya.
  • Tempat pengiriman barang. 
  • Pusat pemilihan untuk produknya. 

Sebagai sebuah komponen integral dan juga sebagai rantai pasokan yang penting akan membuat konteks dalam strategi bisnis wajib pertimbangkan fasilitas dan keberadaan yang ada dalam gudang tersebut. Hal ini akan memiliki pengaruh terhadap perkembangan sebuah perusahaan dalam menghasilkan produk nantinya. 

Untuk menggunakan sebuah warehouse memang akan memerlukan pelayanan yang terbaik supaya barang yang kita simpan akan aman. Hal tersebut bisa kamu dapatkan jika menggunakan jasa sewa gudang dari https://shipper.id/warehouse


Baca Juga: Rekrut Karyawan Gudang Tak Boleh Sembarangan! Intip 3 Strategi Memilihnya, Yuk!