5 Cara Buat Video Iklan Produk Hanya dengan HP

0
2078
video iklan produk

Daftar Isi
1. Cara Buat Video Iklan Produk Hanya dengan HP
2. Tips Meyakinkan Pelanggan dalam Video Review Produk
3. Tips Buat Video Produk dengan Peralatan Seadanya
4. Tips Membuat Iklan Video Produk Minuman
5. Cara Membuat Video Produk dengan Teknik One Take
6. Intip Tips Video Low Budget dengan Hasil Eksklusif
7. Edit Video Cinematic dengan 6 Aplikasi Ini
8. Tips Sukses Membuat Video Animasi untuk Promosi Produk
9. Aplikasi untuk Membuat Video Motion Graphic
10. Ide Konsep Video Promosi Produk yang Trend di 2021

Penjualan Sobat Shipper menaik, dan kini kamu ingin memperluas pasar? Untuk setiap pembisnis, pasti akan senang jika bisnisnya mengalami kemajuan. Ketika bisnis Sobat Shipper akhirnya mulai berkembang, kamu harus mulai memikirkan hal-hal yang bisa meningkatkan kualitas brand sobat Shipper. Tidak hanya dari segi produk, tapi dari segi marketingnya juga.

Kira-kira apa yang bisa meningkatkan citra brand Sobat Shipper? Sebuah iklan. Ya, iklan bisa memperluas brand Sobat Shipper loh. Tapi bukan sembarang iklan.

Iklan dibagi menjadi dua jenis, ada yang sifatnya soft selling dan juga hard selling. Apa perbedaanya? Iklan dengan jenis soft selling adalah iklan yang tidak menjual produknya secara langsung. Bisa melalui penceritaan, atau mungkin pesan tersirat. Sedangkan iklan dengan jenis hard selling, adalah iklan yang menjual langsung produknya. Misalnya iklan yang memberikan informasi detail produk beserta harga dan promo yang ingin diberikan.

Dari kedua iklan tersebut, mana menurut Sobat Shipper yang lebih efektif? Iklan soft selling ternyata lebih efektif menjual sekaligus meningkatkan brand sobat Shipper loh. Lalu selanjutnya, bagaimana membuat iklan soft selling yang menarik? Buatlah sebuah video promosi produk yang memiliki cerita di dalamnya. Tampilkan keunggulan produk kamu dalam video promosi tersebut.

Video iklan bisa dibilang pembuatannya tidak rumit, namun membutuhkan banyak inspirasi dan juga beberapa teknik yang harus Sobat Shipper ketahui. Kira-kira apa saja ya yang diperlukan dalam pembuatan video promosi produk? Cara membuat video promosi produk mudah, apalagi dengan kecanggihan jaman, Sobat Shipper tak perlu kamera mahal karena sekarang kamera hp juga sama berkualitasnya.

1. Konsep Video Sinematik yang Mudah

Sinematik? Seperti yang ada di youtube-youtube itu? Pergerakan dari cepat ke lambat, gerakan memutar? Tenang-tenang, sobat shipper tak perlu panik mendengar konsep video sinematik.

Sobat Shipper bisa menggunakan konsep video promosi produk dengan sedikit sinematik yang akan menghasilkan video iklan simple dan to the point.

Pertama, Sobat Shipper perlu memikirkan alur cerita apa yang Sobat Shipper ingin berikan pada video promosi produknya. Kemudian susun dalam sebuah kertas, kira-kira ingin dibuat seperti apa videonya.

Disarankan, untuk mencari beberapa referensi yang sekiranya mudah untuk kamu ikuti. Jangan ikuti sama persis, tapi gunakan beberapa konsep yang menarik dan gabungankan jadi satu yang baru.

2. Setting Tempat

Untuk membuat konsep yang simple, Sobat Shipper bisa setting tempat yang simple juga. Bagaimana caranya?

Sobat Shipper bisa menggunakan satu meja yang berukuran cukup besar. Cukup besar disini menyesuaikan produk yang akan sobat buat video iklan. Kondisikan tempat yang cukup luas, sehingga jika ingin menggerakan produk nantinya tidak akan bocor bagian lainnya.

Cara lainnya adalah menggunakan backround hitam. Warna hitam akan membuat kesan elegan dan simple. Tak perlu khawatir hasilnya akan gelap. Sobat Shipper nantinya tetap harus menggunakan cahaya tambahan.

Jika Sobat Shipper tak memiliki background atau kain hitam, sobat bisa menggunakan kain polos berwarna apapun. Tapi, jangan melenceng dari konsep video iklan kamu ya.

Tapi, disarankan menggunakan latar kain hitam atau putih saja sehingga kesan yang akan dibuat bisa sampai pada konsumen.

Selain setting tempat, Sobat Shipper juga harus sediakan beberapa properti yang menyesuaikan dengan produk. Misalnya, Sobat Shipper menjual produk minuman, maka siapkan gelas dan juga beberapa es akrilik untuk pengambilan gambarnya nanti. Jika menjual makanan, Sobat Shipper bisa menyediakan piring atau beberapa topping dari makanan yang kamu jual. Untuk produk berupa barang, sobat bisa menyesuaikan dengan jenis yang kamu jual.

3. Trik-trik Pengambilan Gambar

Pengambilan gambar yang baik dan benar mungkin Sobat Shipper harus mencobanya sendiri sampai menemukan mana yang pas. Tapi, jika Sobat Shipper masih kebingungan, ini dia beberapa trik yang bisa sobat coba :

a. HP disimpan pada Tripod – buat hasil stabil

Tangan tak stabil? Gunakan tripod untuk memudahkan kalian. Dengan keadaan video yang stabil, bisa memberikan efek simple juga. Tapi jika sobat menggunakan kestabilan, maka ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan.

Karena terlalu stabil mungkin akan membosankan, maka ada beberapa hal yang harus kamu mainkan. Mulai dari pencahayaan. Kamu bisa mengatur urutan nyala cahaya, bisa dari gelap, kemudian terlihat sedikit produknya, sampai terlihat jelas produknya.

Selain itu, kamera juga bisa dimainkan tapi tetap mempertahankan kestabilan. Sobat bisa mengangkat sedikit hingga kaki tripod membentuk sudut 45 derajat keatas. Kemudian turunkan perlahan tripodnya. Dengan melakukan gerakan ini, sobat shipper akan membuat sebuah pengambilan gambar dari atas kebawan. Ini bisa dicoba tanpa harus khawatir video akan goyang.

b. Berbagai Gerakan Kamera yang Mudah Dicoba

Jika sobat Shipper tak memiliki tripod, maka satu-satunya cara adalah dengan tangan. Nah, jika menggunakan tangan, maka hal yang perlu sobat Shipper lakukan adalah melakukan gerakan berjalan untuk meminimalisir ketidakstabilan.

Kamu bisa melakukan beberapa gerakan. Seperti kamera hp yang diputar 360 derjat, kemudian gerakan kamera dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Bisa dilakukan dari posisi atas atau samping.

Sobat hanya perlu mengeksplor gerakan-gerakan mana yang cocok untuk dijadikan sinematik. Jangan lupa siapkan juga gerakan untuk transisi dari satu video ke video lainnya. Sobat bisa cari banyak referensi di youtube untuk tahu lebih jelas.

c. Gunakan Kertas sebagai Alas

Sobat Shipper ingin membuat pergerakan produk yang halus? Gunakan kertas sebagai alasnya. Pengambilan gambarnya harus dari samping agar kertas tidak terlihat.

Letakan kertas sebagai alas dari produk, ukurannya sebisa mungkin lebih besar dari alas produk. Kemudian sobat Shipper bisa menarik atau memutar kertas untuk membuat pergerakan yang halus.

Ingat, tangan sobat Shipper jangan sampai masuk ke videonya ya, supaya triknya tidak ketahuan konsumen kalian.

d. Gunakan Flash untuk Perjelas Brand

Untuk membuat sebuah detail, Sobat Shipper tak perlu susah payah mendekatkan kamera handphone ke produknya. Cukup menggunakan sinar flash untuk menyinari detail produknya.

Misal, Sobat Shipper ingin membuat merk kalian lebih fokus. Sinari dengan flash pada bagian merknya saja. Tapi jangan langsung disorot, sobat Shipper bisa membuat beberapa adegan yang terlihat misterius. Gerakan flash ke kanan dan ke kiri terlebih dahulu dengan alur lamban. Kemudian buat flash diam lebih lama pada bagian merk. Kamu juga bisa berkesperimen dengan berbagai teknik lain.

4. Pemasangan Lampu untuk Membuat Efek Tertentu

Pemasangan lampu menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena peletakan yang berbeda, akan memberikan nuansa yang berbeda juga untuk video iklan yang akan dibuat.

Jika Sobat Shipper menggunakan produk berbahan botol kaca, sobat bisa meletakan cahaya di samping kanan dan kiri supaya memberi efek ring light. Jika produk yang dijual makanan, kamu bisa gunakan cahaya yang terang supaya terlihat lebih fresh dan menyenangkan.

5. Editing Video

Terkahir adalah bagian editing. Sudah banyak aplikasi edit video di hp yang bisa didapatkan secara gratis. Gunakan aplikasi buat video yang menurut Sobat Shipper mudah digunakan.

Kemudian, jika Sobat Shipper tidak sempat membuat shoot untuk iklan video, sobat bisa gunakan aplikasi edit foto jadi video, dengan editing yang dikondisikan juga. Transisinya, atau mungkin warnanya sehingga tetap bisa berkualitas.

Jika Sobat Shipper kurang bisa berkreasi, tak perlu khawatir. Karena sekarang mudah sekali bikin video online otomatis. Di Tiktok misalnya, sobat Shipper tinggal memasukan dan tiktok akan membuatnya seirama dengan lagu yang ingin sobat buat.

Setelah konsumen meningkat dengan adanya video promosi produk yang keren, sobat juga harus meningkatkan sistem pengiriman produknya loh. Shipper bisa membantu sobat untuk meningkatkan kualitas pengiriman sebelumnya. Cari informasi lebih lanjut mengenai biaya dan apa yang bisa sobat dapatkan di shipper.id!