Yuk, Cari Tahu Tarif Pemasangan Instagram Ads

0
194
harga iklan di instagram

Harga iklan di Instagram – Dalam melakukan berbagai bentuk kegiatan berbisnis, semua yang nantinya akan Sobat Shipper jalankan amat memerlukan sebuah bentuk rancangan yang jelas, apik, dan terperinci.

Salah satu kegiatan bisnis yang pastinya akan dihadapi oleh semua pebisnis adalah tindak promosi. Yup, tindak promosi atau pengiklanan ini sering kali digunakan untuk meningkatkan popularitas brand, produk, atau bahkan perusahaan itu sendiri.

Namun, sebelum melakukan tindak promosi, nyatanya kamu juga memerlukan rancangan seperti halnya dalam kegiatan bisnis lainnya lho, Sob. Salah satu bentuk rancangan yang diperlukan dalam tindak promosi atau pengiklanan ini adalah mengenai biaya yang dikeluarkan.

Namun, tidak hanya itu, ada banyak hal lain yang perlu ditinjau kembali sebelum pengiklanan dilaksanakan. Apa saja itu? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Biaya Instagram Ads dan Pembagiannya

IG Ads atau yang dapat disebut Instagram Ads, adalah platform pengiklanan yang disajikan secara langsung oleh Instagram. Instagram Ads ini telah digunakan oleh banyak pengusaha, dengan berbagai kepentingan, yang salah satunya adalah membantu berjalannya promosi atau kegiatan pengiklanan terhadap suatu layanan dan produk.

Nah, saat ini kita akan melakukan pembahasan terhadap harga pasang iklan di Instagram dan berbagai serba-serbinya. Dan pada poin pertama ini kita akan mulai dari pembagian biaya Ads Instagram itu sendiri. Kira-kira berapa ya… harga iklan di Instagram? Yuk, simak penjelasan berikut.

Sebenarnya, harga iklan di Instagram sendiri dapat dikatakan memiliki banyak variasi, karena menyesuaikan dengan tipe iklan yang dipilih. Tipe iklan yang dipilih ini, berikutnya dapat menjadi faktor penentuan terhadap berapa biaya yang harus dibayarkan ke Instagram itu sendiri.

Sejumlah uang yang telah dikeluarkan oleh pengiklan dapat mempengaruhi jangkauan iklan dan waktu penayangannya. Dan harga Instagram Ads secara umum memiliki ketergantungan pada dua model iklan, diantaranya adalah biaya per klik atau cost per click (CPC) dan biaya per tayang cost per impressions (CPM).

Umumnya, pengiklan akan melakukan pembayaran sebesar 0,20 dolar AS atau Rp 2.840,00, hingga 2 dollar AS atau Rp 28.000,00 dalam sistem CPC.

Kemudian untuk iklan berjenis CPM harga yang ditetapkan oleh Instagram Ads berkisar mulai dari 6,70 dollar AS atau Rp 95.190,00 per 1.000 tayangan.

Namun, pada kenyataannya harga iklan di Instagram tidak diperhitungkan semudah itu. Karena ada beberapa faktor atau penyebab, yang akan ditinjau pihak Instagram untuk menentukan berapa biaya yang akan dikeluarkan, apa saja faktor biaya Ads Instagram itu? Yuk, kita beralih ke poin berikutnya.

2. Faktor Bid Amount (Jumlah Penawaran)

Dengan besarnya jumlah penawaran dalam Instagram Ads, dalam kata lain biaya yang dianggarkan semakin besar pula nilainya. Oleh karenanya, penyebaran penayangan iklan yang dilakukan oleh Instagram pun semakin besar.

Singkatnya, seberapa jauh jangkauan iklan dan seberapa banyak iklan yang mendapatkan exposure merupakan faktor dari harga yang akan pengiklan bayarkan.

3. Faktor Relevansi Iklan

Faktor yang mempengaruhi harga iklan di Instagram selanjutnya adalah faktor relevansi iklan. Jika banyak pengunjung menanggapi iklan milik Sobat Shipper secara positif, maka peningkatan terhadap skor relevansi otomatis akan terjadi.

Faktor relevansi yang satu ini ditentukan dari adanya jumlah pengguna yang melakukan berbagai bentuk interaksi, seperti mengklik, berkomentar, dan menyukai. Jika Sobat Shipper ingin memiliki iklan yang lebih relevan, maka Sobat Shipper akan melakukan pembayaran yang dapat dikatakan mendekati jumlah minimum.

4. Faktor Perkiraan Tindakan (Estimated Action Rates)

Faktor berikutnya yang mempengaruhi harga pada Ads Instagram adalah faktor Perkiraan tindakan atau yang dapat disebut sebagai estimated action rates. Estimasi yang dimaksud dalam hal ini adalah apakah seseorang akan melakukan interaksi berupa tindakan mengklik atau melakukan berbagai tindakan lain, usai meninjau iklan tersebut.

5. Faktor Penawaran dan Permintaan

Faktor yang mempengaruhi biaya iklan Instagram selanjutnya adalah faktor penawaran dan permintaan, yang mana kedua faktor ini dapat disebut sebagai supply and demand.

Permintaan dan penawaran juga biasa disebut kompetisi. Persaingan akan selalu mempengaruhi harga iklan Instagram. Saat kamu mulai berusaha menjangkau demografi orang tertentu, di mana pesaing juga mengincar audiens yang sama, maka Instagram akan menerapkan biaya yang berbeda.

Untuk pengiklan yang melakukan penawaran harga iklan, dalam jumlah yang lebih tinggi, otomatis posisi yang akan ditempati oleh sang pengiklan adalah posisi teratas, ketimbang pengiklan lain yang melakukan penawaran harga iklan lebih rendah.

6. Faktor Beriklan di Waktu Prime Time

Di waktu prime time, kegiatan beriklan yang dilakukan pastinya memiliki harga lebih tinggi dibanding pengiklanan di waktu lainnya. Seperti misalnya, biaya iklan di Instagram lebih mahal saat akhir pekan, ketimbang waktu-waktu lainnya, seperti hari kerja.

7. Faktor Gender

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa audiens wanita cenderung lebih sering melakukan interaksi dengan Instagram, maka dari itu biaya Ads IG juga dipengaruhi oleh faktor gender, yang mana audiena wanita memiliki harga yang lebih tinggi dibanding dengan audiens pria.

8. Faktor Target Market yang Dituju

Faktor berikutnya yang mempengaruhi harga pengiklanan Instagram adalah target market yang dituju. Karena, untuk beberapa bidang usaha, platform Facebook sendiri telah memberikan pemberlakuan terhadap harga Instagram Ads yang lebih tinggi.  

Misalnya dapat dilihat pada bidang usaha fashion, kecantikan, dan kesehatan. Berbagai produk tersebut tentu memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Dan oleh karenanya, biaya pengiklanan pada Instagram Ads pun dapat dikenai angka yang lebih tinggi.

9. Pembayaran yang Diberlakukan Terhadap Instagram Ads

Sobat Shipper dapat memilih berbagai opsi pembayaran iklan pada Instagram Ads dalam opsi yang beragam, bisa menggunakan kartu kredit atau menggunakan debit. Selesai pembayaran diberlakukan, maka Facebook akan melakukan peninjauan terhadap iklan yang telah ditayangkan. Nah, Sobat Shipper juga bisa membuat pertimbangan terhadap faktor-faktor yang tadi telah disebutkan sebelumnya.

Penganggaran terhadap iklan Instagram Ads pun dapat diberlakukan pada waktu tertentu, dan sifatnya juga cukup fleksibel.

Nah, Sobat Shipper itu dia pembahasan mengenai  biaya pengiklanan pada Instagram Ads, cukup menarik untuk dipahami dan diterapkan bukan? Oh iya, ketika pemasaran sudah kamu optimalkan dengan benar. Jangan lupa untuk meninjau operasional bisnis dengan tepat ya.

Hal ini harus dilakukan agar pemesanan dan stok produkmu bisa terkelola dengan baik dan tepat. Untuk itulah mempercayakan jasa otomatisasi pengelolaan inventori dan alokasi stok barang yang tepat, penting untuk kamu perhatikan. Dan Atoor hadir sebagai solusinya. Yuk, cek informasi lengkap mengenai Atoor di Shipper.id!