6 Tips Membuat Website Toko Online Yang Unik!

0
128
website toko online

Sobat Shipper sedang mempertimbangkan untuk bikin website toko online? Website menjadi salah satu bagian penting dalam pemasaran. Website bisa menjadi media untuk branding, promosi dan transaksi jual beli. Membuat website toko online yang unik tidak rumit jika kamu tahu tips dan langkah-langkahnya. Mari simak tips membuat website toko online yang unik!

1. Pahami Tujuan Pembuatan Website

Tips membuat website toko online yang pertama adalah memahami tujuan pembuatan web tersebut. Website bisnis bertujuan untuk menarik minat calon pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian. Tidak hanya itu, website juga dijadikan sebagai media berbagi informasi antara penjual dan pembeli. Penjual bisa memberi informasi mengenai brand, produk terbaru, diskon dan lain sebagainya. 

Website toko online berbeda dengan marketplace. Penjual yang menjual barangnya di marketplace berperan sebagai partner bukan pemilik web. Sehingga, dari hal pengelolaan transaksi juga terbatas. Ada syarat dan ketentuan dari marketplace yang harus diikuti oleh penjual. Biasanya, penjual juga perlu memberikan komisi dari produk yang terjual melalui marketplace tersebut. 

Jika membuat website online shop sendiri, kamu bisa punya kendali penuh terhadap online shop tersebut. Kamu bebas mengelola setiap transaksi tanpa harus membagi hasil penjualan kepada pihak ketiga. Kamu bisa memiliki data pembeli dan data transaksi untuk digunakan dalam kebutuhan strategi pemasaran. Jadi, memiliki website online shop lebih menguntungkan bagi penjual. 

2. Memilih Nama Toko Online untuk Domain Web

Setelah mengetahui tujuan pembuatan website online shop, selanjutnya kita mulai langkah-langkah dalam pembuatan web. Tips membuat website toko online yang penting yaitu memilih nama toko atau brand untuk domain web. Apa itu domain website?

Domain adalah kata atau nama yang unik yang nantinya akan menjadi alamat website kamu. Domain harus sesuai dengan nama toko online supaya lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Maka dari itu, memilih nama domain harus mudah dibaca, mudah diingat, tidak terlalu panjang dan membawa identitas brand atau produk yang dijual.

Tips membuat nama domain unik : 

a. Nama Merek atau Nama Toko

Jika kamu punya nama merek yang unik dan belum ada yang memakai sebagai domain kamu bisa memakai nama merek atau nama toko online tersebut. 

Contoh jika nama toko online kamu adalah vanilla maka domainnya adalah www.vanilla.com

b. Modifikasi Nama Domain

Jika nama merek kamu sudah tidak tersedia karena sudah ada brand lain yang memakainya sebagai domain maka kamu bisa menambahkan kata lain. Seperti kata kerja, produk utama, jenis bisnis dan sebagainya.

Contoh, jika nama toko online kamu adalah vanilla dan menjual produk fashion tapi domain www.vanilla.com sudah tidak tersedia. Kamu bisa pakai tambahan kata lain seperti vanilla-fashion.com atau tokobajuvanilla.com dan lain-lain. 

3. Menentukan Hosting Website yang Tepat

Sudah dapat nama domain yang unik, sekarang menentukan hosting website yang tepat. Apa itu hosting? Fungsi dari hosting adalah untuk membuat web kamu bisa online dan ada di internet. Hosting memberikan layanan untuk publikasi online sebuah situs. Untuk bisa mendapatkan layanan hosting kamu perlu mendaftar dan membeli di penyedia layanan hosting

Tips membuat website toko online yaitu memperhatikan spesifikasi hosting website. Untuk performa web online shop sebaiknya minimal gunakan CPU 1 Core dengan RAM 1GB dan diskspace 2 GB. Spesifikasi minimum ini untuk mencegah website online shop kamu tidak lambat ketika diakses oleh pengunjung. Hal ini bisa kamu diskusikan dengan penyedia layanan hosting dan kebutuhan traffic web kamu. Biasanya ada rekomendasi paket hosting website untuk kebutuhan online shop dan sebagainya.

4. Memilih CMS untuk Web Toko Online 

Cara membuat website toko online harus menggunakan CMS. CMS yaitu Content Management System sebagai perangkat atau software yang digunakan pemilik web untuk mengelola isi web. Berikut ini rekomendasi CMS yang bisa digunakan untuk mengelola toko online kamu.

a. WordPress

WordPress termasuk platform yang populer khususnya di Indonesia untuk membuat toko online dan mengelolanya. Keunggulannya adalah banyak plugin yang disediakan untuk mengoptimalkan performa website kamu. WooCommerce salah satu plugin untuk membuat online shop di WordPress. Banyak tutorial tentang cara membuat website toko online dan mengelola WordPress sebagai CMS online shop yang bisa kamu akses gratis di internet. 

b. Shopify

Shopify adalah platform khusus untuk membuat dan mengelola toko online. Sehingga, fitur di dalamnya lebih spesifik untuk mengembangkan bisnis online

c. Magento

Magento adalah CMS online shop yang memudahkan penjual menentukan skala toko online-nya. Kamu bisa menyesuaikan jenis web toko online untuk bisnis besar atau bisnis kecil. Fiturnya cukup lengkap bisa diakses tanpa harus menambah biaya. 

5. Mengelola Web Toko Online 

Setelah selesai membuat toko online, kamu perlu konsisten dalam mengelolanya agar online shop semakin berkembang dan laris manis. Selain mengetahui tips membuat website toko online, Sobat Shipper juga perlu tahu cara-cara untuk menarik minat calon pelanggan yang efektif.  

Tips mengelola website toko online

  • Memilih tema atau template website sesuai dengan produk yang dijual dan target konsumen.
  • Memasukkan produk secara konsisten dengan produk terbaru dan jangan biarkan etalase toko online kamu kosong. 
  • Membuat deskripsi dan foto produk yang jelas, mudah dipahami dan menarik sehingga bisa mendorong pengunjung untuk menjadi pembeli produk tersebut.
  • Tambahkan konten website selain produk yang dijual, seperti artikel tips, artikel edukasi, video tutorial atau apa pun yang sesuai dengan bisnis kamu.

6. Optimasi Website agar Banyak Pengunjung

Optimasi website masih berhubungan dengan mengelola toko online. Optimasi web ini bertujuan agar web kamu lebih mudah ditemukan di mesin pencari internet dan mendapat lebih banyak pengunjung. Pengunjung tersebut adalah para calon pelanggan potensial yang bisa meningkatkan penjualan produk. 

  • Optimasi web dengan teknik SEO (Search Engine Optimization). Salah satu caranya dengan memilih kata kunci yang relevan dengan produk yang kamu jual. Kata kunci ini bisa digunakan dalam membuat konten promosi, artikel atau deskripsi produk.
  • Optimasi tampilan website yang membuat pengunjung merasa nyaman untuk diakses melalui berbagai media digital seperti smartphone atau laptop. 
  • Optimasi permalink yang lebih singkat dan sesuai dengan kata kunci SEO supaya web kamu lebih mudah dilacak oleh mesin pencari Google dan semakin banyak dikunjungi orang berdasarkan kata kunci tersebut.  

Sobat Shipper itulah beberapa tips membuat website toko online yang bisa membantu kamu membuat web online shop yang unik dan performanya baik. Supaya toko online kamu makin laris manis dan untung banyak tentunya harus memberikan pelayanan pelanggan terbaik. Mari bekerja sama dengan Shipper! Shipper memberikan keunggulan dalam layanan pengiriman yang aman, terpercaya, harga kompetitif dan sesuai estimasi waktu. Mau tahu apa saja keunggulan Shipper? Kunjungi websitenya di shipper.id