Mau Bikin Website Sendiri untuk Jualan? Pelajari Website Builder Ini

0
207
website jualan

Sahabat Shipper sebagai pemilik bisnis online apa sudah mempunyai website? Website jualan ini penting terutama untuk kamu yang berkecimpung dalam dunia jual beli online. Meskipun berjualan online bisa menggunakan marketplace, media sosial bahkan WhatsApp, namun kehadiran website tetaplah penting. Ada beberapa platform dan website builder bikin website yang bisa kamu gunakan untuk membuat website jualan sendiri. 

Kamu bisa bikin website sendiri menggunakan website builder. Website toko online memberikan kesan profesional dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah mengelola setiap transaksi dan data bisnis jika memiliki website sendiri. Yuk, simak penjelasan lebih lengkap tentang website builder untuk bikin website bisnis atau online shop!

1. WordPress

Sobat Shipper mungkin sudah tidak asing lagi dengan WordPress. WordPress masih menjadi salah satu platform bikin website favorit karena cukup mudah digunakan dan banyak fitur unggulan yang menambah kemudahan dalam membuat dan mengelola website. Sebenarnya WordPress adalah platform blog namun fungsinya bisa digunakan sebagai website builder

Plugin Elementor dan Beaver Builder merupakan program khusus atau fitur yang disediakan WordPress dan bisa kamu aktifkan jika ingin membuat website. WordPress punya banyak plugin yang bisa memaksimalkan operasional website seperti optimasi SEO dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa memilih ratusan pilihan tema untuk memperindah tampilan website. Untuk membuat website bisnis menggunakan WordPress Sobat Shipper harus mempunyai hosting dan domain terlebih dahulu.  

Bagaimana cara menggunakan WordPress? Jika Sobat Shipper ingin menggunakan WordPress untuk membuat website toko online gunakan WordPress.org. Plugin WooCommerce tersedia untuk memaksimalkan pembuatan website jualan. Fiturnya di antaranya adalah membuat display barang yang dijual dan proses pembayaran.

2. Weebly

Mirip dengan WordPress, Weebly juga bisa digunakan untuk membuat blog dan website. Tersedia pilihan paket gratis dan premium atau berbayar. Weebly cukup populer sebagai platform bikin website karen menawarkan kemudahan dengan menyediakan fitur editor yang berguna dalam mengelola web. Jika Sobat Shipper ingin menggunakan Weebly untuk membuat website jualan sebaiknya gunakan versi berbayar dengan fitur lebih lengkap. 

Versi Weebly yang perlu kamu ketahui: 

a. Weebly Free

Kamu bisa bikin website gratis dengan Weebly free adalah versi gratis Weebly yang bisa digunakan oleh siapa saja tanpa dibebankan biaya. Fitur-fiturnya memang terbatas tapi sudah cukup untuk mengelola web sederhana. Jika menggunakan versi gratis nama domain web akan disertai dengan kata ‘Weebly’. Untuk menghilangkannya perlu membeli domain sendiri dan menggunakan versi berbayar. 

b. Weebly Connect

Ada tambahan fitur Weebly connect dibanding Weebly free yaitu kamu bisa menggunakan domain sendiri tanpa kata ‘Weebly’. Biaya bulan Weebly connect yaitu sekitar $5.

c. Weebly Pro

Weebly Pro adalah versi Weebly yang lebih baik dari Weebly connect. Lebih banyak fitur tambahan yang bisa diaktifkan untuk memaksimalkan pembuatan dan pengelolaan web. Biaya langganan per bulannya sekitar $12 dengan fitur tambahan seperti Google Ads dan domain gratis. 

d. Weebly Business

Weebly business adalah versi terbaik dari Weebly. Versi ini paling cocok untuk kamu yang ingin membangun website profesional untuk toko online atau keperluan bisnis lainnya. Weebly business menyediakan fitur terlengkap, salah satunya bisa menampilkan website seperti web e-commerce profesional.  

3. Shopify

Cara buat website salah satunya dengan Shopify. Shopify adalah website builder khusus untuk membuat e-commerce atau toko online tanpa perlu repot dengan masalah koding. Sebagai website builder khusus toko online fiturnya sangat bermanfaat dalam pengelolaan website toko online. Di antara fitur Shopify yaitu manajemen produk yang praktis, proses pembayaran, inventaris hingga pengiriman barang. 

Shopify tidak menyediakan versi gratis. Biaya bulanan Shopify tergantung dengan layanan yang diperlukan. Ada program trial yang disediakan oleh Shopify untuk memudahkan kamu memilih layanan mana yang dibutuhkan dalam pembuatan dan pengelolaan web toko online kamu. 

Keunggulan Shopify sebagai website builder khusus toko online yaitu: 

  • Tersedia berbagai tema website yang bisa disesuaikan dengan jenis bisnis kamu. 
  • Tidak ada batasan mengunggah produk ke web toko online kamu. Sehingga kamu bisa bebas memasukan banyak produk sekaligus untuk dijual di toko online kamu.
  • Tersedia fitur manajemen akun untuk staff dan pemilik toko online
  • Fitur e-commerce lengkap seperti manual order, pemberian diskon, dropship dan lain-lain

4. Wix

Wix termasuk platform bikin website yang cukup populer di Indonesia dapat digunakan untuk membuat website bisnis dan web toko online. Wix menawarkan kemudahan dalam membuat website tanpa harus menjadi seorang web development professional. Wix memudahkan cara buat website tanpa perlu belajar coding yang rumit. 

Wix menyediakan beragam template web. Beberapa di antaranya yaitu template untuk bisnis makanan, untuk membuat web portofolio, untuk blog pribadi, dan tentu saja tersedia desain web toko online.

Keunggulan yang dimiliki Wix sebagai website builder di antaranya adalah: 

  • Kamu bebas memilih template website yang sesuai dengan bidang bisnis dan jenis web yang dibangun. Wix menyediakan template berdasarkan kategori seperti kesehatan kecantikan, makanan dan lain-lain. 
  • Mudah digunakan bahkan oleh pemula di bidang pembuatan website karena Wix dilengkapi fitur drag and drop yang simpel dan praktis. 
  • Wix memberi jaminan kecepatan loading website yang stabil. Ini menjadi nilai tambah bagi kamu yang ingin membuat website bisnis dan toko online. Kecepatan website akan berpengaruh pada traffic website di internet.
  • Wix menyediakan fitur optimasi SEO yang mudah digunakan untuk optimasi konten dan website. Sebagai web toko online optimasi SEO sangat diperlukan agar web lebih mudah ditemukan calon pelanggan. 

Sobat Shipper itulah beberapa platform bikin website yang bisa kamu coba untuk membuat web bisnis dan toko online profesional. Kamu bisa mencari tutorial lengkap cara membuat website menggunakan website builder pilihanmu. Banyak tutorial yang tersedia di internet dan bisa kamu pelajari. Tentunya hal ini bisa menghemat biaya jika kamu membuat web toko online sendiri. Kamu juga bisa lebih mudah mengelola dan menambahkan fitur web sesuai kebutuhan.

Selain membuat website, toko online perlu terus mengembangkan bisnis agar semakin sukses. Salah satunya dengan memberikan pelayanan pelanggan terbaik. Mari bekerja sama dengan Shipper untuk kebutuhan pengiriman produk ke konsumen. Banyak layanan unggulan yang Shipper sediakan untuk kamu. Kamu bisa menjadwalkan pengiriman, mendapat layanan jemput paket dan melakukan pelacakan paket secara online.Tidak hanya itu saja, masih banyak keunggulan Shipper sebagai penyedia layanan pengiriman profesional. Sobat Shipper bisa mencari tahu lebih banyak tentang layanan unggulan dan kemudahan yang Shipper berikan dengan cara kunjungi websitenya di shipper.id.

Baca Juga : 8 Jenis Bisnis yang Harus Punya Website