8 Jenis Bisnis yang Harus Punya Website

0
105
website bisnis

Di era digital seperti sekarang, website menjadi elemen penting untuk menunjang perkembangan bisnis. Web menjadi bagian penting untuk memperkenalkan bisnis ke masyarakat luas tanpa batas ruang dan waktu. Website bisnis membuat sebuah perusahaan menjadi lebih profesional. Sobat Shipper, web merupakan media promosi dan penjualan yang efektif, praktis dan fleksibel. Kamu perlu tahu, inilah jenis-jenis bisnis yang harus punya web!

1. Toko Online

Aktivitas toko online dilakukan secara digital melalui jaringan internet. Itulah alasan mengapa toko online termasuk jenis-jenis bisnis yang harus punya web. Tanpa web, toko online tidak bisa dijalankan secara maksimal. Produk fisik yang dijual di toko online harus dideskripsikan dengan cara yang menarik agar bisa mendapatkan perhatian konsumen. 

Persaingan jual beli online semakin pesat. Benar, Sobat Shipper bisa berjualan online melalui marketplace, media sosial atau WhatsApp. Namun, peran web dalam transaksi jual beli online yang paling efektif. Memiliki website bisnis sebagai toko online memudahkan kamu mengelola toko online lebih optimal. Website bisa dioptimalkan dengan strategi digital marketing untuk menaikkan penjualan.  

2. Bisnis Pemasaran Afiliasi

Bisnis pemasaran afiliasi belakangan ini semakin populer. Orang-orang yang menjadi affiliate marketer membutuhkan web sebagai media pemasaran online untuk menarik banyak calon konsumen potensial. Web memudahkan affiliate marketer membuat konten promosi dan pemasaran serta membagikan link afiliasi dan kode referral ke calon konsumen. 

Pemasaran afiliasi adalah konsep pemasaran yang dilakukan oleh pihak ketiga sebagai penghubung antara penjual dan pembeli. Pihak ketiga ini disebut affiliate marketer yang merekomendasikan produk dari link atau kode referral. Semakin banyak yang membeli produk afiliasi berdasarkan rekomendasinya maka semakin besar komisi yang didapatkan. 

Baca Juga : Mau Coba Bisnis Affiliate Marketing? Pahami Dulu Cara Kerjanya, Yuk!

3. Reseller

Reseller produk termasuk jenis-jenis bisnis yang harus punya web. Produk yang ditawarkan oleh reseller bisa saja berasal dari beberapa produsen atau supplier berbeda. Dengan memiliki website bisnis sendiri maka reseller akan lebih mudah memperkenalkan dan menjual produknya ke target konsumen yang tepat. Reseller bisa menyusun konsep dan konten promosi yang menarik untuk dimasukkan ke dalam website agar lebih banyak mendapatkan konsumen.

Web membantu reseller memperluas jaringan konsumen yang potensial dan promosi untuk menaikkan penjualan produk-produknya. Website dengan nama toko online sendiri memudahkan reseller mengembangkan bisnis agar lebih dikenal masyarakat.  

4. Bisnis Bidang IT atau Digital

Bisnis IT atau bisnis jasa di bidang digital semakin diminati di era teknologi seperti saat ini. Hampir setiap perusahaan membutuhkan jasa dibidang IT dan digital mulai dari membangun, mempromosikan dan memasarkan produk bisnis. Bisnis IT dan digital bergerak di bidang teknologi sudah pasti menjadi salah satu jenis-jenis bisnis yang harus punya web. 

Sebagian besar aktivitas promosi hingga transaksi jasa digital dan IT melalui media website. Bisnis IT atau digital meliputi bisnis pembuatan website, pengembang aplikasi mobile atau software, jasa hosting, jasa SEO, digital marketing agency, ads publisher dan lain-lain. Website yang baik dalam bisnis IT atau digital dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk menggunakan jasa tersebut.

5. Bisnis Bidang Kreatif 

Jenis-jenis bisnis yang harus punya web yaitu bisnis di bidang kreatif. Bisnis di bidang kreatif seperti penulis, penerjemah, desainer grafis, admin media sosial, fotografi, pembuat konten marketing dan lain-lain membutuhkan website untuk memasarkan jasanya. Web adalah media yang strategis untuk menjaring target market yang cocok dengan keahlian khusus di bidang kreatif saat ini. 

Para pekerja di bidang kreatif lebih mudah memasarkan jasa mereka melalui media web daripada dengan cara konvensional. Sobat Shipper sebagai penjual jasa di bidang kreatif tidak perlu lagi repot mendatangi satu per satu perusahaan untuk mendapatkan klien. Cukup pasang informasi terkait jasa yang ditawarkan di website. Calon konsumen lebih mudah mengecek profil hingga portofolio agar lebih yakin menggunakan jasa kreatif tersebut. 

6. Kursus Online

Di masa pandemi bisnis kursus online semakin diminati. Tak hanya pelajar yang membutuhkan layanan kursus online, tapi juga pegawai, karyawan, pengajar atau siapa pun yang ingin menambah ilmu. Jika Sobat Shipper punya keahlian khusus bisa membuka kursus online dengan media web. Website kursus online bisa menjadi media berbagi materi pembelajaran atau melakukan webinar dengan tarif tertentu. 

Kursus online memberi kemudahan untuk meningkatkan skill dan ilmu seseorang. Kursus online banyak dipilih karena jadwalnya lebih fleksibel, banyak pilihan kursus yang mudah ditemukan di internet dan biayanya relatif lebih hemat daripada datang ke tempat kursus. Ini merupakan peluang bisnis yang bisa dimaksimalkan melalui website. 

7. Penjual Jasa 

Sobat Shipper, tidak hanya penjual barang saja yang wajib berjualan di web, penjual jasa termasuk jenis-jenis bisnis yang harus punya web. Penjual jasa bermacam-macam di antaranya dari jasa konsultasi online di bidang kesehatan, hukum, psikologis dan lain-lain. Penjual jasa terkait kebutuhan sehari-hari seperti cleaning service profesional, jasa perbaikan alat elektronik, jasa pertukangan dan sebagainya. 

Selain itu, jasa ekspedisi dan jasa delivery order juga termasuk jenis-jenis bisnis yang harus punya web. Masih banyak penjual jasa dalam berbagai bidang yang bisa ditemukan di internet saat ini. Di tengah pandemi minat pelanggan untuk mencari penjual jasa melalui website semakin tinggi. Peluang ini penting untuk dimanfaatkan oleh Sobat Shipper yang punya keahlian khusus untuk menjual jasanya melalui website.  

8. Penjual E-book

Penjual buku fisik bisa membuka toko online, begitu juga dengan penjual buku digital atau e-book perlu toko online untuk memasarkan produknya. E-book semakin banyak diminati sebagai alternatif buku fisik yang lebih ringkas dan praktis dapat dibaca melalui media digital. Jika Sobat Shipper berbisnis sebagai penjual ebook maka website adalah media penjualan yang paling tepat. 

E-book tersedia dalam berbagai jenis bacaan mulai dari novel, buku anak, buku pelajaran dan lain-lain. Maraknya penjualan e-book ilegal atau bajakan membuat konsumen semakin cermat memilih ebook berkualitas. Website sebagai media pemasaran e-book resmi dan terpercaya. Konsumen akan lebih yakin dengan kualitas e-book yang dijual melalui website resmi.

Sobat Shipper itulah beberapa jenis-jenis bisnis yang harus punya web. Sebenarnya sebagian besar barang dan jasa apa pun perlu web sebagai media branding, promosi hingga tempat transaksi jual-beli. Tingkat jual beli online di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Website sebagai media yang membuat suatu bisnis tampak lebih profesional. Jadi, penting bagi pelaku bisnis khususnya toko online untuk mengoptimalkan penggunaan website.

Sobat Shipper, sebagai pemilik toko online yang menjual barang fisik pelayanan pengiriman terpercaya sangatlah penting. Shipper menyediakan layanan pengiriman barang yang aman sampai tujuan. Shipper juga memberikan layanan gratis biaya jemput paket. Tentu hal ini memudahkan kamu yang punya bisnis online. Apa pun bidang bisnis online kamu layanan pengiriman Shipper siap memberi pelayanan terbaik. Dapatkan pelayanan terbaik Shipper dengan kunjungi websitenya di shipper.id.

Baca Juga : Ini Dia 5 Perbedaan Reseller dan Dropshipper yang Jarang Orang Tahu