3 Langkah Tutorial Foto Produk Mudah dengan Handphone

0
197
foto dengan handphone

Daftar Isi
1. 7 Tips Fotografi yang Bagus dan Aesthetic
2. Aplikasi-Aplikasi untuk Mengedit Foto
3. Cara Mengedit Foto Produk dengan Aplikasi Snapseed
4. Aplikasi HP untuk Foto Produk Katalog
5. Cara Mengedit Foto Produk dengan HP
6. Tips Foto Produk yang Minimalis untuk Pebisnis
7. Tips & Trik Fotografi yang Low Budget
8. Inspirasi Fotografi Produk Fashion
9. Inspirasi Fotografi Produk Makanan
10. Cara Buat Studio Mini, Sederhana dan Fungsional
11. Ide DIY Properti Simple buat Foto Produk lebih Menarik
12. Kesalahan Fatal yang Perlu Dihindari Saat Foto Produk

Jaman semakin berkembang membuat kita sebagai manusia dibuat mudah dalam melakukan berbagai aktifitas. Salah satunya berjualan. Ya, jualan kini tidak perlu membuka toko, cukup bermodalkan internet dan sebuah handphone saja Sobat Shipper sudah bisa mulai berjualan loh.

Memang butuh banyak persiapan. Tentunya kalian membutuhkan barang yang harus di jual. Lalu selanjutnya apa? Supaya konsumen bisa melihat produk yang kalian jual, tentunya Sobat Shipper membutuhkan foto produk. Foto jualan diperlukan untuk menarik konsumen pertama kali, karena di jaman digital ini semua tidak harus lihat secara langsung, bisa dilihat melalui foto digital saja. Permasalahnnya, bagaimana cara membuat foto produk yang bagus?

Tak perlu rendah diri jika tak punya kamera bagus untuk foto produk. Hanya punya handphone? Tidak masalah! Asalkan Sobat Shipper tahu trik-trik membuat foto produk yang bagus hanya bermodalkan handphone saja. Ini dia, tutorial membuat foto produk hanya menggunakan handphone :

1. Siapkan Backgrund

Backgrund atau latar belakang foto jualan tidak boleh asal-asalan loh. Agar foto profuk memiliki kesan yang bersih dan juga mahal, gunakan latar foto yang polos. Warna polos dan netral seperti putih dan hitam akan membuat produk lebih fokus. Coba bayangkan jika kalian foto produk dengan latar belakang yang berantakan, bisa-bisa konsumen kamu malah salah fokus ke latar belakangnya loh.

Untuk mendapatkan background polos juga mudah. Bisa gunakan HVS putih polos, atau mungkin yang berwarna. Disesuaikan dengan produk apa yang ingin sobat Shipper foto. Tapi, normalnya menggunakan latar berwarna putih.

Siapkan 2 sampai 3 lembar untuk produk kecil. Sedangkan untuk produk yang lebih besar bisa gunakan karton dengan ukuran besar. Semuanya disesuaikan kembali dengan besar produk. Dan perhatikan juga kertas atau karton yang kalian gunakan tetap lurus dan tidak kusut supaya ketika pengambilan gambar nanti terlihat bersih.

2. Unduh Aplikasi PhotoRoom

PhotoRoom adalah salah satu aplikasi edit foto gratis yang bisa didapatkan di Android maupun IOS. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang membantu Sobat Shipper mempercantik foto produk loh. Dengan PhotoRoom, Sobat Shipper tidak perlu khawatir lagi kalau resolusi fotonya kurang memuaskan karena dengan aplikasi ini foto kalian bisa berkualitas dalam hitungan detik.

Aplikasi ini sudah dikenal di berbagai kalangan penjualn online. Ternyata banyak para penjual memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat foto produk berkualitas tinggi. Cara mengedit foto di hp dengan PhotoRoom terbilang mudah bahkan untuk pemula. Inilah alasan aplikasi ini begitu banyak di unduh oleh para penjual.

Bagaimana aplikasi edit gambar android ini bisa membuat foto produk lebih berkualitas? Ini cara mengedit foto di galeri hp dengan PhotoRoom :

a. Buka Kamera di Photoroom

Buka fitur kamera di Photoroom, setelah setting foto produk siap. Latar dan pencahayaan harus bagus sehingga hasil foto juga akan ikut berkualitas tinggi. Seperti yang dikatakan pada poin sebelumnya, gunakan latar polos untuk menciptakan foto produk yang lebih bersih. Tak hanya latar, pencahayaan juga harus diperhatikan.

Foto produk dengan kamera di PhotoRoom. Kemudian lihat Kembali apakah fotonya sudah bagus atau belum. Kalau belum, Sobat Shipper bisa memotret ulang sampai dirasa cukup bagus.

b. Gunakan fitur yang Ada di Photoroom

Setelah mendapatkan foto produk yang sesuai, selanjutnya masuk ke bagian editing di aplikasi PhotoRoom. Klik bagian menu Classic kemudian pilih bagian product – light on. Setelah itu atur gambar produk di posisi tengah.

Setelah itu masuk ke pengaturan Shadow dan pilih menu outside. Sobat Shipper bisa mengatur bayangan 2D dan 3D-nya sesuai keinginan Sobat Shipper. Shadow atau bayangan ini akan memberikan efek real pada gambar. Selain itu, dengan adanya efek bayangan ini akan membuat foto terkesan lebih hidup.

Langkah terakhir adalah memilih background. Karena tadi foto produknya menggunakan katar polos, maka akan mudah mengedit backgroundnya. Sobat Shipper bisa pilih menu white dan pilih juga efek lainnya. Edit foto keren hanya dengan satu aplikasi saja!

Selain dua Langkah diatas, Sobat Shipper juga bisa bereksplorasi sendiri dalam pengeditannya. Ada banyak tools yang bisa sobat shipper manfaatkan di PhotoRoom. Mulai dari crop objek atau orang, menghapus background, atau juga mengatur pencahayaan.

Kelebihan :

– Aplikasi PhotoRoom banyak digunakan untuk kebutuhan foto potret dan profil bisnis

– Membuat foto produk dengan kamera handphone jadi lebih bagus.

Kekurangan :

– Ada banyak pilihan filter sehingga sulit untuk menentukan mana yang cocok.

3. Percantik dengan Editing Foto

Setelah menyimpan foto produk dari PhotoRoom, selanjutnya jika hasilnya kurang memuaskan Sobat Shipper bisa lanjut mempercantik foto dengan editan di aplikasi lain. Ada banyak sekali aplikasi edit gambar android yang gratis, sehingga Sobat Shipper tidak perlu pusing mencari cara bagaimana mempercantik foto produk kalian.

Mungkin fitur-fitur di PhotoRoom kurang memuaskan, sehingga untuk mempercantik foto produk Sobat Shipper bisa menggunakan banyak aplikasi lainnya. Tak perlu bingung kalau ternyata aplikasinya sulit digunakan. Sobat Shipper bisa cari di internet tutorial penggunaan aplikasinya.

Bagian paling penting dalam pengeditan sebenarnya adalah eksplorasi. Untuk mendapatkan hasil terbaik tentunya kita harus mau mengeksplos berbagai hal. Mulai dari warna, hingga sudut pandang yang baik. Jadi jangan terpaku dengan trik trik yang ada saja, tapi coba juga mengeksplor mana yang bagus dan tidak untuk produk kalian.

Seiring berjalannya waktu, pasti Sobat Shipper mulai terbiasa melihat dan membandingkan mana foto produk yang bagus dan tidak. Sebagai pembanding, mungkin sobat shipper bisa mencari foto produk serupa. Mencontoh mana yang bagus, dan membuatnya lebih bagus dari contoh. Edit foto keren dengan mudah hanya dengan handphone sekarang bukan hal yang mustahil!

Bagaimana tutorial yang sudah Shipper berikan? Mudah untuk di ikuti bukan. Walaupun begitu, memang ada banyak cara untuk membuat foto produk yang berkualitas tinggi dengan handphone. Ada beberapa hal yang harus kalian pastikan. Seperti resolusi dan pencahayaan yang terkadang lebih bagus jika tidak di edit. Namun jika tidak memungkinkan maka tidak masalah jika dipercantik dengan bantuan aplikasi edit foto gratis yang tersedia di Android maupun IOS.

Sobat Shipper sudah menyiapkan foto produk, sekarang giliran menyiapkan kebutuhan jualan lainnya. Packing juga menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis loh. Ya, packing dan juga jasa pengiriman harusnya mampu mengirim barang dengan kondisi baik (tidak rusak) tapi juga memiliki harga yang murah meriah. Salah satunya shipper!

Di Shipper produk jualan yang akan kalian kirimkan pasti akan sampai dengan kondisi yang sama persis seperti foto jualan yang Sobat Shipper upload di berbagai sosial media. Jadi, tidak ada tuh yang namanya konsumen protes! Untuk informasi lebih lanjut yuk kunjungi websitenya di shipper.id!