Apa Itu Ekspor? Cek Tujuan dan Manfaatnya bagi Pebisnis!

0
81

Perkembangan teknologi berdampak juga ke perdagangan ekspor impor. Kini, memulai bisnis ekspor impor lebih mudah karena ada akses internet yang bisa membantu Sobat Shipper mulai dari mencari informasi hingga mengetahui cara memulai bisnis ekspor. Jika Sobat Shipper tertarik memulai bisnis ekspor tentunya harus paham dulu tentang apa itu ekspor, tujuan dan manfaatnya. 

Apa Itu Ekspor?

Ekspor adalah bagian perdagangan global yang transaksinya melibatkan lebih dari satu negara. Pengertian ekspor berdasarkan Peraturan Pemerintah (No.10/tahun 2021) adalah suatu kegiatan pengeluarkan barang dari daerah pabean, yang termasuk daerah pabean adalah daerah di Indonesia baik di darat, laut dan udara, serta seluruh daerah dalam ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif).   

Banyak pebisnis memilih jalur ekspor untuk melebarkan sayap usahanya agar bisa masuk ke pasar global. Dalam prosesnya pihak yang melakukan ekspor disebut sebagai eksportir. Eksportir adalah pebisnis atau perusahaan yang memasarkan produknya ke negeri lain yang disebut negara tujuan ekspor. Produk yang dapat diekspor sangat beragam. Di Indonesia sendiri produk yang diekspor masuk dalam dua kategori utama yaitu ekspor migas dan non-migas. Indonesia termasuk negara eksportir terbesar untuk bahan baku seperti komoditas batu bara, hasil hutan, minyak sawit dan sebagainya. 

Tidak hanya perusahaan besar yang dapat melakukan ekspor. Bisnis di Indonesia sedang berkembang pesat, tak sedikit bisnis UKM dan UMKM yang mulai merambah ke pasar global melalui kegiatan ekspor. Sobat Shipper yang punya bisnis pun bisa untuk mengekspor produk ke luar negeri.  Namun, tidak semua barang dapat dijual ke luar negeri, setiap negara punya syarat dan ketentuan tertentu terkait kegiatan ekspor impor.

Tujuan Ekspor untuk Negara

Supaya Sobat Shipper lebih paham tentang apa itu ekspor mari kita bahas apa saja tujuan ekspor produk ke luar negeri. Tujuan ekspor secara umum cukup banyak, berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Membantu Pertumbuhan Industri Dalam Negeri

Mengingat kembali apa itu ekspor, yaitu sebagai kegiatan perdagangan antar negara yang pastinya membawa keuntungan untuk negara asal dan negara tujuan. Pemerinta Indonesia cukup sering membuat kegiatan untuk mendorong para pengusaha lokal, UKM dan UMKM untuk mulai berani melangkah memasuki pasar dunia. Hal itu tentu saja dilakukan karena ekspor sendiri membawa manfaat bagi negara. 

Ekspor bertujuan membantu pertumbuhan industri dalam negeri. Perdagangan ekspor akan mendorong pengusaha untuk menciptakan industri yang lebih besar. Semakin baik kualitas ekspor suatu negara maka semakin baik peluangnya bersaing di pasar global dalam perdagangan internasional. Ekspor juga membantu meningkatkan keuntungan devisa suatu negara. 

  1. Mengendalikan Harga Produk 

Jika ada produk yang diproduksi dalam jumlah sangat besar dan kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi, maka ini menjadi peluang ekspor yang baik. Jika produk di dalam negeri jumlahnya melimpah dan tidak diekspor bisa jadi menurunkan harga jual di pasar lokal. Oleh karena itu, tujuan ekspor dapat mengendalikan harga produk agar tetap stabil. 

Harga produk yang diekspor juga bisa lebih tinggi dibanding dijual di dalam negeri. Ini akan memberikan keuntungan baik untuk pebisnis dan untuk negara. Pebisnis bisa mendapat keuntungan lebih besar dan negara bisa menerima keuntungan berupa devisa hasil ekspor. 

  1. Membuka Peluang Lapangan Kerja 

Berhubungan dengan poin pertama yaitu ekspor membantu pertumbuhan industri dalam negeri. Ekspor membantu UKM dan UMKM atau pengusaha lokal lebih berkembang sehingga bisnisnya semakin besar. Hal ini dapat membuka lapangan kerja yang lebih luas juga. Industri yang berkembang tentu membutuhkan sumber daya manusia lebih banyak, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Indonesia. 

Manfaat Ekspor Bagi Pebisnis

Kita sudah membahas apa itu ekspor dan tujuannya ya Sobat Shipper, kali ini kita bahas yuk tentang manfaat atau keuntungan ekspor bagi pebisnis. Sobat Shipper sebagai pebisnis tentu ingin produknya bisa dijual sampai ke negara-negara lain. Jadi, apa saja keuntungannya jika produk yang Sobat Shipper pasarkan bisa dijual di luar negeri?

  1. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Hal pertama yang menjadi manfaat atau keuntungan ekspor untuk pebisnis khususnya pengusaha lokal yaitu jangkauan pasar lebih luas. Hal ini bisa menjadi nilai tambah dalam bersaing dengan kompetitor bisnis. Sobat Shipper dapat mengambil alih pasar internasional khususnya yang belum diambilalih oleh kompetitor untuk selangkah lebih maju memenangkan persaingan pasar. 

  1. Peluang untuk Meningkatkan Penjualan Semakin Pesat

Pasar internasional adalah tujuan perdagangan dengan peluang penjualan yang tak terbatas. Tentunya ini akan membawa dampak baik pagi pebisnis lokal untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Ditambah lagi, produk ekspor dapat meningkatkan nilai jual suatu produk. 

  1. Penggunaan Mata Uang Asing

Mengapa penggunaan mata uang asing menjadi keuntungan bagi bisnis di Indonesia? Ya, kegiatan ekspor umumnya menggunakan mata uang asing, mata uang yang biasa digunakan yaitu Dollar Amerika Seirkat. Penggunaan mata uang asing ini akan meningkatkan keuntungan karena harga jual produk akan mengikuti harga jual produk di negara tujuan tersebut. 

  1. Menambah Wawasan dan Pengalaman Bisnis

Wawasan dan pengalaman bisnis adalah hal penting bagi pebisnis. Tanpa wawasan dan pengalaman bisnis akan hanya berjalan di tempat. Kegiatan ekspor akan membantu pebisnis untuk lebih banyak belajar dan mencari informasi terkait cara melakukan ekspor, negara tujuan yang potensial, cara menyesuaikan harga jual dan sebagainya. Pengalaman bagi Sobat Shipper yang menjalankan bisnis ekspor sangat berguna untuk mengembangkan bisnis menjadi industri yang lebih besar. 

  1. Meningkatkan Kemampuan untuk Terus Berinovasi

Persaingan di pasar global tentu berbeda dengan hanya menjual produk di pasar lokal saja. Kegiatan ekspor mau tak mau akan membuat Sobat Shipper berpikir lebih inovatif agar bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ekspor tersebut. 

Persaingan yang ketat di pasar internasional menuntut pebisnis untuk tidak kehabisan ide menciptakan produk baru yang lebih unik dan lebih bermanfaat bagi target pasar. Hal ini sangat baik untuk membantu perkembangan suatu bisnis ke arah yang lebih maju. 

Bagaimana Sobat Shipper, apakah sudah lebih paham tantang apa itu ekspor? Tentu saja, Sobat Shipper juga bisa masuk ke pasar global melalui kegiatan ekspor. Hal yang perlu diperhatikan adalah memahami betul apa kelebihan dari produk yang dijual agar bisa bersaing di pasar internasional. 

Pilih agregator logistik terpercaya untuk memastikan kegiatan ekspor berjalan dengan baik dan lancar. Sobat Shipper dapat menghubungi tim kami jika membutuhkan informasi terkait pengiriman produk ke luar negeri dalam skala kecil maupun besar. Shipper memberikan jaminan keamanan dan banyak pilihan ekspedisi profesional yang bebas dipilih sesuai kebutuhan pengiriman.