7 Trik Edit Foto Produk Seperti di Studio Dengan Snapseed

0
235
edit foto produk

Daftar Isi
1. 7 Tips Fotografi yang Bagus dan Aesthetic
2. Aplikasi-Aplikasi untuk Mengedit Foto
3. Cara Mengedit Foto Produk dengan Aplikasi Snapseed
4. Aplikasi HP untuk Foto Produk Katalog
5. Cara Mengedit Foto Produk dengan HP
6. Tips Foto Produk yang Minimalis untuk Pebisnis
7. Tips & Trik Fotografi yang Low Budget
8. Inspirasi Fotografi Produk Fashion
9. Inspirasi Fotografi Produk Makanan
10. Cara Buat Studio Mini, Sederhana dan Fungsional
11. Ide DIY Properti Simple buat Foto Produk lebih Menarik
12. Kesalahan Fatal yang Perlu Dihindari Saat Foto Produk

Snapseed salah satu aplikasi smartphone yang dapat Sobat Shipper download secara gratis untuk mengedit foto. Walaupun termasuk aplikasi editing foto gratis tapi aplikasi ini sangat berguna untuk mempercantik foto produk seperti foto studio.

Snapseed cukup populer di antara banyak aplikasi editing foto yang bisa diinstal di smartphone. Cara menggunakan aplikasi ini pun terbilang mudah sehingga cocok digunakan untuk pemula. Sobat Shipper yang ingin menghasilkan foto produk estetik tanpa harus pakai kamera mahal bisa memanfaatkan aplikasi Snapseed ini.

Yuk, kita bahas apa saja trik edit foto menggunakan Snapseed untuk menghasilkan foto produk seperti di studio!

1. Fitur Tune Image

Fitur dasar yang wajib Sobat Shipper tahu di aplikasi Snapseed adalah Tune Image. Terkadang ketika kita memotret hasil warnanya kurang menarik. Jika mengalami hal ini jangan langsung hapus foto Sobat Shipper karena masih bisa dipercantik dengan fitur Tune Image dari Snapseed.

Berikut ini adalah beberapa elemen penting dari fitur Tune Image yaitu Brightness, Contrast, Saturation, Ambiance, Highlight, Shadows, Warmth. Cara mengatur semua elemen ini mudah, Sobat Shipper tinggal menggeser ke kanan untuk menerangkan dan ke kiri untuk menggelapkan foto.

· Brightness: Untuk mengatur pencahayaan pada foto. Misalnya, foto di dalam ruangan biasanya kurang cerah dapat dibuat lebih cerah dengan fitur ini.

· Contrast: Untuk menambah atau mengurangi kontras foto, semakin tinggi kontras foto akan terlihat semakin tajam sedangkan jika kontras dikurangi foto akan terkesan lebih lembut.

· Saturation: Bagian ini dapat membuat foto lebih menyala atau pudar. Saturasi foto paling rendah akan menghasilkan foto terlihat hitam putih.

· Ambiance: Digunakan untuk mengatur keseimbangan cahaya foto. Jika foto digelapkan akan menghasilkan bayangan.

· Highlight: Digunakan untuk membuat area gelap di foto lebih cerah dan membuat area terang di foto lebih gelap, sehingga warna foto bisa disesuaikan lebih baik.

· Shadows: Kesalahan mengambil foto bisa menimbulkan bayangan benda atau produk, fitur ini untuk mengatasi hal tersebut. Geser ke kiri untuk menajamkan bayangan foto dan ke kanan untuk memudarkan bayangan foto.

· Warmth: Mengatur keseimbangan suhu pada foto, maksudnya adalah membuat warna foto lebih seimbang. Sobat Shipper bisa membuat foto tampak lebih hangat dengan mempertegas warna kuning atau membuat foto lebih dingin dengan mempertegas warna biru.

Bermain di fitur ini untuk mengedit foto produk menjadi lebih cerah dan enak dilihat. Namun, ketika mengedit warna tetap pastikan hasil foto terlihat natural dan tidak diedit secara berlebihan hingga mengubah warna asli foto tersebut.

2. Fitur Selective

Citi foto studio di antara latar belakang foto yang terlihat lebih bersih dan foto yang terlihat tajam. Fitur Selective ini sangat bermanfaat untuk mengedit foto produk makanan atau produk lainnya seperti di studio. Fitur ini membantu Sobat Shipper mengediit bagian foto secara spesifik, seperti ubah background foto.

Jika background foto terlalu terang atau gelap dan Sobat Shipper hanya ingin mengedit bagian itu saja, maka gunakan fitur Selective ini. Dengan begitu, bagian foto lain tidak akan terpengaruh ketika Sobat Shipper mengedit bagian background foto. Cara menggunakannya mudah dengan mencubit area yang ingin dipilih.

3. Fitur Healing

Ketika mengambil foto dengan ponsel atau kamera tak jarang ada objek foto yang tak diinginkan ikut terfoto. Hal ini bisa mengganggu foto produk sehingga kurang bersih atau kurang fokus. Hal ini bisa diatasi dengan fitur Healing yang ada di Snapseed.

Setelah mengatur kecerahan foto dengan fitur Tune Image dan mengevaluasi bagian foto dengan fotur Selective, selanjutanya Sobat Shipper bisa membuang objek yang mengganggu dalam foto

tersebut dengan fitur Healing. Hasilnya, foto produk Sobat Shipper jadi lebih bagus dan tidak ada objek mengganggu lagi.

Cara menggunakan fitur Healing cukup mudah, cukup dengan menyentuh di bagian objek yang ingin dihilangkan saja. Pastikan teliti ketika memilih objek untuk dibuang agar tidak mempengaruhi objek lain di dalam foto. Atur ukuran kuas dengan cara mengecilkan atau memperbesar sesuai ukuran objek yang ingin dihilangkan agar prosesnya lebih mudah.

4. Fitur Lens Blur

Ingin ubah background foto menjadi lebih aesthetic Sobat Shipper bisa pakai fitur Lens Blur. Fitur ini dapat membuat latar foto terlihat buram sehingga lebih fokus pada objek utama. Cocok untuk membuat foto produk agar pelanggan lebih fokus pada produknya.

Cara menggunakan fitur ini terbilang mudah. Sobat Shipper cukup menyentuh bagian objek utama di foto agar tetap tajam, maka bagian di belakang area objek tersebut akan menjadi buram. Elemen dalam Lens Blur ada tiga yaitu Blur Strength, Transition dan Vignette.

· Blur Strength: Membuat area blur pada foto terlihat halus dan natural.

· Transition: Untuk memperkecil tampilan objek utama dalam foto.

· Vignette: Menampilkan bayangan hitam di area sekitar objek foto

5. Fitur Perspective

Merasa foto produk yang Sobat Shipper ambil terlihat kurang proporsional? Hal ini bisa diperbaiki dengan fitur Perspective dari Snapseed. Fitur ini dapat memberikan ruang lebih pada foto sehingga background terlihat lebih lebar dan foto tampak lebih proporsional.

Ketika produk terlihat terlalu penuh di layar foto tentu kurang enak dipandang. Daripada repot mengambil foto baru, Sobat Shipper bisa mencoba mengeditnya dengan fitur Perspective ini. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan menyeret bagian subjek menjauh dari latar foto dan sesuaikan dengan ukuran latar yang Sobat Shipper mau.

6. Fitur Crop

Fitur Crop bisa disebut sebagai kebalikan dari fitur Perspective. Jika fitur Perspective untuk memperluas latar foto maka Crop untuk memotong bagian foto. Kedua fiturini sama-sama digunakan untuk membuat tampilan foto produk lebih proporsional dan sesuai yang dibutuhkan.

Fitru Crop sangat berguna untuk mengatur ukuran foto sesuai kebutuhan. Misalnya untuk foto di media sosial yang berbentuk persegi, Sobat Shipper bisa memilih rasio 1:1. Selain itu ada pula rasio 3:2, 4:3 dan sebagainya.

7. Fitur Filter

Fitur Filter Snapseed dapat digunakan untuk membuat foto produk tampak lebih hidup dan kaya warna. Sobat Shipper bisa menggunakan kamera hape dan mengedit foto tersebut menggunakan pilihan filter yang ada di Snapseed seolah itu adalah hasil foto studio. Beberapa filter yang bisa digunakan yaitu Portrait, Smooth, Pop, Accentuate, Morning, Bright, Push dan lain-lain.

Sobat Shipper menghasilkan foto produk seperti di studio ternyata bisa dilakukan dengan aplikasi Snapseed. Semoga tips ini dapat berguna, ya. Berjualan online selain foto produk, pelayanan pelanggan juga tak kalah penting. Yuk, gunakan layanan pengiriman Shipper dengan banyak pilihan ekspedisi dan gratis biaya jemput paket. Untuk info lebih lanjut kunjungi websitenya di shipper.id!