4 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Agar Bisnis Fashion e-commerce Indonesia Kamu Sukses

0
45

Salah satu produk yang paling banyak diminati dalam pasar e-commerce adalah fashion. Dunia fashion memang selalu menarik bagi semua kalangan. Baik itu pria, wanita, anak-anak, hingga dewasa tentu memerlukan jenis produk ini untuk kebutuhan harian maupun acara-acara khusus. Tidak heran jika produk seperti tas, sepatu, atau pakaian memenuhi beranda marketplace.

Kamu dapat memanfaatkan peluang ini dengan membangun toko online sendiri khususnya yang menjual produk-produk mode. Namun memiliki usaha di bidang ini tentu memiliki tantangan tersendiri. Dengan banyaknya kompetitor yang ada, kamu perlu menerapkan langkah-langkah strategis. Berikut ini 4 tips agar bisnis fashion e-Commerce Indonesia semakin sukses. Bagaimana? Yuk, intip penjelasannya di bawah sini. 

1. Kenali Target Market dengan Baik

Tips pertama agar bisnis model e-commerce kamu sukses besar adalah dengan mengenali target market. Target market berarti kelompok yang menjadi sasaran bisnismu. Sebelum memilih jenis produk, alangkah baiknya kamu menentukan terlebih dahulu kepada siapa item tersebut akan dijual. Dengan begitu akan lebih mudah menentukan strategi apa yang cocok diterapkan.

Misalnya mengetahui mengenai kelompok usia, pekerjaan, penghasilan, latar belakang sosial, dan sebagainya. Dengan mengenal target market secara benar, kamu akan mampu mencari tahu platform mana yang paling efektif untuk memasarkan jualanmu. Di samping itu, aspek ini juga penting untuk menentukan teknik marketing secara tepat.

2. Memaksimalkan Penggunaan Platform Digital

Dalam menjalankan bisnis di bidang mode secara online, tentunya kamu harus mampu menggunakan berbagai platform digital. Platform digital tersebut antara lain media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, website, hingga aplikasi khusus smartphone. Inilah yang dilakukan berbagai fashion e-commerce Indonesia sehingga mencapai kesuksesannya. 

Manfaatkan media sosial dengan optimal baik untuk meningkatkan engagement dengan calon pelanggan maupun mempromosikan produk. Pembuatan website dengan tampilan menarik dan responsif adalah kunci membangun e-commerce mode sukses. Usahakan kamu menyediakan website yang memberikan kemudahan dalam berbelanja sehingga pelanggan betah berselancar di situsmu.

Baca juga: 6 Brand Sepatu Lokal Terbaik yang Selalu Jadi Incaran Para Sneakerhead

3. Menerapkan Strategi Marketing yang Tepat

Apalah artinya bisnis tanpa strategi marketing alias pemasaran. Inilah kunci meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu. Marketing tidak hanya berbicara tentang bagaimana teknik membuat iklan menarik. Lebih dari itu, strategi marketing juga dimulai dengan bagaimana cara membangun jaringan untuk membuat pelanggan mendatangi produk kamu.

Caranya yaitu dengan memberikan value atau nilai lebih kepada para pelanggan alih-alih hanya beriklan saja. Dengan memberikan nilai seperti pengetahuan tentang mode, manfaat suatu produk, hingga tips dan trik berpakaian, kamu bisa membangun koneksi dengan pelanggan. Sehingga pada akhirnya mereka tertarik membeli jualanmu.

4. Meningkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan

Bisnis fashion e-commerce Indonesia yang populer seperti Zalora, Hijup, Berrybenka atau lainnya bisa sukses dan terkenal karena menghadirkan produk berkualitas. Jika kamu ingin mencapai kesuksesan yang sama, maka meningkatkan kualitas produk adalah hal mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Dengan begitu, pelanggan selalu menantikan jenis mode terbaru di tokomu.

Tidak sedikit juga konsumen yang tidak hanya memandang kualitas barang tetapi juga sisi pelayanannya. Ini sangat penting untuk memberikan kepuasan bahkan sebelum mereka memutuskan membeli jualanmu. Maka dari itu, pastikan selalu mengutamakan pelayanan agar pelanggan tidak kabur ke kompetitor.

Salah satu bentuk pelayanan maksimal yang bisa kamu berikan yaitu memilih jasa pengiriman. Shipper adalah salah satu agregator logistik & warehouse di Indonesia yang menyediakan jasa pengiriman barang serta sewa gudang terpercaya. Sobat Shipper, agar pengiriman bisnis kamu semakin lancar, kamu juga bisa langsung mengunduh aplikasi Shipper yang sudah ada di Google Play smartphone kamu. Untuk keterangan lebih lanjut bisa langsung mengunjungi www.shipper.id 


Baca juga: Tips Nyaman Menggunakan Jasa Pengiriman Barang, Apa Saja?