4 Cara Mudah Temukan Palet Plastik untuk Penataan di Cold Storage

0
441

Penataan gudang yang baik tak terlepas dari penggunaan palet plastik, termasuk saat Sobat Shipper memakai cold storage. Palet plastik, dibandingkan jenis-jenis palet lain, memang dibanderol dengan harga terjangkau. Akan tetapi, keberadaannya sangat dibutuhkan di gudang penyimpanan agar barang tertata rapi dan mudah ditemukan saat permintaan sedang tinggi.

Untuk menjaga tujuan penataan gudang, pemilihan palet plastik harus Sobat Shipper lakukan dengan cermat. Apalagi untuk cold storage yang rata-rata temperatur ruangannya bisa berada di bawah 0oC. Jadi, simak dulu tip mencarinya berikut ini!

1. Kenali Jenis Plastik yang Dipakai

Ada tiga jenis plastik yang dipakai dalam pembuatan palet plastik. Satu, HDPE, yakni plastik murni (virgin) yang belum memakai material campuran. Teksturnya relatif mulus dan mampu menopang barang dalam suhu dingin ekstrem, sehingga mendukung penataan gudang yang baik.

Dua, polypropylene atau PP yang sebenarnya lebih bagus digunakan dalam ruangan bersuhu panas. Namun, Sobat Shipper masih bisa pakai di cold storage selama suhunya tak terlalu dingin. Tiga, plastik daur ulang (recycle) yang umumnya dibuat dari limbah plastik yang dilebur menjadi bijih besi. Ketiganya dapat mendukung fungsi penataan gudang kalau dipilih sesuai kebutuhan.

2. Terapkan Persyaratan Kapasitas yang Ketat

Poin yang satu ini sangat berpengaruh pada penggunaan palet plastik untuk cold storage. Pasalnya, plastik yang digunakan pada penataan gudang yang baik bakal menopang beban lebih berat daripada suhu ruangan. Persyaratan kapasitas pun diharapkan menjaga kegiatan operasional di sana.

Baca juga: 6 Langkah yang Perlu Diketahui Sebelum Sewa Gudang Pendingin

Supaya stok barang tidak mudah jatuh atau rusak, ada baiknya Sobat Shipper andalkan palet plastik yang sudah memakai tulangan baja atau besi. Kemudian, selalu pastikan muatan yang ditumpuk di atas palet sesuai batas kapasitas yang berlaku. Jangan paksakan kalau sudah berlebih karena bisa berbalik membahayakan Sobat Shipper.

3. Rawat Palet Plastik Secara Berkala

Tips penataan gudang berikutnya adalah merawat palet plastik. Langkah ini perlu dilakukan kendati plastik diketahui sebagai salah satu material yang tahan lama. Misalnya dengan meminimalkan benturan atau gesekan keras yang berpotensi mengubah bentuk palet.

Kemudian, perlakukan palet plastik selayaknya barang berharga di gudang. Terutama di cold storage saat palet berfungsi sebagai tatakan. Pastikan palet plastik yang Sobat Shipper pilih sudah memenuhi standar food grade. Jadi selain menunjang penataan gudang yang baik, plastik tak akan merusak kualitas bahan baku yang disimpan di cold storage.

4. Tata Cargo Secara Merata di Atas Palet

Terakhir, tata cargo atau bahan baku secara merata di atas palet. Membuat cargo bertumpu pada satu titik permukaan justru bakal merusak palet plastik. Bukan hanya itu, bahan baku yang Sobat Shipper susun bisa runtuh di waktu-waktu tak terduga.

Tujuan lain penataan gudang ini adalah memudahkan karyawan pergudangan saat memindahkan barang. Susunan bahan baku di atas palet yang sembarangan malah menyulitkan mereka, karena harus sortir ulang sampai mengulur waktu. Sementara cargo yang rapi bakal membuat penataan gudang yang baik semakin optimal.

Bakal lebih bagus lagi kalau Sobat Shipper menggunakan cold storage memadai dari Shipper. Sebagai perusahaan penyedia gudang di Indonesia, Shipper menghadirkan tempat penyimpanan barang sesuai kapasitas dan standar yang berlaku. Sobat Shipper dijamin tak akan kerepotan menata gudang dan stok barang saat memilih mereka. Untuk mencari jenis gudang yang sesuai dengan kebutuhan kamu, silakan langsung saja klik www.shipper.id/warehouse


Baca juga: 6 Cara Mudah Menata Stok Barang Agar Warehouse Fulfillment Tetap Rapi