Tips Meningkatkan Skill Copywriting Pada Google Ads

0
197
cara membuat copywriting

Cara Membuat Copywriting – Layaknya, menjumpai deretan iklan yang sering kali muncul di Google. Melakukan penulisan script terhadap iklan memang kelihatannya begitu mudah. Namun, faktanya penulisan iklan ini tidak bisa dilakukan asal-asalan, lho. Yup, perlu ada penerapan copywriting sebagai kunci utama menciptakan daya tarik lewat tulisan.

Menariknya, skill copywriting ini dapat berperan ketika dipergunakan oleh berbagai pelaku usaha, mulai dari startup, dropshipper, reseller, sampai pebisnis-pebisnis besar sekalipun. Maka dari itu, skill copywriting ini akan terus membantu dan meningkatkan kinerja bisnis Sobat Shipper.

Hmm… Gimana? Sudah tertarik untuk mengulik topik skill copywriting ini? Kalau sudah. Yuk, mari kita bahas berbagai serba-serbi mengenai skill copywriting!

1. Memahami Definisi Copywriting

Copywriting merupakan sebuah teknik untuk mempengaruhi pembaca mengikuti beragam bentuk arahan atau petunjuk yang nantinya akan diberikan. Arahan tersebut memiliki tujuan terhadap pembaca agar mereka dapat membeli, mendaftar, ataupun berlangganan dengan layanan yang kita tawarkan.

Copywriting ini sifatnya persuasif, maka dari itu amat umum untuk Sobat Shipper temui di berbagai tempat. Terlebih lagi di era digital saat ini, berbagai media digital pun juga telah menerapkan copywriting ini. Layaknya, papan reklame, Google Ads, billboard, ataupun buletin email.

2. Copywriting Pada Google Ads

Sebelum menelisik lebih jauh, mari kita tinjau terlebih dahulu apa itu Google Ads? Google Ads atau Google AdWords, merupakan layanan periklanan yang paling populer untuk saat ini.

Yang mana Google Ads ini menerapkan sistem PPC (pay-per-klik), dan hanya akan membayar saat iklan yang dipromosikan mendapatkan hasil, layaknya sebuah interaksi pengunjung seperti aktivitas mengklik, mengunjungi situs, atau menghubungi bisnis.

Nah, Iklan berbasis PPC dapat ditinjau dalam bentuk teks pada bagian teratas, maupun bagian terbawah dari halaman pencarian. Oleh karenanya, skill copywriting ini menjadi amat penting untuk dapat diterapkan. Yang mana pada umumnya, istilah copywriting dalam dunia advertising layaknya Google Ads ini seringkali disebut Ad copy. Yang dalam kata lain Ad copy memiliki peran dalam meningkatkan Ad relevance dan menurunkan bid harga iklan pada fitur Google Ads.

3. Berkenalan dengan Bagian Ad Copy

Mari berkenalan terlebih dahulu dengan beragam bagian pada Ad copy. Nah, Ad copy ini sendiri terdiri dari tiga bagian pokok. Diantaranya adalah Headline, Description, dan URL Path. Mari kita mulai dari Headline terlebih dahulu.

a) Headline

Headline atau judul ini memiliki ukuran yang cukup besar, yang mana ia terdiri dari tiga bagian dan memiliki 30 karakter. Maka dari itu ada beberapa hak yang perlu diperhatikan dalam penulisan headline.

Antara lain adalah seberapa relevan judul dengan kebutuhan pengguna, penempatan huruf kapital yang baik, serta penataan kalimat yang tepat.

b) Description

Lain halnya dengan headline, description memiliki dua bagian, dan karakter yang lebih banyak. Yakni, sebanyak 90 karakter. Seperti namanya, deskripsi ini berperan dalam memberikan berbagai penjelasan.

Nah, deskripsi ini hendaknya dimuat dengan baik Sama halnya dengan headline. Yang mana peninjauan seberapa relevannya deskripsi, penempatan huruf kapital, dan penataan kalimat, amat perlu untuk diperhatikan.

c) URL Path

URL Path merupakan bagian pokok yang memiliki karakter paling sedikit, yakni 15 karakter dengan 2 bagian. URL Path yang ada pada Google Ads dapat dimodifikasi dan dimanfaatkan untuk mengoptimalisasi penulisan keyword.

4. Meninjau Berbagai Tips Ad Copy Pada Google Ads

a) Mengenali Pelanggan

Tak kenal maka kenalan. Yup, sebagai seorang pebisnis Sobat Shipper harus bisa berkenalan dan memahami karakter pelanggan dengan baik, terhadap apa yang sebenarnya para pelanggan butuhkan dan inginkan. Dengan adanya pengenalan yang dibentuk secara tepat dan baik. Maka, daya tarik yang terbentuk pun akan semakin kuat pula.

Pahamilah apa yang mereka butuhkan, buatlah Ad copy yang menarik dan telah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, dan korelansikanlah semua hal tersebut untuk menumbuhkan kepuasan para pelanggan. Karena, Ad copy yang tepat adalah Ad copy yang dapat dibuat se-relevan mungkin dengan kebutuhan pelanggan.

b) Lakukanlah Riset

Eits, jangan salah ya Sob. Membuat iklan pun kita juga perlu riset, lho. Kira-kira riset seperti apa ya yang dibutuhkan? Yuk, simak.

  • Riset Kompetitor

Ingin mulai membuat iklan? Ketahuilah terlebih dahulu pengiklanan yang telah dibuat oleh para kompetitor sebelumnya. Melalui mesin pencarian Google, Sobat Shipper dapat memasukkan keyword dan meninjau beragam hasil pencariannya.

Dari hasil pencarian tersebut, Sobat Shipper dapat melakukan peninjauan dan analisis terhadap bentuk iklan yang disajikan para kompetitor.

  • Riset Keyword

Setelah menganalisis bentuk iklan milik kompetitor Sobat Shipper juga perlu memberlakukan riset terhadap keyword. Antara lain, platform penunjang yang bisa digunakan adalah KWFinder, SEMrush, Ubersuggest, Google’s Keyword Planner, dan lain sebagainya.

Setelah menemukan keyword yang tepat dan relevan, kamu bisa menyertakan keyword tersebut di tiga bagian pokok yang sempat dibahas tadi. Diantaranya adalah Headline, Description, dan URL Path.

c) Buatlah Judul dan Headline yang Menarik

Kreativitas dan inovasi memang dibutuhkan dalam setiap pembuatan konten. Termasuk pada copywriting iklan yang juga harus dibuat menarik baik judul maupun headlinenya. Sama halnya seperti konten blogging dan video, judul menjadi perhatian yang penting untuk ditinjau. Maka dari itu, penempatan kalimat persuasif yang proporsional, serta penjelasan beragam manfaat dari pelayanan yang ditawarkan. Dapat menjadi tips pembuatan judul yang baik dan tepat.

Kemudian pada headline, umumnya headline yang menarik itu perlu dicantumkan sebuah lead atau pembukaan paragraf yang juga punya daya tarik dan persuasif. Nah, untuk menciptakan daya tarik inilah, Sobat Shipper dapat menerapkan berbagai tips layaknya mengawali penjelasan dengan fakta, serta membangkitkan rasa keingintahuan tinggi kepada para calon pelanggan.

d) Kualitas Copywriting Juga Perlu Untuk Ditinjau

Membuat copy Ad yang menarik memang penting. Namun, kualitas juga tidak boleh dinomor sekiankan, karena kualitas terhadap suatu copy Ad, seharusnya dapat dibarengi dengan dibentuknya sebuah daya tarik.

Nah, beberapa hal yang dapat Sobat Shipper lakukan untuk membuat copy Ad yang berkualitas sebenarnya tidak beda jauh dengan konten kepenulisan pada umumnya, diantaranya adalah.

  • Penulisan yang tidak bertele-tele dan terkesan simpel untuk dipahami
  • Diperuntukkan dengan penjabaran manfaat dan peranan yang jelas
  • Memastikan bahwa headline maupun deskripsi, telah sesuai dengan pelayanan yang diiklankan.

5. Tutuplah dengan Kalimat Persuasif

Apapun bentuk copywriting mu, jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa terdapat unsur persuasif yang ada di dalam teks tersebut. Umumnya, di akhir teks pasti Sobat Shipper sering menjumpai ajakan untuk memulai, bergabung, ataupun mendaftar.

Dan bentuk ajakan tersebut umumnya dapat dikatakan sebagai CTA. Nah, Sobat Shipper juga dapat menggunakan CTA ini untuk mendorong sekaligus memberikan komitmen kepada calon pelanggan.

Nah, Sobat Shipper itu dia serba-serbi mengenai skill copywriting pada Google Ads, khususunya tentang berbagai tips yang dapat diterapkan di dalamnya.

Memberlakukan penerapan copywriting dengan baik memang penting, namun memilih jasa ekspedisi yang tepat juga tak kalah penting. Dan kamu dapat menjatuhkan pilihanmu kepada SHIPPER, jasa ekspedisi yang berkualitas dengan harga kompetitif, dan pastinya terpercaya.