Tips Meningkatkan Engagement Melalui Iklan Facebook

0
93
engagement facebook ads

Dalam dunia marketing, followers atau viewers memang penting, namun itu semua akan sia-sia tanpa engagement yang baik. Engagement yang merupakan interaksi pelanggan terhadap konten yang kita sajikan juga bisa menjadi tolak ukur kesuksesan iklan online. 

Semakin banyak engagement yang didapat, semakin besar pula konversi kesuksesan iklan yang dipajang. Dalam social media ads di berbagai platform, tak terkecuali Facebook Ads, engagement memegang peranan penting. 

Untuk itu, kami akan bahas lengkap mengenai pengertian engagement, hingga tips untuk meningkat engagement lewat iklan facebook. 

Apa Itu Engagement?

Engagement adalah interaksi dua arah yang terjalin antara brand dengan pelanggan. Interaksi ini bisa berupa like, comment, share ataupun subscribe, tergantung dengan platform media sosial yang dipakai. 

Dikutip dari MarketingCraft, ahli statistik internet, Avinash Kaushik, membagi interaksi di dunia maya ke dalam 3 kategori. Ada conversation (interaksi dua arah), Amplification (penyebarluasan konten), dan Applause (respon singkat seperti like, emoji). 

Umumnya, keberhasilan konten sangat berpatok pada engagement nya di media sosial, terutama bagi kamu yang menggunakan social media sebagai platform utama. 

Pentingnya Engagement dalam Digital Marketing

  1. Penentu Kesuksesan Sebuah Iklan

 Engagement menjadi salah satu hal penting dalam dunia digital marketing. Dengan adanya engagement, brand kamu akan semakin terasa dekat dengan brand.

Ketika Sobat Shipper berniat memasang iklan online, tentunya memiliki tujuan berbeda. Ada yang berniat meningkatkan trafik website, menyebarluaskan kampanye ataupun menjual produk. Berbagai tujuan tersebut bisa diukur dengan engagement yang didapat. 

Misalnya, ketika kamu mau pasang iklan Facebook, engagement yang diharapkan adalah profile visit, ataupun transaksi. Semakin banyak engagement yang didapat, semakin sukses iklan yang kamu buat. 

  1. Meningkatkan Jumlah Leads

Dalam bisnis digital, leads juga penting untuk membangun relasi berkepanjangan dengan para konsumen. Leads sendiri adalah orang-orang yang berpotensi menjadi consumer dengan meninggalkan kontak pribadi mereka. 

Dengan tingginya engagement di media sosial, tentunya leads yang didapatkan akan semakin banyak. Jangan lupa untuk terus membangun relasi baik dengan leads yang sudah didapat. 

  1. Membangun Kepercayaan Terhadap Brand

Pernahkah Sobat Shipper sebagai konsumen, menilai kelayakan brand dari media sosial nya? Nah, itu lah yang akan menjadi pentingnya memiliki engagement tinggi di akun bisnismu. 

Dengan jumlah likes, komen serta interaksi langsung lainnya di akun kamu, calon konsumen akan lebih percaya pada brand yang kamu tawarkan. 

1. Setelah terbangun kepercayaan dari calon konsumen, tentunya akan mudah menggaet mereka untuk melakukan transaksi yang ingin kamu raih.

Cara Tingkatkan Engagement Lewat Facebook Ads

Facebook Ads menjadi tools promosi marketing yang sangat efektif untuk meningkatkan engagement. Bagaimana tidak, pengguna Facebook telah mencapai 2,85 Triliun per tahun 2020. 

Dengan jumlah pengguna sebanyak ini, iklan Facebook akan membantu Sobat Shipper untuk mendapat engagement di akun bisnismu. Bagaimana caranya? Berikut kami rangkum tipsnya untuk kamu.

  1. Membuat Konten Iklan Berkualitas

Ketika memasang iklan online, hal pertama yang mesti diperhatikan tentu saja konten yang akan dipromosikan. Konten menjadi peranan penting juga terhadap engagement di akun bisnis kamu. 

Buatlah konten dengan design yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Menggunakan isu trending juga bisa menjadi satu cara mendapat banyak interaksi dari iklan Facebook yang kamu pajang. 

Selain menarik, jangan lupa pastikan bahwa konten iklan online kamu dimengerti oleh audiens. Ini berarti wajib hukumnya bagi Sobat Shipper untuk memahami betul target audiens sebelum membuat konten iklan. 

  1. Pilih Format Video

Iklan Facebook menyediakan iklan dalam berbagai format. Ada foto, video, hingga slideshow. Nah, untuk menggaet engagement, ada baiknya Sobat Shipper pilih format video. 

Dari riset yang dilakukan Abardeen Group, pengguna bisnis yang menggunakan video sebagai konten iklannya, mendapat prospek keberhasilan sebesar 66%. Jumlah ini lebih mendominasi konten dalam format lain. 

Dengan data tersebut, tentunya format video dipercaya bisa menaikkan engagement akun bisnismu. Maka, kamu bisa siapkan konten iklan berbentuk video yang menarik dengan durasi tak lebih dari 2 menit. 

  1. Posting di Waktu yang Tepat

Memposting iklan Facebook di waktu yang tepat juga dapat meningkatkan interaksi di akunmu. Dengan mengunggah iklan online mu di waktu yang sepi, tentunya malah akan membuat konten tidak terlihat oleh para pengguna. 

Menurut Hootsuite, waktu yang tepat untuk posting konten iklan yang tepat adalah sekitar pukul 12 siang hingga jam 3 sore. Di rentang waktu tersebut, banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk scrolling media sosial mereka. 

  1. Memposting Iklan di Grup Terkait

Sobat Shipper juga bisa memperbanyak engagement dengan memposting iklan di grup yang berhubungan dengan bisnis kamu. Caranya tentu saja dengan mencari grup umum dengan kata kunci tepat. 

Setelah tergabung dalam grup tersebut, kamu bisa memposting iklan online di sana. Dijamin engagement yang didapat akan banyak, karena para anggota di sebuah grup tertentu kebanyakan pengguna aktif dan memiliki kecenderungan minat yang sama.

  1. Gunakan Fitur Facebook Insight 

Dalam hal mendukung bisnismu, Facebook juga menyediakan fitur Facebook Analytics atau disebut juga Facebook Insights. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melacak performa konten yang kamu posting.

Dengan Facebook Insight, Sobat Shipper bisa melacak engagement hingga 28 hari ke belakang. Di dalamnya, ada juga data lengkap mengenai demografi para audiens yang tertarik pada iklan Facebook yang kamu miliki.

Untuk mengakses fitur ini, kamu hanya perlu memilih menu Insights di atas halaman profil. Setelah itu, akan tampil ringkasan mengenai performa konten iklan online.

Dengan menguasai berbagai fitur di Facebook  Ads, tentunya kamu bisa menggaet lebih banyak engagement. Namun, jangan lupa untuk mempelajari dahulu cara daftar Facebook Ads yang benar. 

Tentunya, kamu harus punya Facebook Page dahulu, baru kemudian bisa membuat iklan di platform ini. Jangan lupa siapkan budget untuk postingan iklan ini. Walaupun biayanya terbilang cukup terjangkau, yaitu minimal Rp 10 Ribu.

Selain meningkatkan engagement, Facebook Ads juga bisa mendorong audiens untuk melakukan aksi lanjutan seperti bertransaksi bahkan repeat order. Maka, sangatlah penting untuk menguasai iklan online di Facebook. 

Selain itu, meningkatkan pelayanan terhadap konsumen juga sangat penting. Kamu bisa gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id!