6 Tips Menggunakan Influencer Sebagai Media Pemasaran

0
818
influencer sebagai media pemasaran

Daftar Isi
1. Cara Menentukan Produk Paling Laris
2. Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik
3. Trik Jitu Menentukan Harga Jual agar Menang saat Perang Harga 
4. Tips Membuat diskon/ Promo yang Efektif 
5. Teknik Closing Ampuh untuk Jualan
6. Tips Membuat Konsumen Repeat Order
7. Mengelola Iklan Agar Jualan Laris dan Tidak Rugi
8. Tips Menggunakan Influencer sebagai Media Pemasaran
9. Seberapa Ampuh Affiliate Marketing untuk Bisnis
10. Strategi  Mengelola Database untuk UMKM

Sebelum membahas tips menggunakan influencer sebagai media pemasaran, Sobat Shipper sudah tahu apa itu influencer? Perusahaan mengajak kerja sama influencer untuk mempromosikan produk telah menjadi tren digital marketing saat ini. Influencer adalah sosok yang punya cukup banyak pengikut di media sosial dan punya pengaruh besar kepada audiens mereka.  Audiens atau followers dari influencer tersebut yang akan menjadi target pemasaran produk yang sesuai.

Influencer bisa berupa artis, tokoh publik, selebgram, youtuber atau blogger. Menariknya influencer tidak harus dari kalangan artis, namun bisa dari berbagai latar belakang pekerjaan. Intinya influencer adalah mereka yang punya banyak pengikut di media digital dan mampu membangun interaksi dengan pengikut mereka.  

Sobat Shipper tertarik menggunakan jasa influencer sebagai media pemasaran? Mari kita bahas tips menggunakan influencer sebagai media pemasaran! 

1. Pilih Influencer yang Cocok dengan Produk dan Target Pasar

Tips menggunakan influencer sebagai media pemasaran yang pertama dan cukup penting agar strategi marketing berjalan efektif adalah memilih influencer yang cocok dengan produk dan target market kamu. Mengapa hal ini sangat penting? Setiap influencer biasanya punya bidang khusus yang ditekuni. Supaya pemasaran produk menjadi efektif dan tepat sasaran penting untuk memilih influencer dengan audiens yang cocok dengan target pemasaran.

Mengapa influencer penting dalam strategi marketing? Influencer dapat membantu promosi sehingga membuat brand atau produk kamu dikenal lebih banyak orang. Influencer dapat mempengaruhi pengikutnya untuk membeli produk sehingga berdampak pada kenaikan penjualan. Jasa influencer semakin disukai karena hasilnya dapat terlihat relatif cepat dan efektif sebagai media pemasaran. 

Contoh beauty influencer memiliki audiens yang menyukai dunia kecantikan sehingga cocok dengan produk skincare, makeup dan bodycare. Food blogger cocok untuk kamu yang punya brand atau produk di bidang makanan dan kuliner. 

2. Sesuaikan Pilihan Influencer dengan Budget Promosi

Salah satu kekurangan menggunakan influencer dalam strategi marketing yaitu biasanya perlu budget promosi besar dibanding iklan online. Namun, hal ini cukup wajar sebab Influencer menggunakan metode soft selling yang membuat promosi tidak membosankan. Influencer merekomendasikan produk yang sudah digunakan atau minimal paham manfaatnya. Inilah yang membuat promosi dengan jasa influencer cukup efektif menarik perhatian calon konsumen. 

Setiap influencer punya tarif promosi berbeda. Biasanya semakin banyak pengikut influencer di media sosial dan semakin bagus engagement dengan audiensnya maka semakin tinggi tarifnya. Jadi, sebelum memutuskan ingin memakai jasa influencer yang mana sebaiknya kamu bertanya rate card influencer tersebut. 

Sesuaikan juga pilihan influencer dengan strategi pemasaran perusahaan. Jika budget promosi terbatas kamu bisa bisa menggunakan jasa influencer yang followers-nya tidak terlalu banyak tapi sesuai target market dan interaksi dengan pengikutnya cukup baik.  Rate card influencer bisa berdasarkan cost per action, cost per view, target market, media promosi yang digunakan, personal branding-nya dan sebagainya. 

3. Pelajari Interaksi Influencer dan Followers-nya 

Kelebihan menggunakan influencer dalam strategi marketing adalah influencer punya daya tarik sendiri untuk mempengaruhi audiens secara langsung. Influencer mampu membangun kepercayaan audiens dan mendorong mereka menjadi target pelanggan bisnis kamu. Kekuatan influencer dalam berpromosi adalah bagaimana mereka membangun hubungan baik dan mendapatkan kepercayaan audiensnya untuk menggunakan produk yang influencer rekomendasikan.

Maka dari itu penting melakukan riset sebelum memilih influencer yang tepat. Kamu perlu mempelajari bagaimana interaksi influencer terhadap pengikutnya. Followers banyak bukan jaminan seorang influencer memiliki reputasi yang baik dan efektif sebagai media pemasaran produk kamu. 

Hindari memilih influencer yang punya reputasi buruk sebab bisa memberikan image kurang baik terhadap brand atau produk yang kamu jual. Selain itu, Kamu perlu memperhatikan bagaimana influencer tersebut membangun interaksi dengan followers-nya dan bagaimana cara dia merekomendasikan produk atau brand dari konten-kontennya.

4. Menyusun Guideline untuk Influencer dengan Baik dan Jelas

Guideline sebagai dasar kerja sama antara perusahaan dan influencer sangat penting. Maka dari itu, kamu harus menyusun guideline yang jelas agar tujuan promosi tercapai dengan tepat sasaran. Untuk menyusun guideline promosi ini kamu perlu paham dengan strategi promosi yang dirancang, tujuan promosi, siapa target pasarnya dan berapa budget promo yang disediakan. 

Di dalam guideline tersebut kamu bisa menyampaikan strategi promosi yang ingin digunakan, jenis produk, keunggulan produk, lama waktu kerja sama dan sebagainya. Sebelum membuat guideline akan lebih baik jika perusahaan sudah berkomunikasi dengan influencer tersebut mengenai budget, cara kerja dan hal-hal terkait promosi. Hal ini supaya guideline yang dibuat sesuai dan tidak merugikan salah satu pihak. 

5. Jaga Komunikasi dan Hubungan Baik dengan Influencer

Dalam hal kerja sama apa pun komunikasi adalah hal penting. Begitu juga jika kamu ingin mengajak kerja sama influencer untuk mempromosikan produk kamu. Komunikasi yang baik akan membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan influencer sehingga kerjasama promosi bisa terjalin lebih nyaman dan efektif. 

Buatlah influencer merasa nyaman menjadi partner bisnis kamu. Dengan begitu, besar kemungkinan influencer akan memberikan feedback yang baik dalam membuat konten promosi. Hal ini akan memberikan dampak baik dalam proses pemasaran dan menaikkan penjualan produk kamu. Kamu juga akan lebih mudah untuk bekerja sama kembali di lain waktu.  

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan influencer yaitu dengan menawarkan benefit atau hadiah jika mereka bisa memenuhi target dan tujuan promosi. Kamu juga bisa mengirimkan ucapan selamat dan bingkisan kecil di hari-hari istimewa seperti hari ulang tahun dan sebagainya. 

6. Analisis dan Evaluasi Hasil Promosi 

Tips menggunakan influencer sebagai media pemasaran yang tidak boleh dilupakan adalah menganalisis dan mengevaluasi hasil promosi. Jika kamu menggunakan beberapa influencer berbeda untuk promosi kamu bisa menganalisis performa promosi yang paling efektif. Hal-hal yang bisa dianalisis di antaranya konten promosi yang paling baik, target pasar yang paling sesuai, jumlah followers baru, kenaikan penjualan dan sebagainya. 

Proses analisis dan evaluasi ini penting sebagai pegangan kamu untuk menyusun strategi pemasaran berikutnya di lain waktu. Kamu jadi lebih mudah mengetahui influencer yang memberi dampak paling baik dan kurang baik. Sehingga konsep dan strategi promosi selanjutnya bisa berjalan lebih efektif. 

Sobat Shipper itulah tips menggunakan influencer sebagai media pemasaran yang bisa menaikkan branding dan penjualan produk kamu. Kamu yang punya bisnis online bisa mencoba konsep promosi menggunakan jasa influencer karena cukup efektif untuk menaikkan penjualan. Kamu harus siap dengan perkembangan pesat bisnis online setelah menjalankan strategi pemasaran dan promosi. Berikanlah pelayanan pelanggan yang terbaik untuk mendapatkan loyalitas konsumen. 

Salah satu cara memberikan pelayanan pelanggan terbaik dalam bisnis online adalah menyediakan jasa pengiriman yang terpercaya. Kamu bisa bekerja sama dengan Shipper untuk kebutuhan ekspedisi toko online. Shipper menyediakan berbagai pilihan ekspedisi terkemuka yang bisa kamu pilih. Selain itu, ada layanan jemput paket tanpa biaya dari Shipper. Cari tahu lebih banyak tentang Shipper dengan kunjungi websitenya di shipper.id!   

Baca Juga : Mau Usaha Online Kamu Tahan Lama? Ikuti tips ini yuk!