7 Tips Mulai Usaha Catering Online Bagi Pemula

0
145

Apakah kamu memiliki ide usaha catering? Bingung ingin mulai? Untuk membantu kamu memulai usaha catering online, ada beberapa tips yang bisa dimanfaatkan. Berikut adalah bahasan tips-tips tersebut:

Baca juga: Agar Usahamu Dianggap Legal? Sebaiknya Siapkan Pengajuan SIUP Berikut Ini

Mulai Dari Konsep dan Menu

Hal yang utama untuk catering yang sukses adalah konsep dan menu. Tanpa menu dan konsep unggulan, kamu tidak bisa tampil lebih unik dibandingkan para pesaing. Untuk tampil lebih unik, pastikan memiliki menu yang tidak hanya nikmati tapi juga beda dari biasanya.

Contoh saja dengan adopsi kuliner fusion Indonesia dengan Jepang. kamu bisa buat konsep ramen tapi dengan kuah khas Indonesia. Misal saja ramen kuah soto ataupun ramen kuah sambal goreng. Menu menarik seperti ini bisa jadi senjata utama catering kamu.

Tentukan Budget Modal Untuk Memulai

Tips memulai usaha catering berikutnya adalah memiliki hitungan modal yang pasti. Pastikan kamu memiliki gambaran berapa besar kebutuhan yang diperlukan untuk bangun catering. Tergantung konsep catering yang ingin kamu bangun, biaya modal bisa bervariasi. Karena itu, pastikan perhitungkan dengan baik.

Untuk kebutuhan menekan pengeluaran. Layanan online akan lebih baik. kamu tidak perlu buat toko, cukup ruang dapur. Toko yang digunakan nantinya berbentuk digital. Layanan seperti ini disebut juga ghost kitchen atau cloud kitchen.

Perhitungkan Biaya Peralatan, Tempat dan Operasi

Perhitungan ini penting dalam memulai usaha catering. Biaya peralatan masak, sewa tempat masak dan juga biaya operasi harus diperkirakan dengan baik. Jangan sampai semua biaya ini berada di luar batasan budget modal kamu.

Hal lain yang penting adalah mengurus operasi. kamu harus cari supplier bahan makanan dan juga peralatan. Tanpa supplier, kamu akan makin sulit memastikan operasi catering berjalan lancar. Jadi usahakan cari koneksi partner untuk persediaan ini.

Pilih Platform Online yang Sesuai

Untuk buka usaha online, kamu tentu perlu platform online. Untungnya untuk mulai usaha catering online ini, sudah banyak platform yang bisa dimanfaatkan. Contoh saja platform social media. Page usaha di Facebook bisa jadi tempat pertama melayani pelanggan dan menerima pesanan. kamu juga bisa manfaatkan aplikasi seperti Gofood dan GrabFood sebagai opsi lainnya. 

Marketing Offline dan Online

Untuk memastikan kamu dapat banyak pelanggan, pastikan punya strategy marketing. Untuk kebutuhan promosi, platform online akan lebih baik. Manfaatkan social media, content video ataupun artikel sebagai alat penarik perhatian di dunia online. Cara ini jauh lebih murah daripada pasang iklan di radio atau TV.

Untuk menarik pelanggan local, kamu disarankan pasang poster ataupun banner di area sekitar kamu. Menggunakan cara ini, kamu pasti dapat lebih banyak pelanggan jika pakai cara offline dan online untuk marketing.

Manfaatkan Aplikasi dan Jasa Bantu Lainnya

Saat memulai usaha catering, banyak layanan aplikasi dan jasa bisa digunakan untuk memperlancar pelayanan. Contoh saja aplikasi seperti GoFood. Jika masuk ke list kuliner online di sini, kamu bisa menerima pesanan dengan lebih mudah.

Layanan jasa Shipper bisa jadi opsi lain untuk kirim makanan. Jasa ini tidak hanya melayani pengiriman jarak dekat, tapi juga jarak jauh. Bagi kamu yang ingin kembangkan layanan catering jadi frozen food dan makanan kemasan, partner seperti Shipper pasti sangat membantu.

Simulasi dan Evaluasi

Hal terakhir yang tidak kalah penting untuk mulai usaha adalah simulasi dan evaluasi. Simulasi memastikan kamu siap melayani pelanggan. kamu bisa undang beberapa orang untuk mencoba layanan catering kamu. Setelah melayani dan membuat pesanan catering mereka, berikan survey untuk kumpulkan data.

Data dari simulasi ini kamu evaluasi. Dari tanggapan test pelanggan, kamu bisa cek kelebihan dan kelemahan usaha kamu. Dari point ini, kamu bisa memperbaiki berbagai hal yang terdeteksi dari evaluasi ini. Sebelum mulai usaha catering, tidak ada salahnya untuk persiapan dengan simulasi ini.

Sekian bahasan tips memulai usaha catering secara online. Mudah-mudahan tips di atas bisa membantu kamu memulai buka usaha sendiri. 

Baca juga: 6 Keuntungan Menjadi Wirausaha di Masa New Normal, Apa Saja?