Tips Memulai Bisnis Franchise Bagi Para Pemula yang Perlu Diketahui

0
43

Bisnis franchise adalah jenis bisnis waralaba yang dijalankan oleh orang berbeda tetapi menggunakan nama brand sama. Banyak orang tertarik dengan bisnis jenis ini karena lebih mudah dikembangkan. Masyarakat telah mengenal nama brand sehingga untuk hal pemasaran dan penjualan Sobat Shipper tidak harus mulai dari nol. 

Pemilik brand franchise telah menyediakan produk dan konsep penjualan. Sehingga, ketika Sobat Shipper bergabung dalam suatu bisnis franchise tak perlu lagi pusing memikirkan produk apa yang dijual, siapa target pelanggan dan lain-lain. Meski terkesan lebih mudah, tapi bisnis ini pun perlu strategi untuk menjalankannya agar laris manis. 

Tertarik mencoba bisnis franchise? Mari simak dulu tipsnya sebelum memulai berbisnis!

1. Pilih Jenis Bisnis Franchise

Cara memulai bisnis franchise yang pertama adalah menentukan jenis bisnis. Ya, banyak bisnis franchise yang tersedia dengan berbagai jenis produk. Sebaiknya Sobat Shipper memilih jenis bisnis yang dekat dengan keahlian atau kesukaan supaya lebih mudah mengelolanya. Sobat Shipper lebih mudah mengembangkan bisnis di bidang yang telah familiar sehingga tidak harus belajar dari bawah sekali.  

Selain memilih bisnis sesuai hal yang dipahami dan disukai, Sobat Shipper juga perlu memperhatikan peluang bisnis tersebut. Analisis peluang bisnis tersebut berdasarkan rencana lokasi jualanmu dan tentukan rencana target pelanggan. Contoh, jika lokasi Sobat Shipper dekat dengan pusat keramaian seperti alun-alun atau sekolah maka bisnis makanan punya peluang cukup baik. 

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Franchise Bagi Pemula

2. Mengelola Bisnis Mengikuti Sistem yang Ada

Pastikan Sobat Shipper memilih brand franchise yang memiliki reputasi baik dan sedang tren saat ini. Lakukan riset kecil-kecilan sebelum memilih brand franchise yang tepat. Setelah benar-benar memutuskan, cara memulai bisnis franchise selanjutnya adalah berkomitmen untuk mengelolanya dengan baik. 

Ketika memulai bisnis franchise, Sobat Shipper akan menjalani pelatihan dan mendapat pengarahan dari pemilik brand. Jika ingin bisnismu sukses seperti franchise lainnya, maka ikutilah prosedur dan sistem yang ada. Memilih brand franchise yang terpercaya reputasinya merupakan nilai tambah untuk memulai bisnis ini. Tetaplah konsisten dengan menjaga kualitas produk agar jualan laris manis.

3. Tetapkan Target dan Tujuan Bisnis

Dalam mengelola bisnis franchise, Sobat Shipper selaku pemilik waralaba tetap harus punya target dan tujuan bisnis. Menetapkan target dan tujuan bisnis adalah langkah untuk mengembangkan bisnis lebih baik lagi ke depannya. Tidak masalah melakukan sedikit inovasi dalam produk atau promosi selama tidak mengubah atau melanggar prosedur yang ada untuk mencapai target bisnis.

4. Berikan Layanan Pelanggan yang Baik

Keuntungan memulai bisnis franchise adalah Sobat Shipper tak perlu repot membangun nama brand dari awal. Maka dari itu, fokuslah untuk memberikan layanan pelanggan terbaik untuk meningkatkan penjualan. Pelayanan yang baik mulai dari cara Sobat Shipper melayani pembeli dengan ramah atau memberikan diskon atau promo menarik. 

Itulah beberapa cara memulai bisnis franchise yang dapat Sobat Shipper terapkan. Tekunlah dalam mengembangkan bisnis franchise agar bisa meraih keuntungan yang besar. Dalam perjalanan bisnis tak jarang akan membutuhkan layanan pengiriman profesional. Jika memungkinkan produk waralaba tersebut dapat dijual secara online untuk memperluas pelanggan. 

Shipper adalah layanan pengiriman terpercaya yang menawarkan banyak kemudahan. Jadwalkan pengiriman secara online dengan sistem terintegrasi dari Shipper. Dapatkan harga kompetitif dan layanan terbaik dari Shipper, klik link https://shipper.id sekarang!

Baca Juga: 7 Tips Sukses Memulai Bisnis Bagi Pemula