Tips Memulai Bisnis Franchise Bagi Pemula

0
924
tips bisnis franchise ekspedisi

Di masa pandemi seperti ini, tak jarang dari kebanyakan masyarakat Indonesia memulai bisnis usaha waralaba, atau yang lebih dikenal dengan franchise. Seiring bertambahnya kebutuhan setiap harinya orang-orang pun mulai menggeluti bisnis yang satu ini. Mulai dari membuka franchise kopi, makanan, hingga ekspedisi sekali pun. 

Lalu, Apa Sebenarnya Arti Franchise?

Franchise adalah tipe bisnis yang menghubungkan salah satu pihak dengan lainnya yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakannya dari kekayaan intelektual (HAKI). Secara mudah, pengertian franchise sendiri yakni dimiliki dan dioperasikan langsung oleh individu yang berbeda-beda tetapi memiliki nama atau brand yang sama dan membuat brand tersebut menjadi besar, dikenal orang, dan tersebar di berbagai tempat. 

Tips Membuka Franchise di Indonesia

Jika kamu tertarik untuk memulai untuk membuka bisnis franchise, tentu saja ada beberapa hal yang perlu dipahami, terlebih jika kamu adalah seorang pemula. 

1. Buatlah Produk yang Menarik

Tips pertama yang perlu kamu lakukan jika ingin memulai bisnis franchise sendiri adalah dengan membuat produk yang menarik perhatian para calon pelanggan. Pada zaman yang serba modern ini, tentu saja banyak bermunculan brand-brand yang unik dan tidak biasa, terlebih lagi mereka memiliki produk unik untuk dijual. 

Selain itu, jika kamu sudah memiliki produk unik untuk menarik perhatian para pembeli nantinya kamu juga harus menambahkan fasilitas atau dekor yang unik dan tidak biasa di outlet kamu. Tak hanya itu saja, kamu juga harus benar-benar memperhatikan setiap hal kecil, mulai dari nama menu, logo, serta memilih nama franchise yang mudah diingat oleh calon pelanggan. 

2. Miliki Standar Operasional Prosedur yang Jelas

Jika kamu sudah mengetahui tips franchise yang pertama, tentu saja hal kedua ini tidak boleh dilewatkan. Untuk memulai usaha franchise kamu harus memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas sebagai pedoman dan juga acuan bagi para karyawan, termasuk kamu sendiri. 

Dengan memiliki SOP, tentunya kamu akan memiliki standar kualitas yang sama dan akan membuat bisnis franchise kamu lebih mudah untuk dijalankan. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sewa Gudang yang Tepat untuk Memulai Bisnis Kamu 

3. Pilih Franchise yang Tepat

Sobat Shipper, mungkin sebagian orang berfikir kalau membuat peluang bisnis franchise baru akan jauh lebih susah ketimbang membeli franchise yang sudah ada dan cukup dikenal oleh orang-orang. Jika kamu memutuskan untuk membeli bisnis franchise, sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan minat kamu agar berjalan dengan baik dan lancar. 

Sebelum membelinya, kamu bisa membandingkan juga dengan beberapa franchise sejenis yang ada di Indonesia, apakah cukup dikenal di masyarakat atau tidak. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan reputasi dari franchise yang akan dibeli, ya. 

4. Siapkan Modal yang Cukup 

Salah satu hal terpenting untuk kamu para pemula yang ingin memulai usaha franchise tentu saja memiliki modal yang cukup. Sebaiknya kamu memilih franchise yang sesuai dengan bujet yang dimiliki. Selain itu, pertimbangkan juga strategi bisnis yang akan kamu jalankan nanti. Mulai dari memilih tempat yang strategis, hingga memanfaatkan sosial media sebagai ajang promosi nantinya. 

Nah Sobat Shipper, itu tadi beberapa tips untuk memulai usaha franchise yang bisa kamu ketahui. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, salah satu yang bisa dijadikan pilihan yakni memulai bisnis franchise ekspedisi. 

Shipper menawarkan kemudahan dalam memulai bisnis logistik sendiri dan bergabung sebagai Mitra  secara gratis. Kamu tinggal bergabung menjadi Mitra dan bisa langsung memulai bisnis logistik mu sendiri. 

Untuk keterangan lebih lanjut, kamu bisa langsung mengecek dan daftar franchise di www.shipper.id/mitra. Selamat mencoba peluang baru!

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Wirausaha & Cara Menjalaninya Agar Sukses!