Tips Memilih Jasa Logistik untuk Bisnis Produk Kosmetik

0
499
packing onlineshop

Memilih logistik berkualitas sangat penting jika kamu ingin menjual sebuah produk kosmetik. Seperti kita ketahui bahwa kosmetik bentuk apapun sangat mudah rusak jika pengemasan, penyimpanan dan pengiriman tidak standar. Beberapa tipe produk bahkan mudah menguap contohnya parfume, toner, essence, spray dan sejenisnya. 

Bahkan beberapa kosmetik membutuhkan tambahan ice gel agar kualitasnya terjaga. Konsumen yang menjadi langganan akan terpuaskan dan melakukan repeat order jika layanan pengiriman sesuai standar. Barang yang diterima masih aman digunakan tanpa ada kekurangan sedikitpun. 

Durasi pengiriman yang dibutuhkan singkat sehingga tidak menunggu kapan paket datang. Ingin memberikan layanan seperti ini? Kamu harus memilih jasa pengiriman berkualitas karena hal tersebut penting sekali untuk membantu kegiatan jual beli secara online. Di bawah ini adalah tips memilih jasa logistik untuk bisnis kosmetik:

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa pengiriman Barang

1. Pastikan layanannya meliputi tambahan packing luar

Mengirim produk kosmetik gampang-gampang susah. Kamu perlu pengemasan yang memadai karena produk kosmetik cukup spesial. Misalnya mengirim krim, perlu dibungkus dengan bubble wrap, tambahan plastik busa, agar tidak rembes. Material yang berbentuk krim juga memerlukan petunjuk pada bagian luar kemasan.

Misalnya tidak boleh dibalik, bagian atas dan bawah dan sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan pengiriman kosmetik umumnya pihak logistik akan menawarkan penambahan packing luar. Tambahan karton, kardus, kayu paling umum digunakan untuk menjamin keamanan. Kamu perlu mempertimbangkan jika pihak jasa kirim barang tidak menyediakan tambahan pengemasan. 

2. Cek waktu pengirimannya

Informasikan mengenai kondisi barang, jangka waktu penggunaan dan sebagainya sehingga bisa diupayakan keamanannya. Selain itu, jangan lupa memperhatikan waktu pengiriman jika kamu mengirim kosmetik jenis apapun. Lipstik, krim, gel, bedak, parfume dan sebagainya memiliki masa kadaluwarsa. 

Terutama jika menjual produk organik seperti masker alami, masker susu, lotion dan sejenisnya. Ada batas maksimal berada di suhu ruang dan lebih singkat lagi pada kondisi suhu serta kelembaban tinggi. Pilih jasa pengiriman yang cekatan dan menjamin barang sampai tepat waktu. 

3. Pastikan ada banyak pilihan layanan pengiriman

Jika memungkinkan pilih layanan khusus seperti one day service, pengiriman kilat, super kilat dan sebagainya. Sehingga produkmu diutamakan dan mendapat estimasi waktu paling cepat untuk sampai di tangan pembeli. Untuk produk kosmetik pilih penyedia layanan maksimal 3 hari sampai.

4. Perhatikan tarifnya

Disamping itu perhatikan mengenai besarnya biaya pengiriman atau ongkir. Meski mengirim paket berupa produk mudah rusak namun beberapa perusahaan jasa memberi layanan khusus. Lebih cepat namun hara terjangkau untuk ukuran produk kosmetik. Terutama jika mengirim dalam partai besar, pilih perusahaan yang menyediakan harga paket.

Sehingga harganya menjadi lebih terjangkau juga bagi konsumen. Tidak jarang pada event atau hari tertentu perusahaan pengiriman menyediakan diskon bahkan free ongkir. Manfaatkan momentum tersebut untuk memaksimalkan penjualan serta pengiriman paket kosmetik kepada para konsumen. 

5. Harus ada asuransinya

Hasilnya akan lebih signifikan jika menawarkan kepada konsumen fasilitas gratis ongkos kirim ini. Sebab konsumen cukup membayar sesuai harga kosmetik bahkan untuk jarak jauh. Hal terakhir dan tidak kalah penting dalam memilih jasa ekspedisi adalah pilih perusahaan yang menyediakan asuransi. 

Layanan asuransi pada pengiriman barang dibutuhkan oleh konsumen karena faktor keamanan. Konsumen tentu tidak mau rugi karena membayar dengan harga tinggi namun produk yang diterima tidak sesuai kondisi normal. Padahal kesalahan bukan dari penjual melainkan pada saat pengiriman.

Jaminan asuransi untuk produk kosmetik akan kamu dapatkan di Shipper. Mulai dari pendataan barang di agen atau kantor cabang, penyimpanan di gudang hingga pengiriman ke konsumen. Kamu tidak perlu khawatir mengalami kerugian karena adanya jaminan asuransi. 

Shipper adalah salah satu agregator logistik & warehouse di Indonesia yang menyediakan jasa pengiriman barang serta sewa gudang terpercaya. Memiliki tagline “Bebas Pilih Tanpa Batas” Shipper bisa dijadikan solusi pengiriman barang dan jasa pergudangan yang praktis, aman, dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Lebih lengkapnya mengenai logistik kamu bisa cek www.shipper.id.