6 Tips Sukses Membuat Video Animasi untuk Promosi Produk

0
1154
video animasi

Daftar Isi
1. Cara Buat Video Iklan Produk Hanya dengan HP
2. Tips Meyakinkan Pelanggan dalam Video Review Produk
3. Tips Buat Video Produk dengan Peralatan Seadanya
4. Tips Membuat Iklan Video Produk Minuman
5. Cara Membuat Video Produk dengan Teknik One Take
6. Intip Tips Video Low Budget dengan Hasil Eksklusif
7. Edit Video Cinematic dengan 6 Aplikasi Ini
8. Tips Sukses Membuat Video Animasi untuk Promosi Produk
9. Aplikasi untuk Membuat Video Motion Graphic
10. Ide Konsep Video Promosi Produk yang Trend di 2021

Penjual dan pebisnis harus inovatif dalam memasarkan dan mempromosikan produknya, salah satunya melalui video animasi. Konten promosi berupa animasi lebih banyak diminati karena visualnya lebih interaktif dan menarik. Animasi menjadi cara promosi yang halus agar audiens tidak merasa terganggu dengan konten promosi yang menarik.

Animasi adalah mengelola potongan-potongan video pendek atau gambar menjadi visual yang bergerak, bisa pula ditambahkan teks atau audio. Sobat Shipper ingin mencoba membuat video animasi untuk promosi produk yang dijual? Mari simak tips dan cara membuat animasi di artikel ini!

1. Tentukan Jenis atau Konsep Video

Cara buat animasi video yang pertama adalah menentukan jenis atau konsep video. Sobat Shipper akan lebih mudah membuat video setelah menentukan konsep atau jenis yang sesuai dengan strategi pemasaran yang dibutuhkan. Konsep video ini biasanya berhubungan dengan tujuan promosi atau pemasaran produk.

Beberapa konsep video animasi sebagai media promosi ada beberapa jenis:

· Video perkenalan : Isinya bertujuan untuk mengenalkan brand atau produk ke audiens.

· Video tutorial : Berisi video tutorial, tips atau pelatihan sesuatu yang berhubungan dengan produk. Misal, tips atau tutorial menggunakan hijab untuk brand fashion muslim.

· Video edukasi : Memberikan edukasi kepada audiens yang materinya masih berhubungan dengan brand atau produk. Misalnya, mengedukasi tentang pentingnya penggunaan masker untuk brand alat kesehatan.

· Video review : Isinya adalah review produk dengan cara yang menarik. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan audiens dan terdorong membeli produk tersebut.

2. Menyusun Naskah Video Animasi

Berbeda dengan membuat video biasa, membuat iklan animasi perlu terkonsep secara detail. Diperlukan naskah untuk mempermudah dalam proses pembuatannya. Naskah ini akan menjelaskan bagaimana isi atau alur video tersebut. Naskah bisa berisi potongan adegan dalam video, teks yang akan ada dalam video atau diucapkan dalam audionya.

Tujuan dari pembuatan naskah video animasi adalah agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh audiens. Naskah yang disusun dengan baik akan memperlancar proses pembuatan animasi. Naskah juga mencegah kesalahan dan mempermudah proses koreksi dalam proses pembuatan animasi.

3. Perangkat yang Dibutuhkan

Ketika membuat video animasi, Sobat Shipper membutuhkan perangkat seperti smartphone atau laptop. Selain perangkat juga dibutuhkan software atau aplikasi khusus. Banyak aplikasi edit video di HP yang bisa diunduh secara gratis.

Beberapa aplikasi pembuat video animasi memberikan kemudahan yaitu bisa diakses di laptop atau HP. Kemudahan lainnya adalah beberapa aplikasi telah memberikan template animasi yang bisa digunakan secara mudah. Sehingga, Sobat Shipper dapat membuat iklan animasi lebih cepat.

Mari kita bahas beberapa aplikasi untuk membuat video animasi yang bisa digunakan!

a. Pics Art Animator

Aplikasi edit video di HP yang cukup mudah digunakan untuk membuat iklan animasi adalah Pics Art Animator. Pics Art Animator menyediakan tools dan navigasi yang mudah digunakan bahkan untuk pemula dalam membuat animasi. Sobat Shipper bisa membuat video animasi dalam berbagai format termasuk membuat GIF.

b. Flipa Clip

Aplikasi video animasi yang mudah digunakan selanjutnya adalah Flipa Clip. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis di smartphone. Tampilan aplikasi ini cukup simpel tetapi fiturnya cukup lengkap. Dengan Flipa Clip, Sobat Shipper bisa membuat sketsa hingga animasi dalam satu aplikasi.

c. Open Toonz

Open Toonz adalah software gratis dan populer di kalangan para animator untuk menghasilkan video 2D yang bagus. Sobat Shipper bisa menggunakan Open Toonz di laptop untuk membuat iklan animasi yang keren. Fitur yang ada dalam software ini adalah tools menggambar secara digital, efek, motion tracking, motion tweening dan lain-lain. Ya, fiturnya cukup lengkap. Untuk membudahkan penggunaannya banyak tutorial yang dapat Sobat Shipper pelajari di internet.

d. Blender

Aplikasi Blender bisa berjalan di laptop atau di HP. Aplikasi ini juga cukup populer di kalangan animator pemula hingga ahli. Aplikasi blender dapat digunakan secara gratis untuk membuat animasi yang keren. Selain membuat animasi, aplikasi ini juga bisa membuat 3D modelling hingga game.

e. Canva

Aplikasi editing foto sekaligus video yang populer yaitu Canva juga bisa menghasilkan animasi sederhana. Canva bisa dijalankan di HP atau laptop dan dapat diunduh secara gratis. Cara menggunakan Canva tidak sulit, tersedia fitur atau efek animasi yang dapat Sobat Shipper gunakan untuk membuat animasi di Canva.

4. Komposisi Gambar dan Tulisan

Dalam proses pembuatan video animasi tetaplah mengacu pada naskah agar proses pembuatan sesuai dengan konsep dan tujuan iklan animasi tersebut. Hal yang penting diperhatikan adalah komposisi antara gambar dan tulisan. Pastikan komposisi warna serasi dan enak dilihat. Perhatikan juga ukuran tulisan dan pilihan warnanya agar nyaman dibaca oleh audiens.

Dalam video komposisi gambar bergerak dan tulisan sebaiknya seimbang. Jangan terlalu banyak tulisan dalam video animasi. Dalam beberapa kasus iklan animasi di media sosial seperti Facebook dapat ditolak karena memiliki komposisi tulisan terlalu banyak. Audiens pun biasanya lebih suka melihat tampilan gambar animasi yang menarik daripada tulisan saja.

5. Audio

Audio penting untuk membuat video animasi lebih hidup. Sobat Shipper bisa menambahkan audio berupa musik latar belakang, suara, voice over atau audio lain yang relevan dengan animasi tersebut. Pemilihan audio tentu harus disesuaikan dengan animasi agar menarik.

Jika kamu ingin menggunakan musik latar belakang maka pilihlah yang dapat mewakili emosi tertentu sesuai animasi tersebut. Sesuaikan pula dengan target audiens, ya. Audio yang tepat dapat membangkitkan minat audiens ketika melihat iklan animasi tersebut. Audio bisa mendorong rasa penasaran audiens untuk mencari tahu lebih banyak tentang produk yang Sobat Shipper iklankan.

6. Cek Kembali Hasilnya

Jangan buru-buru memposting iklan animasi yang Sobat Shipper buat, ya. Bisa saja ada kesalahan-kesalahan kecil yang terlewat. Sempatkan mengecek ulang animasi yang dibuat dan mengoreksinya.

Jika diperlukan Sobat Shipper bisa meminta masukan dari teman tentang hasil video animasi tersebut. Sebagai pembuat mungkin Sobat Shipper akan kurang menyadari di mana kekurangannya. Sedangkan, orang lain yang melihat bisa memberikan masukan yang lebih objektif.

Itulah beberapa tips yang dapat Sobat Shipper lakukan untuk membuat video animasi. Semoga iklan animasi yang Sobat Shipper buat bisa meningkatkan branding dan penjualan, ya. Ketika strategi promosi berjalan lancar dan penjualan meningkat, Sobat Shipper harus menyediakan layanan pengiriman yang profesional. Mari bekerja sama dengan Shipper untuk mendapatkan layanan pengiriman dengan harga kompetitif dan gratis biaya jemput paket. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id