Tips Membuat Konten Menarik Untuk Instagram Ads

0
241
caption menarik instagram

Konten dalam suatu platform umumnya dapat disajikan dengan berbagai pilihan bentuk, peranan, dan tujuan. Jenis konten pun kini beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari konten video, foto, sampai caption menarik Instagram.

Ya, di era digitalisasi seperti sekarang ini, konten menjadi hal yang tak asing untuk kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Karena saat ini, konten merupakan pemain penting dalam berbagai konteks terhadap dunia hiburan, pendidikan, sampai pemasaran.

Konten yang informatif memanglah penting, begitupun dengan konten yang inspiratif, inovatif, dan kreatif. Namun, perlu untuk Sobat Shipper sadari, bahwa konten yang disajikan harus pula memiliki daya tarik, layaknya konten yang nantinya disajikan pada Instagram Ads, yang mana Instagram Ads sendiri merupakan fitur pengiklanan pada platform Instagram.

Kira-kira apa saja ya… tips yang dapat dilakukan untuk menimbulkan daya tarik terhadap konten pada Instagram Ads? Mari kita mulai dari meninjau fitur-fitur pengiklanannya.

1. Meninjau Fitur Pengiklanan pada Instagram

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini, salah satu fitur unggulan yang disajikan oleh Instagram adalah fitur IG Ads atau yang akrab disapa Instagram Ads. Nah, Instagram Ads adalah fitur pengiklanan yang disuguhkan langsung bagi penggunanya yang memiliki usaha terhadap produk atau jasa tertentu.

Pada Instagram Ads ini, Sobat Shipper dapat menikmati berbagai fitur yang ditawarkan. Dimana diantaranya Instagram telah menyajikan fitur feed, stories, dan reels. Sebelum mengetahui berbagai tips membuat konten menarik untuk Instagram, penting nih bagi Sobat Shipper mengetahui dan meninjau fitur-fitur yang ada di dalamnya. Maka dari itu, yuk, langsung saja kita mulai dari fitur pertama.

a) Fitur Feed

Instagram Feed merupakan fitur dari platform Instagram yang telah lama hadir, dan masih menjadi salah satu fitur unggulan Instagram dari awal perilisan sampai saat ini. Untuk kamu yang sering berselancar di Instagram, pasti tidak asing dengan istilah feed ini. Dimana postingan yang menggunakan fitur feed sampai saat ini masih terus mendominasi beranda Instagram.

Nah, feed Instagram sendiri terbagi dalam dua kategori, yang diantaranya adalah foto dan video, kedua kategori inipun dibagi lagi menjadi tiga bagian berdasarkan bentuknya, dimana ada jenis square, landscape, dan potrait. Nyaris, semua jenis konten cocok direalisasikan pada feed Instagram. Dimana tak hanya beriklan, kamu juga bisa menuangkan kreativitas dengan berbagai desain dan filter.

b) Instagram Stories

Fitur yang satu ini memiliki kemiripan dengan fitur status yang kamu miliki pada platform WhatsApp. Tidak kalah dengan fitur feed, Instagram stories saat ini juga menjadi fitur yang populer dan terus diminati oleh banyak orang. Terlebih dengan hadirnya fitur filter yang dapat dipilih sesuka hati.

Dimana fitur filter tersebut memungkinkan pengguna untuk menambah estetika produk, mempercantik angel produk, dan masih banyak lagi. Hadirnya gif dan stiker nyatanya juga sangat membantu, lho. Maka dari itu fitur hits yang satu ini dapat menciptakan jiwa kreativitas dan menimbulkan atensi yang cukup besar.

c) Reels Instagram

Mirip dengan TikTok, fitur reels Instagram yang satu ini menyajikan video singkat yang bisa ditonton layaknya video-video singkat yang juga terdapat pada TikTok. Maka dari itu, fitur baru Instagram yang satu ini  tak heran diminati oleh banyak orang, dan menjadi salah satu fitur yang juga populer di kalangan pengguna Instagram.

2. Tips Membuat Konten Menarik Untuk Instagram

Ketika telah mengetahui berbagai fitur Instagram Ads, selanjutnya Sobat Shipper akan disajikan dengan berbagai tips yang bisa diterapkan untuk membuat konten yang menarik. Eits, jangan salah, tips yang disajikan ini berlaku untuk semua konten yang dihadirkan dengan berbagai fitur, lho. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk Sob, kita mulai dari tips pertama.

a) Membuat Perencanaan Konten

Untuk membuat konten yang baik, dibutuhkan perencanaan konten yang baik dan matang. Maka dari itu, tips pertama yang diberikan adalah merancang perencanaan terhadap konten dengan baik dan benar. Dengan ini kamu dapat menentukan media apa yang ingin digunakan, penjadwalan seperti apa yang diinginkan, dan konten bagaimana yang ingin dipublikasikan.

b) Membuat Konten Instagram yang Orisinil

Melakukan riset dan mencari referensi memang dianjurkan untuk dilakukan, tapi penjiplakan terhadap ide konten sangat tidak dianjurkan, dan harus dihindari sebisa mungkin. Maka dari itu, kehadiran konten orisinil amat penting untuk kamu sajikan ya. Karena dengan konten yang orisinil-lah kekhasan tersendiri akan melekat pada konten yang disajikan.

c) Memperhatikan Penempatan Karakter, Emoji, dan Hastag

Seringkali disebut sebagai copy Ads. Poin yang satu ini, jangan sampai terabaikan ya… Karena dengan memperhatikan penempatan karakter, membuat idealnya sebuah caption menarik Instagram dapat kamu wujudkan, dan produk yang kamu publikasikan dapat dijelaskan dengan tepat dan apik.

Hal ini juga berlaku terhadap penempatan emoji yang menambah warna pada postingan, dimana ketertarikan terhadap postingan dapat dibentuk, dan caption sosial media dapat dibuat lebih menarik. Terakhir yang perlu diperhatikan adalah penempatan hastag yang dapat memungkinkan produk bisa dikenal lebih luas dan pesat.

d) Jadikan Informasi Utama Sebagai First Impressionnya Pengunjung

Meletakan informasi utama pada bagian atas menjadi penting untuk diperhatikan karena akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh pengunjung. Maka dari itu, berikanlah informasi utama dengan balutan kata-kata menarik dan persuasif pada bagian atas penempatan caption.

e) Mendownload Aplikasi Bantuan Untuk Membuat Konten

Agar konten yang kamu sajikan terlihat menarik, indah, dan anggun. Sobat Shipper dapat mendownload dan menggunakan aplikasi bantuan untuk membuat konten. Dengan memberikan sentuhan estetika yang khas, kamu bisa menarik perhatian sekaligus memanjakan mata pada pengunjung yang melihat iklan tersebut.

Antara lain, aplikasi bantuan yang dapat kami gunakan adalah Canva, PicsArt, Lightroom, dan masih banyak lagi. Penyuntingan dengan aplikasi bantuan ini sangat mudah untuk kamu lakukan, lho. Maka dari itu, tak heran berbagai aplikasi ini banyak diminati oleh berbagai kalangan.

f) Berikan Konten Selingan

Jangan melulu beriklan, hindari membuat konten yang terkesan monoton dan membosankan. Ya, sesekali kamu perlu, lho memberikan konten selingan kepada pengunjung. Agar pengunjung tidak jenuh dengan konten pengiklanan yang terus menerus kamu publikasikan.

Konten yang mengundang tawa, memberikan motivasi, dan mengandung nilai estetika. Dapat kamu sajikan dan berpeluang besar menarik perhatian banyak pengunjung.

Bagaimana Sobat Shipper apakah kamu tertarik untuk menerapkan berbagai tips di atas? Jika kamu tertarik, maka jangan lupa untuk menerapkan tips tersebut secara konsisten dan berkepanjangan ya. Agar konten yang kamu hasilkan pun dapat konsisten berkualitas, dan menebar manfaat.

Untuk kamu yang juga tengah memikirkan operasional bisnis, saat ini Atoor hadir untuk menjadi andalan pengelolaan operasional bisnis. Ya, hingga kini Atoor telah menyediakan tools yang membantu terpenuhinya pengelolaan operasional bisnis. Harganya kompetitif, kualitasnya pun terjamin. Yuk, langsung saja cek informasi menarik tentang Atoor di Shipper.id!