Simak! Ini Dia Tips Membangun Bisnis di Bidang Kaca

0
478
bisnis kaca

Ada banyak jenis usaha yang termasuk dalam bisnis kaca. Kelebihan dari bisnis di bidang kaca adalah tidak memerlukan banyak modal. Hanya dengan modal beberapa juta saja sudah cukup bagi Sobat Shipper untuk memulai satu jenis bisnis kaca. Bahkan ada jenis bisnis kaca yang bisa dimulai tanpa modal sekalipun. Kamu bisa menggunakan uang muka dari pelanggan untuk modal produksi. Selain itu, bisnis kaca adalah bisnis yang tidak pernah mati karena kaca tidak memiliki tanggal kadaluwarsa dan tidak

memiliki tren yang bergonta-ganti seperti bidang fashion. Akan tetapi, kaca dapat rusak sehingga pemiliknya tentu harus membeli kaca lagi.

Jenis Usaha di Bidang Kaca

Jika Sobat Shipper tertarik untuk membangun usaha di bidang kaca, maka ada beberapa pilihan yang dapat kamu pertimbangkan:

1. Toko kaca. Tidak perlu mencari pasar jauh-jauh. Setiap tempat di sekitar lingkungan kamu tentunya menggunakan kaca. Entah untuk cermin, lemari, atau jendela rumah.

2. Kerajinan hiasan dari kaca. Usaha ini memanfaatkan limbah kaca untuk diolah kembali menjadi benda bernilai seni seperti vas bunga, guci, dan kaligrafi. Karena menggunakan limbah kaca sebagai bahan baku, tentunya usaha ini menjadi minim modal tapi mampu menghasilkan omzet puluhan hingga ratusan juta.

3. Pembuatan etalase kaca. Etalase yang berukuran 1-2 meter biasa dijual dengan harga satu hingga satu setengah juta. Kamu bisa meraih keuntungan hingga 40% dari harga tersebut.

4. Pembuatan kaca hias. Biasanya yang menggunakan kaca hias adalah masjid dan gereja, namun banyak juga orang yang menginginkan kerajinan ini untuk menghiasi rumah.

Tips Membangun Bisnis Di Bidang Kaca

Ada beberapa tips membangun bisnis di bidang kaca yang harus Sobat Shipper perhatikan:

1. Tentukan jasa utama. Mungkin Sobat Shipper bisa membuka toko kaca yang menyediakan kerajinan hiasan dari kaca sekaligus jasa pembuatan kaca hias. Namun Sobat Shipper tetap harus menentukan fokus pada satu jasa/satu jenis produk. Ini agar konsumen benar-benar percaya pada keunggulan jasa dari Sobat Shipper, namun saat membutuhkan barang lain di bidang kaca juga teringat kepada toko kamu.

2. Perlatan lengkap. Lengkapi tempat usahamu dengan berbagai alat seperti perkakas, tangga, pemotong kaca, dan sebagainya.

3. Lokasi. Kaca adalah benda yang tajam dan dapat dengan mudah melukai orang. Pastikan lokasi bengkel kaca kamu selain berada di tempat yang strategis dan mudah dijangkau pelanggan, juga jauh dari anak-anak.

4. Kerja sama dengan supplier bahan. Kerja sama dengan supplier dapat mencegah kamu kehabisan bahan sehingga usahamu bisa jalan terus tanpa kendala ataupun penundaan. Semakin cepat produkmu jadi, semakin puas juga pelanggan kamu.

5. Rekrut karyawan. Tidak semua orang bisa bekerja dengan benda yang mudah pecah. Perlu bakat dan keterampilan. Pastikan kamu merekrut orang yang tidak sembrono.

6. Pemasaran. Selain memasang plang toko dan daftar spesialisasi tokomu, kamu juga harus rajin melakukan promosi melalui media online. Pasalnya promosi melalui media online membantu produk kamu menjangkau telinga lebih banyak orang. Bisa saja kan nantinya kamu sampai menerima pesanan dari luar kota, bahkan luar pulau?

Tentu saja kaca adalah barang yang sangat rentan untuk rusak. Salah penanganan sedikit saja bisa pecah. Namun jangan khawatir, percayakan pengiriman produk bisnis kaca kamu kepada Shipper! Kami bekerja sama dengan belasan penyedia jasa logistik profesional yang selalu mengutamakan keamanan paket. Shipper memungkinkan kamu untuk melakukan cek ongkir berbagai jasa ekspedisi melalui website ataupun aplikasi Shipper. Hanya dengan 1 klik, Shipper akan memberikan rekomendasi ongkir penyedia jasa ekspedisi dan kamu bebas memilih sesuai dengan kebutuhan. Kunjungi websitenya di shipper.id untuk info lebih lanjut!

Baca Juga : Begini Cara Kirim Barang Pecah Belah Agar Tidak Rusak