7 Tips Fotografi Produk yang Bagus dan Aesthetic

0
269
fotografi produk

Daftar Isi
1. 7 Tips Fotografi yang Bagus dan Aesthetic
2. Aplikasi-Aplikasi untuk Mengedit Foto
3. Cara Mengedit Foto Produk dengan Aplikasi Snapseed
4. Aplikasi HP untuk Foto Produk Katalog
5. Cara Mengedit Foto Produk dengan HP
6. Tips Foto Produk yang Minimalis untuk Pebisnis
7. Tips & Trik Fotografi yang Low Budget
8. Inspirasi Fotografi Produk Fashion
9. Inspirasi Fotografi Produk Makanan
10. Cara Buat Studio Mini, Sederhana dan Fungsional
11. Ide DIY Properti Simple buat Foto Produk lebih Menarik
12. Kesalahan Fatal yang Perlu Dihindari Saat Foto Produk

Foto produk sangat penting khususnya dalam jualan online. Foto produk yang bagus dan aesthetic dapat mendorong konsumen untuk membeli produk yang Sobat Shipper jual di toko online. Sobat Shipper perlu tahu tips fotografi untuk menghasilkan foto produk yang menarik dan keren!

Foto produk adalah bagian penting dalam hal pemasaran dan promosi khususnya untuk online seller. Foto produk tersebut nantinya akan Sobat Shipper tampilkan di banyak media online untuk memikat calon pelanggan. Misalnya, di marketplace, website, online shop, media sosial, grup atau forum online dan sebagainya.

Jangan khawatir, membuat foto produk yang aesthetic tidak harus pakai kamera mahal, Sobat Shipper tetap bisa menghasilkan foto yang bagus dengan trik fotografi smartphone. Yuk, baca artikel ini untuk tahu cara foto aesthetic yang bisa meningkatkan penjualan di toko online

1. Pencahayaan

Memperhatikan pencahayaan merupakan hal penting ketika Sobat Shipper ingin mengambil foto produk yang aesthetic. Sebaiknya tidak menggunakan lampu flash untuk hasil foto yang natural, pilihlah tempat foto yang mendapat pencahayaan dari lampu atau matahari yang cukup.

Cahaya matahari yang bagus untuk memotret adalah pagi, siang dan sore hari. Cahaya matahari di pagi dan menjelang sore hari memberikan efek warna yang lembut dan hangat. Sedangkan cahaya matahari di siang hari cocok untuk menghasilkan foto dengan warna yang lebih tajam dan terang.

2. Cara Memegang Kamera

Tips fotografi yang sering diabaikan adalah bagaimana cara memegang kamera yang tepat. Sobat Shipper cara memegang kamera akan menghasilkan kualitas foto yang berbeda. Sobat Shipper perlu tahu, sisi produk bagian mana yang ingin ditonjolkan. Pilihlah sisi produk yang sekiranya dapat menarik perhatian pelanggan.

Tentukan jenis foto produk yang ingin dihasilkan untuk menentukan cara memegang kamera yang tepat. Apakah Sobat Shipper ingin menghasilkan foto landscape atau menggunakan teknik fotografi potret?

Pastikan kamera dipegang dengan stabil agar menghasilkan foto yang tidak blur. Jika perlu Sobat Shipper bisa menggunakan alat bantu seperti tripod. Arahkan kamera ke objek foto dengan presisi agar menghasilkan foto yang terlihat natural.

3. Angle Foto yang Bagus

Tips fotografi untuk mendapatkan angle foto yang bagus sebenarnya tidak sulit, Sobat Shipper perlu tahu apa saja angle foto dalam teknik fotografi.

a. Eye Level

Eye angle adalah sudut fotografi normal dan paling banyak dipakai. Caranya dengan membidikan kamera secara sejajar pada objek yang akan difoto. Hasil foto tidak akan jauh berbeda dengan apa yang dilihat dengan mata.

b. Low Angle

Low angle dapat digunakan dalam teknik fotografi HP atau kamera. Caranya dengan mengatur posisi kamera agar lebih rendah dari objek fotonya. Pengambilan sudut foto dilakukan dari bawah ke atas sehingga menghasilkan foto di mana objek terlihat dominan dan lebih elegan.

c. High Angle

Cara foto aesthetic menggunakan teknik high angle bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil foto terfokus. Tips fotografi ini dilakukan dengan meletakan kamera lebih tinggi dari objek. Pengambilan foto dilakukan dari atas objek tersebut. Teknik ini cocok untuk mengambil foto landscape.

4. Bingkai Alami Foto

Kita tahu fungsi bingkai dalam foto adalah membuat objek lebih fokus sekaligus mempercantik dekorasi foto. Untuk membuat foto produk Sobat Shipper dapat menggunakan bingkai alami berupa objek lain selain produk tersebut.

Bingkai alami tersebut bisa berupa banyak benda seperti jendela, pintu, ranting pohon, tali dan sebagainya. Cocokkan bingkai alami dengan jenis produk dan konsep foto Sobat Shipper, ya. Bingkai foto alami akan membuat foto produk terlihat lebih unik dan tidak sepi

5. Konsep Foto

Tips fotografi untuk menghasilkan foto produk yang aesthetic perlu konsep foto yang tepat. Konsep foto tersebut harus disesuaikan dengan image brand atau produk yang Sobat Shipper jual. Contohnya, untuk produk skincare maka konsep foto minimalis yang clean dan natural cocok dengan image produk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

Konsep foto bisa mengarah pada pilihan warna foto agar serasi, properti foto yang digunakan, model foto dan sebagainya. Konsep foto yang unik dan konsisten juga bisa membuat foto produk punya karakter yang kuat. Ketika foto produk di upload di media sosial akan menghasilkan feed Instagram yang cantik dan serasi.

6. Properti dan Latar Foto

Tips fotografi berikutnya adalah menggunakan properti foto dengan tepat. Properti foto jangan berlebihan ya Sobat Shipper. Penggunaan properti foto bertujuan untuk memperindah foto produk tapi tetap menonjolkan produk tersebut. Properti foto yang berlebihan bisa mengalihkan fokus pelanggan jadi tidak fokus ke produk yang Sobat Shipper jual.

Properti foto disesuaikan dengan tema atau konsep foto. Jenis properti foto yang dapat Sobat Shipper gunakan di antaranya adalah bunga kering, kain, cermin, tanaman mini seperti kaktus, lampu-lampu kecil dan lain-lain.

Selain bermain dengan properti foto, Sobat Shipper juga bisa bermain dengan latar belakang foto yang bagus. Latar foto yang tepat akan menghasilkan foto yang aesthetic. Tips agar foto produk lebih hidup yaitu menggunakan latar foto yang beragam. Bawalah produk Sobat Shipper ketika pergi traveling atau jalan-jalan, jika menemukan spot unik bisa dijadikan latar foto produk.

7. Model Foto

Model foto penting untuk menarik minat calon pembeli, khususnya untuk produk fashion, aksesories, produk kecantikan dan kuliner. Model akan membuat foto produk lebih hidup dan tidak monoton. Contohnya, jika membuat foto produk makanan dengan model yang sedang memakannya akan lebih menggugah selera calon pelanggan daripada hanya foto produknya saja.

Memilih model foto yang sesuai dengan image produk yang ditawarkan pun penting. Misalnya untuk produk fashion, Sobat Shipper perlu tahu siapa target marketnya. Jika produk fashion tersebut untuk kalangan milenials sebaiknya menggunakan model yang usianya setara. Hal ini supaya pesan dari produk tersebut bisa sampai ke audiens dengan baik.

Sobat Shipper sudah siap mencoba tips fotografi yang bagus dan aesthetic ini untuk menghasilkan foto produk yang keren? Ya, ternyata tidak sulit, bukan? Sobat Shipper bisa mencari referensi foto-foto keren dari internet dan mencoba konsep foto tersebut ke foto produk Sobat Shipper.

Ketika jualan online Sobat Shipper makin laris karena foto produk yang keren jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan pelanggan yang baik, ya. Percayakan kebutuhan pengiriman barang jualan Sobat Shipper kepada layanan ekspedisi yang terpercaya dan harganya kompetitif. Yuk, bekerja sama dengan Shipper untuk pengiriman produk yang aman sampai tangan pelanggan! Untuk info lanjut kunjungi websitenya di shipper.id