Ini Tips Foto Produk Low Budget tapi Tetap Terlihat Mewah

0
201
foto produk low budget

Daftar Isi
1. 7 Tips Fotografi yang Bagus dan Aesthetic
2. Aplikasi-Aplikasi untuk Mengedit Foto
3. Cara Mengedit Foto Produk dengan Aplikasi Snapseed
4. Aplikasi HP untuk Foto Produk Katalog
5. Cara Mengedit Foto Produk dengan HP
6. Tips Foto Produk yang Minimalis untuk Pebisnis
7. Tips & Trik Fotografi yang Low Budget
8. Inspirasi Fotografi Produk Fashion
9. Inspirasi Fotografi Produk Makanan
10. Cara Buat Studio Mini, Sederhana dan Fungsional
11. Ide DIY Properti Simple buat Foto Produk lebih Menarik
12. Kesalahan Fatal yang Perlu Dihindari Saat Foto Produk

Permasalahan yang kerap kali dialami oleh para pembisnis muda. Budget terbatas tapi ingin mendapatkannya semaksimal mungkin. Salah satu yang menjadi faktor penentu sebuah bisnis berkembang atau tidak adalah visual dan cara marketingnya. Visual yang bagus tentunya bisa menarik banyak konsumen. Apalagi ditambah dengan marketing yang berjalan lancar, pasti bisnis itu bisa berkembang dengan baik.

Budged menjadi hal yang krusial dalam setiap bisnis. Karena setiap pembisnis pasti menginginkan hal yang sama. Yaitu mendapat keuntungan yang sebanyak-banyaknya dengan menekan biaya keluar serendah mungkin. Oleh karena itu, jika memungkinkan untuk mendapatkan sesuatu berkualitas tinggi dengan low budget kenapa tidak?

Marketing bisa dipelajari, namun bagaimana dengan masalah low budget ini yang mempengaruhi visualisasi produk yang akan Sobat Shipper jual nanti? Eits, kata siapa low budget tidak bisa terlihat mahal? Ini hanya masalah teknik cara foto produk yang baik, serta edit foto produk yang benar pula. Ini dia, tips dan trik untuk mendapatkan foto berkualitas tinggi walaupun low budget :

1. Tak Punya Kamera Canggih, Tak masalah!

Kamera sering sekali menjadi permasalahan yang Sobat Shipper pikirkan, padahal letak permasalahnnya bukan disitu loh. Kamera untuk foto produk tidak perlu yang mahal loh, yang penting teknik foto yang digunakan benar dan tepat.

Tak masalah tidak punya kamera yang canggih, kalian bisa menggunakan teknik fotografi produk dengan smartphone! Tak perlu berkecil hati karena hanya bermodalkan smarphone, kalian bisa mendapatkan foto yang baik dengan bantuan editan nantinya. Penting untuk memastikan resolusi foto Sobat Shipper sudah maksimal, walaupun menggunkan smartphone saja.

2. Cahaya adalah hal yang penting

Cahaya lagi-lagi menjadi hal yang utama untuk diperhatikan dalam semua fotografi. Karena pencahayaan yang baik akan memberikan kesan yang berbeda juga. Pencahayaan gelap pada foto produk hanya akan membuat produk kelihatan kusam dan suram. Cara memfoto produk yang baik adalah dengan melihat sumber cahaya terlebih dahulu.

Sobat Shipper bisa menggunakan sumber cahaya alami, yaitu matahari. Bisa melakukan pemotretan di luar rumah atau didekat jendela. Namun alangkah lebih baik jika kalian menggunakan sumber cahaya tambahan. Bisa menggunakan flashlight smartphone, atau mungkin lampu emergency. Gunakan saja sumber cahaya yang ada.

Selain cahaya, bayangan juga ternyata penting untuk diperhatikan. Bayangan akan bagus di sudut-sudut tertentu saja, jangan sampai menutupi produk yang akan kalian foto nanti.

3. Pilih Latar Foto yang Sesuai

Foto studio? Mahal sekali! Untuk Sobat Shipper yang ingin menekan biaya serendah mungkin, lebih baik gunakan latar foto seadanya saja. Seadanya disini bukan berarti terlalu apa adanya ya. Kalian juga harus menata dan memilih latar yang cocok dengan produk yang akan difoto nanti.

a. Foto di Mini Studio

Tak perlu ruangan besar untuk produk kecil, mungkin Sobat Shipper bisa menyiapkan sebuah mini studio dengan dus besar dengan kertas berwarna sehingga latarnya bisa berganti-ganti. Tapi alangkah baiknya jika Sobat Shipper menyiapkan beberapa peralatan tambahan, seperti lightning dan juga beberapa aksesoris sehingga produk bisa dipotret dengan maksimal.

b. Foto dengan Latar Polos

Jika produk yang akan dijual cukup besar, cukup gunakan latar dengan warna yang polos, bisa menggunakan kertas hvs putih atau hvs berwarna sekalipun. Cocokan dengan produknya saja, yang jelas harus bsa menonjolkan produkmu.

c. Sesuaikan Latar dengan Produk

Gunakan latar yang sesuai dengan produkmu. Mungkin jika makanan, gunakan meja makan atau dapur. Jika produknya barang, gunakan meja kayu atau mungkin lantai dengan latar polos. Latar seperti ini tentunya tidak akan menghabiskan banyak dana Sobat Shipper bukan. Untuk tetap terlihat mahal, jangan lupa gunakan beberapa aksesoris yang mendukung fotonya ya.

4. Coba Potret dari Berbagai Sudut

Ada berbagai cara foto produk. Supaya hasilnya maksimal dan tidak melakukan pengulangan, maka pastikan Sobat Shipper memotret produk dalam satu latar yang sama dari berbagai sudut. Untuk apa? Ini dilakukan untuk mendapatkan banyak variasi atau pilihan. Semakin banyak pilihan, maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan foto terbaik.

Sudut menentukan estetika sebuah produk, mungkin saja dari sudut kiri produknya tidak menonjol tapi dari sudut atas produknya dapat terlihat lebih indah. Nah, itulah fungsi memotret dari berbagai sudut.

Selain itu, memotret satu objek di background yang sama ternyata bisa menghemat waktu pemotretan juga. Ini dia berbagai sudut yang bisa kalian coba dalam fotografi produk dengan smartphone :

a. Sudut Tinggi

Sudut ini bisa didapat dengan memotret diatas mata, yang akan menghasilkan gambar yang lebih luas ke latar belakang dan akan muncul efek tegas didalamnya. Gambarnya terkesan mendeskripsikan sesuatu.

b. Sudut Sejajar dengan Mata

Ini akan menampilkan foto dengan kejujuran, karena selevel dengan mata artinya menangkap apa yang dilihat oleh mata. Tapi masalahnya, foto akan terkesan monoton jika diambil dari sudut ini. Lebih terkesan stabil dan kaku.

c. Sudut Rendah

Melalui sudut ini, foto akan ada di sudut yang berbeda dari biasanya. Hasilnya lebih bagus dan menawan jika produknya sesuai dengan sudut ini. Pada pengambilan gambar dengan sudut lebih rendah ini bisa membuat foto lebih intens dan fokus arahnya kemana. Bisanya orang-orang menggunakan sudut ini karena lebih menarik di mata. Tapi sudut ini juga harus dikombinasikan arahnya ke kanan atau kiri sehingga hasilnya maksimal.

5. Percantik dengan Editing, bukan Merubah!

Ingat, mengedit foto itu bukan menipu, hanya mempercantik gambarnya saja. Jika keempat trik tadi sudah dilakukan tapi ternyata hasilnya masih kurang memuaskan, maka sobat Shipper bisa mengedit foto tersebut menjadi lebih indah.

Sudah banyak aplikasi edit foto yang bisa ditemukan di laptop juga smartphone kalian. Sobat Shipper bisa memilih fitur apa yang dibutuhkan untuk mempercantik foto produknya. Mungkin dari segi warnya kurang terang, atau mungkin beberapa bagian harus dipotong sehingga fokusnya hanya pada produk kalian saja?

Kalian bisa menemukan banyak aplikasi edit foto yang bisa mempercantik foto dengan mudahnya. Tapi ingat, jangan terlalu merubah foto karena bisa saja foto kalian menipu para konsumen. Buat senatural mungkin sehingga konsumen juga tidak kecewa ketika barangnya sudah sampai di tangan mereka.

Sobat Shipper masih berkecil hati foto produk pakai smartphone saja? Sudah, jangan berkecil hati dan ikuti tips dan trik yang sudah dijabarkan. Pasti hasilnya bisa semewah ketika menyewa jasa foto produk kalau Sobat Shipper bisa menerapkannya dengan tepat. Selain foto produk low budget, tentunya pengiriman juga harus low budget tapi berkualitas, kamu bisa pakai jasa Shipper! Karena Shipper menyediakan jasa pengiriman sesuai dengan budget kalian para pembisnis yang sedang menekan biaya loh. Cari info lebih lanjutnya di shipper.id!