Jangan Sampai Terabaikan, Branding dan Promosi Itu Penting, Lho!

0
535
promosi dropshipper

Sobat Shipper, Pada artikel kali ini mari kita telisik hal yang seringkali terabaikan oleh para dropshipper. Eits, bukan hanya dropshipper… Pelaku usaha layaknya reseller pun juga sering mengabaikan hal ini, lho. Yup, apalagi kalau bukan branding dan promosi. Terkadang… dengan segala kemudahan yang ditawarkan pada bisnis dropship maupun reseller membuat sebagian dropshipper abai terhadap promosi penjualan. 

“Sudah berbulan-bulan jualan kok belum pernah closingan? Ya sudah deh nggak usah dilanjut aja.” Ucap si Fulan, seorang dropshipper yang tengah putus asa akibat tidak pernah larisnya produk yang ia jual, padahal mempromosikan produk saja masih belum gencar dan seringkali terabaikan.

Nah, maka dari itu, mari kita bahas tindak promosi dan branding pada dropship maupun reseller yang sering terabaikan agar Sobat Shipper dapat menjadi dropshipper ataupun reseller bijak.

1. Apa yang Dimaksud Branding dan Promosi

Sobat Shipper… Ada baiknya, sebelum kita menelisik lebih jauh tentang branding dan promosi baik pada dropship maupun reseller, karena bisnis reseller dropship terpercaya mempunyai tindak branding dan promosi yang terpercaya pula, mari kita berkenalan dan mencari tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan branding dan apa yang dimaksud dengan promosi. 

Menurut Kotler (2009) yang diartikan sebagai Branding sendiri merupakan hal yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi pelaku usaha yang memiliki barang maupun jasa tertentu, yang bertujuan sebagai pembeda terhadap barang atau jasa milik kompetitor. Hal yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang maupun jasa milik pelaku usaha  antara lain dapat berupa nama, simbol, istilah, maupun logo milik pelaku usaha itu sendiri.

Lalu berikutnya yang dimaksud sebagai promosi adalah kegiatan yang bertujuan untuk dapat meningkatkan perkembangan terhadap berbagai hal, terutama  terhadap produk milik sang pelaku usaha.

Nah, Sobat Shipper itu dia definisi dari branding dan promosi. Selanjutnya mari kita telisik lagi keterkaitan kuat antara branding dan promosi, baik bagi para dropshipper maupun reseller.

2. Benang Merah Antara Branding dan Promosi

Sedari tadi kita selalu menyebut branding dan promosi secara berbarengan dan berdampingan. Kalau ada kata branding pasti ada kata promosi, begitupun sebaliknya. Memang apa sih sebenarnya benang merah antara branding dan promosi ini? Apa yang membuat mereka dapat menciptakan keterkaitan kuat dan tampak selalu berdampingan.

Jadi Sob, dari definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa branding merupakan identitas yang ada pada bisnis milik pelaku usaha tertentu, entah dia dropshipper, reseller, maupun pelaku usaha lainnya. Sedangkan, promosi adalah tindakan yang dapat membuat produk milik pelaku usaha mengalami peningkatan ataupun perkembangan saat dipasarkan. Nah, dari sini saja kita dapat melakukan penilaian, bahwa tidak mungkin suatu 

3. Seberapa Penting Branding dan Promosi dilakukan

Oke Sobat Shipper, jika sebelumnya kita telah meninjau pengertian dan mencari tahu benang merah antara branding juga promosi, mari kita cari tahu seberapa penting tindak branding dan promosi itu dilakukan? Dan apakah dapat berpengaruh besar terhadap bisnis dropship maupun reseller yang tengah Sobat Shipper jalankan? Jawabannya adalah tentu sangat penting ya.

Coba Sobat Shipper bayangkan, ketika Sobat Shipper mempunyai usaha lalu ingin mengembangkan usaha tersebut, tapi branding saja belum terpikirkan, apalagi melakukan berbagai persiapan matang tentang berbagai promosi. Menjadi dropshipper itu dapat dikatakan mudah kok, maka dari itu perlu Sobat Shipper ingat, untuk jangan sampai melupakan identitas dari bisnis itu sendiri. Begitupun dengan reseller, jangan sampai pula seorang reseller melupakan identitas dari bisnisnya sendiri.

Dengan memiliki branding dan tindak promosi yang baik, pembeli pun akan menaruh kepercayaan besar pada Sobat Shipper, dan dapat dengan mudah mengenali toko maupun produk dari promosi online yang Sobat Shipper lakukan. Maka dari itu, jelas sudah seberapa penting branding dan promosi ini dibentuk ya.

4. Berbagai Bentuk dan Platform Baik dalam Branding Maupun Promosi

Sebenarnya apa saja sih contoh bentuk branding dan promosi? Dan platform apa saja yang sekiranya cocok untuk diterapkan bentuk branding dan promosi di dalamnya? Oke Sobat Shipper bagian ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Oleh karena itu, mari simak penjelasan pada poin berikut.

a. Bentuk-bentuk Branding dan Promosi

Mari kita mulai dari bentuk branding terlebih dahulu. Apa saja ya bentuk-bentuk branding? Yup, sebenarnya ini telah kita singgung sebelumnya. Bahwa bentuk dari branding sendiri antara lain dapat meliputi nama, logo, maupun simbol. 

Sementara, untuk promosi sendiri dapat berbentuk pengiklanan di berbagai platform, pengiklanan ini meliputi pengenalan nama, logo, simbol, maupun produk yang dimiliki oleh pelaku usaha itu sendiri, baik itu dropshipper, reseller, maupun berbagai pelaku usaha lainnya.

b. Platform Branding dan Promosi

Platform branding maupun promosi ini dapat berupa banyak hal. Antara lain, untuk branding sendiri dapat mulai dibuat di berbagai platform, misalnya untuk membuat logo, dapat mulai dibuat pada berbagai platform layaknya aplikasi editor foto, seperti Canva dan PicsArt, perangkat software pada laptop, maupun melalui jasa profesional.

Selanjutnya untuk tindak promosi sendiri, dapat diberlakukan di berbagai platform, mulai dari media sosial layaknya Facebook, TikTok, Instagram, dan lain sebagainya. Berbagai fitur yang ada pada media sosial tersebut amat memudahkan para pelaku usaha melakukan promosi online. Misalnya, fitur snapgram pada Instagram, video singkat pada TikTok, dan lain sebagainya.

c. Mengenal Optimasi, Tindakan yang Membantu Promosi dan Branding

Pernah mendengar apa itu optimasi? Optimasi sendiri adalah bentuk kegiatan yang sifatnya berproses, yang mana kegiatan ini ditujukan untuk mencapai nilai optimal terhadap suatu usaha. Kegiatan optimasi ini dapat membantu tindakan promosi dan branding mu lho, Sob.

Bentuk kegiatan optimasi ini antara lain Sobat Shipper dapat mengikuti berbagai webinar maupun workshop kewirausahaan. Tak hanya itu, masuk dalam berbagai komunitas optimasi yang tersedia di berbagai platform juga dapat mengoptimalkan bisnis Sobat Shipper.

d. Website Sebagai Media Branding dan Promosi

Tahukah Sobat Shipper bahwa website sendiri bisa menjadi media branding yang baik, yang mana didalamnya Sobat Shipper dapat menyertakan profil usaha, produk yang dijajakan, sampai customer service yang dapat dihubungi, dan hal tersebut tentu amat memudahkan calon pelanggan saat hendak mengetahui lebih lanjut bentuk usaha Sobat Shipper. Tak hanya itu, dengan adanya website pun tindak promosi dapat dilakukan dengan praktis dan mudah.

Sobat Shipper dapat melakukan pembuatan website dengan bantuan profesional, atau jika dirasa memberatkan, Sobat Shipper dapat mengganti website dengan versi yang lebih ringan layaknya landing page atau wordpress.

Nah, Sobat Shipper itu dia serba-serbi mengenai pentingnya promosi dan branding. Selain itu, jangan lupa ya untuk mempercayakan Shipper sebagai jasa ekspedisi andalan Sobat Shipper. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!