Ingin Mencoba Bisnis Digital? Simak Tipsnya Dulu, Yuk!

0
26
peluang bisnis digital

Memiliki dan mengembangkan bisnis digital menghasilkan banyak manfaat untuk seorang wirausahawan, salah satunya adalah kebebasan untuk menghasilkan uang dari mana saja di dunia. Walaupun begitu, banyak orang tidak tahu harus mulai dari mana. Langkah terpenting untuk memulai bisnis digital yang menguntungkan adalah mengetahui keadaan perekonomian dan menemukan peluang usaha digital yang sesuai dengan keahlian dan kekuatan Sobat Shipper. 

Entah Sobat Shipper ingin menjadi wirausahawan penuh waktu atau hanya memulai bisnis paruh waktu untuk penghasilan pasif, produk atau jasa yang Sobat Shipper tawarkan harus memenuhi kebutuhan pelanggan tertentu. Suatu bisnis digital menghasilkan keuntungan besar, dengan modal awal yang kecil, kalau Sobat Shipper mengetahui apa yang harus dilakukan. 

Nah, inilah beberapa hal yang bisa menjadi titik awal Sobat Shipper untuk mencari peluang usaha digital.

1. Apa Itu Bisnis Digital

Pengertian bisnis digital adalah kegiatan usaha yang menggunakan teknologi untuk menciptakan nilai baru dalam model bisnis, pengalaman pelanggan, dan kemampuan operasional internal. 

Di zaman serba digital ini, banyak orang menghabiskan waktu dan uang mereka di internet, sehingga mengalihkan banyak kegiatan ekonomi konvensional ke internet. Pertumbuhan ekonomi digital ini mendorong perusahaan untuk mencari keunggulan kompetitif baru di lingkungan digital.

Bisnis digital menghasilkan perekonomian kompetitif yang merupakan kombinasi unik dari sumber daya digital dan fisik. 

2. Elemen Umum Bisnis Digital

Menurut beberapa pakar industri, bisnis digital menghasilkan rantai ekonomi yang baru dan peluang usaha digital yang tidak bisa ditawarkan oleh bisnis tradisional. 

Sebagian besar bisnis digital berfokus pada penciptaan nilai baru di luar pasar fisik atau menggunakan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan dan kinerja dengan cara yang tidak mungkin dilakukan dengan model tradisional.

Ini adalah beberapa elemen yang membedakan bisnis digital dari bisnis tradisional;

  1. Menggunakan teknologi yang ada untuk memangkas biaya, mengumpulkan data, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Bisnis digital berpusat pada keunggulan kompetitif yang diperoleh dari teknologi.
  2. Merangkul konsep transformasi digital dan pergeseran budaya yang sedang berlangsung saat ini. Implementasi dan pengelolaan operasi digital memerlukan perubahan organisasi, terutama karena peran baru yang diperlukan dan IT yang memiliki peran yang jauh lebih besar daripada sekedar memperbaiki komputer yang rusak.
  3. Mencoba model bisnis baru yang menempatkan pengalaman pelanggan sebagai pusat strategi digital. Model bisnis yang berfokus pada kepuasan pelanggan pada akhirnya akan berpusat pada layanan digital karena jauh lebih mudah dan nyaman untuk pelanggan dan perusahaan.

3. Peluang Usaha Digital

Untuk menggambarkan besarnya peluang usaha digital, pertimbangkan bahwa pada tahun 2009, ada 0,9 miliar produk yang menggunakan desain Internet of Things (IoT), yang berarti berbagai jenis barang memiliki kemampuan untuk terhubung ke internet. Contohnya adalah aplikasi smartphone yang secara otomatis melacak tingkat aktivitas seseorang dan menganalisis data orang tersebut. 

Dalam beberapa dekade ke depan, sebagian besar pekerjaan yang berpusat pada pelanggan akan digantikan oleh teknologi, jadi menyiapkan bisnis dan membangun aliran pendapatan secara digital adalah rencana yang harus Sobat Shipper pertimbangkan.

Fenomena ini membuat kehidupan manusia modern sangat terikat dengan teknologi digital. Dan hal ini tentu saja membuka pintu peluang untuk Sobat Shipper memulai bisnis digital dengan pasar yang luas.

Nah, bisnis digital menghasilkan banyak peluang untuk sebuah usaha, tapi Sobat Shipper juga harus tahu bagaimana cara memanfaatkan peluang tersebut.

Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id