Agar Tidak Tertipu, Begini Tips Belanja Online yang Aman

0
61
tips belanja online aman
Young shopper woman shopping on website using laptop. Fashion woman model paying with credit card for online shopping on notebook. On-line payments concept. Close-up. Back view. Focus on screen

Setiap harinya bisnis online pun bermunculan di Indonesia, terlebih lagi selama masa pandemi COVID-19. Selain itu, perkembangan teknologi internet di Indonesia pun mendukung keberadaannya belanja online atau e-commerce. Pada masa seperti ini, meskipun melakukan belanja online kamu harus tetap berhati-hati.

Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu reputasi dari si toko terlebih dahulu. Nah, agar semakin nyaman berikut ini ada tips belanja online yang sebaiknya dilakukan. 

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Tak menutup kemungkinan, dengan kondisi yang sedang tidak stabil karena adanya pandemi COVID-19 di Indonesia ada beberapa pebisnis online yang sering menipu para calon pembelinya. Agar tidak terjadi kepadamu, sebaiknya periksa terlebih dahulu akun jualannya serta nomor telepon si penjual. Kini, untuk mengetahui nomor seseorang sudah gampang untuk dilakukan, kamu bisa dengan mudah mencari tahu melalui internet maupun aplikasi melalui smartphone kamu.

Baca Deskripsi dengan Teliti

Tips belanja online lainnya yang perlu dilakukan yakni baca deskripsi terlebih dahulu. Jangan sampai kamu salah dan barang yang dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi. Sobat Shipper, kamu harus tetap waspada dengan barang-barang dengan merek terkenal namun harganya sangat murah, bisa jadi itu barang palsu. 

Jangan Mudah Tergoda Barang Diskon

Hal ketiga ini kebanyakan dilakukan oleh para wanita. Ketika sedang melakukan belanja online, para wanita tentu akan langsung tergiur dengan tawaran harga yang murah. Tak hanya itu saja, biasanya juga banyak yang mengirimkan e-mail maupun sms langsung ke kamu dengan mengirimkan link yang meminta kamu untuk memasukan username maupun password. Agar lebih nyaman, sebaiknya kamu langsung menggunakan aplikasi belanja online yang sudah terpercaya, ya.

Pastikan Situs yang Kamu Kunjungi Aman

Hal ini sangat mudah untuk diketahui. Jika kamu sedang membuka situs yang akan dijadikan tempat belanja nanti, pastikan di status bar browser mu memiliki gambar gembok sebelum memasukan data pribadi kamu. Selain itu, perhatikan juga alamat situs yang sudah terlindungi akan berawalan dari ‘https’ bukan ‘http’. 

Baca Juga: Cara Mudah Cek Ongkir yang Bisa Kamu Lakukan di Mana Saja

Cara Pembayaran yang Aman

Tak bisa dipungkiri, ada beberapa penjual online yang suka ‘nakal’ dalam masalah pembayaran. Sebaiknya hindari untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit jika berbelanja di situs yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Sebaliknya, jika kamu berbelanja melalui e-commerce yang sudah terpercaya, kamu bisa langsung membayar melalui aplikasi itu sendiri. Sobat Shipper, pastikan si penjual tidak meminta kamu untuk langsung mengirimkan uang ke rekening pribadinya. 

Gimana Sobat Shipper, kini kamu sudah tahu dong apa saja yang harus dilakukan jika ingin melakukan belanja online. Selain itu, sebaiknya pilihlah e-commerce maupun online seller di sosial media yang sudah terpercaya dan memiliki review yang bagus dari para pembeli sebelum-sebelumnya. 

Agar belanja kamu semakin aman, tentu harus memilih pengiriman yang terpercaya juga. Salah satu yang bisa kamu jadikan pilihan yakni Shipper. Memberikan jasa ekspedisi terbaik dan kamu bisa menentukan ongkos kirim sendiri sesuai dengan bujet mu. Selain itu, Shipper juga memiliki layanan customer service supportive 24 jam dengan tambahan fitur tracking untuk melacak keberadaan paketmu secara online dan akurat, lho.