3 Tahapan Enterpreneurship Saat Membangun Bisnis Waralaba yang Perlu Diketahui

0
37

Ada beberapa tahapan entrepreneurship yang harus kamu lalui sebelum terjun langsung dalam dunia bisnis. Pertama, mencari ide bisnis mau bergerak dalam bidang apa jasa atau produk. Selanjutnya, menentukan apakah menggunakan brand sendiri atau waralaba. Keduanya, mempunyai kelebihan dan kelemahan.

Hanya saja, bagi Sobat Shipper yang tidak terlalu punya modal cukup besar dan waktu untuk mengurus bisnis ini. Lebih baik menggunakan franchise. Menurut pengertiannya Waralaba adalah hak yang diberikan oleh sebuah perusahaan dalam menjual dan menjalankannya sesuai dengan ciri khas merek dagang.

Hanya saja, ada kesepakatan di antara kedua belah pihak tersebut tentang kebijakan produk sampai penghasilannya. Kemudahan ini dimanfaatkan oleh sebagian orang yang ingin menjadi pengusaha. Tetapi, untuk menentukannya harus disertai riset terlebih dulu. Agar tidak tertipu atau dimanfaatkan oleh pihak lain.

Dalam pencarian ide ini, usahakan sesuai dengan passion. Hal ini akan diuntungkan saat menjalankannya nanti. Karena, setiap pelanggan mempunyai karakter dan sifat berbeda. Setelah berhasil mencari ide, kamu akan masuk ke tahapan entrepreneurship. Apa saja? Simak ulasan berikut sampai selesai ya!

1. Mulai Menjalankan Usaha

Tahapan selanjutnya adalah mulai menjalankan usaha tersebut. Sebelum menjalankannya, usahakan mempersiapkan segala kebutuhan. Memperhitungkan secara detail, bahkan siapkan dana cadangan. Karena, dalam memulai usaha tersebut pasti tidak akan langsung terjual banyak. Pasti akan bertahap dan prosesnya cukup lama.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya dalam menjalankan usaha ini melakukan riset kecil. Walaupun, dalam waralaba adalah semua sudah dijalankan oleh pihak perusahaan. Namun, tidak ada salahnya memberikan masukan. Karena, karakter pelanggan setiap wilayah itu berbeda. Jadi, tingkat penjualannya perlu cara berbeda juga.

Contoh singkatnya seperti ini, kamu membuka bisnis franchise makanan di mana dominan rasanya adalah asin. Sementara, seluruh penduduk di wilayah tersebut lebih suka makanan manis. Kamu bisa memberikan saran kepada perusahaan agar menambahkan menu dengan cita rasa manis, atau tingkat asinnya dikurangi.

2. Tetap Bertahan dan Meningkatkan Keuntungan

Tahapan entrepreneurship selanjutnya adalah mempertahankan usaha tersebut serta mencoba meningkatkan keuntungan. Salah satu cara agar tetap bertahan adalah meningkatkan penjualan. Hanya saja, perlu berbagai macam trik serta promosi. Dalam bisnis franchise promosi ini sudah dilakukan. Jadi, tugas kamu adalah meningkatkan pelayanan.

Tidak perlu terlalu mewah sehingga, mengeluarkan modal banyak. Tambahkan saja, kursi untuk menunggu produk diproses. Atau berikan camilan gratis, bisa juga bersikap ramah dan santun dengan mengucapkan terima kasih saat diberi. Serta meminta maaf bila melakukan kesalahan. Usahakan untuk tetap tersenyum kepada semua pelanggan. 

Jangan pernah marah atau membentak mereka, lebih baik mengalah. Sikap ini memang tampak sederhana tetapi, akan berkesan di hati para pelanggan. Coba saja bayangkan, bila kamu membeli sesuatu tetapi penjualnya kurang ramah dan cenderung ketus. Pasti Sobat Shipper tidak mau membelinya lagi.

Baca Juga : Cara Cek Pengiriman Barang Murah Melalui Website Bea Cukai

3. Mengembangkan Usaha Agar Lebih Maju

Tahapan entrepreneurship selanjutnya adalah mengembangkannya. Caranya cukup mudah karena, bisnis waralaba lebih baik mencari usaha. Contohnya, saat kamu memilih jenis minuman. Untuk mengembangkannya cobalah waralaba lain mungkin, makanan baik berupa camilan atau menu berat. Semakin banyak ragam usaha, sangat baik.

Setidaknya, itulah tahapan yang harus kamu lalui. Untuk mencapainya membutuhkan waktu serta proses belajar. Berbicara dalam mengembangkan usaha, tidak salah juga bila Sobat Shipper mencoba fasilitas kemitraan yang diberikan oleh Jasa Logistik. Usaha seperti ini, sudah menjadi trend.

Salah satu perusahaan Jasa Logistik yang dapat memenuhi kebutuhan kamu adalah Shipper. Shipper adalah salah satu agregator logistik & warehouse di Indonesia yang menyediakan jasa pengiriman barang serta sewa gudang terpercaya.

Memiliki tagline “Bebas Pilih Tanpa Batas” Shipper bisa dijadikan solusi pengiriman barang dan jasa pergudangan yang praktis, aman, dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Info lebih lanjut langsung saja kunjungi website https://shipper.id/. Shipper bisa menjadi solusi bisnis waralaba untuk kamu yang punya jiwa entrepreneurship. Untuk memudahkan pengiriman, kamu sudah bisa mengunduh aplikasi Shipper di Google Play dari smartphone kesayangan kamu.