Ketahui 4 Syarat Gudang Yang Baik Dan Harus Terpenuhi

0
114

Apa saja Syarat gudang yang baik dan benar? Sebelum membahas syarat gudang, ada baiknya jika Sobat Shipper menyimak penjelasan mengenai gudang terlebih dahulu. Berikut uraian penjelasannya:

Mengenal Gudang dan Fungsi Pergudangan

Gudang dikenal sebagai tempat penyimpanan. Keberadaannya sendiri dinyatakan sebagai sarana pendukung dari berbagai kegiatan yang ada baik itu kegiatan produksi atau bahkan operasi industri. 

Selain dikenal sebagai tempat untuk menyimpan barang, gudang juga dikenal dengan fungsi lainnya seperti halnya fungsi dalam melindungi bahan baku atau bahkan bahan kemas. 

Proses perlindungan tersebut ditujukan agar bahan-bahan yang disimpan di dalam gudang berada dalam kondisi baik. Tidak terganggu dari perubahan cuaca atau bahkan gangguan binatang dan hal yang membahayakan lainnya. 

Sementara itu, jika dilihat dari sistem pergudangan, terdapat tiga fungsi utama, dimulai dari: 

  1. Fungsi gudang sebagai tempat penyimpanan 
  2. Fungsi gudang sebagai tempat distribusi dan penjagaan kondisi 
  3. Fungsi gudang sebagai tempat pelayanan pelanggan 

Syarat-Syarat Jenis Gudang Yang Baik 

Berikut ini adalah beberapa Syarat gudang yang baik dan tentunya harus dimiliki, di antaranya: 

1. Memiliki prosedur tetap 

Syarat pertama yang harus dimiliki sebuah gudang adalah memiliki prosedur tetap. Prosedur tersebut akan mengatur berbagai macam hal yang ada di dalam gudang. Hal tersebut dibuktikan melalui berbagai macam tata cara atau aturan kerja yang ada. Sebagai contoh, bagian dari prosedur tetap gudang dapat Sobat Shipper lihat melalui tata cara distribusi, kemudian aturan mengenai proses penyimpanan barang dan lainnya. 

2. Kondisi gudang memadai 

Syarat gudang yang baik selanjutnya muncul dari kondisi. Sebagai tempat penyimpanan yang bertujuan untuk melindungi barang di dalamnya tentu keberadaan gudang haruslah memadai. 

Artinya gudang harus hadir dalam kondisi yang luas, sehingga dapat menyimpan barang dalam jumlah banyak. Selain itu, gudang juga wajib memiliki penerangan yang cukup sehingga setiap barang dapat ditemukan dengan mudah. 

Kondisi lainnya yang juga harus diperhatikan dari gudang adalah tingkat kekeringan, suhu, kebersihan dan juga beragam hal lainnya. Dengan memperhatikan kondisi tersebut, tentunya barang yang disimpan pun akan jauh lebih aman. 

3. Memiliki tempat khusus

Beberapa jenis gudang untuk barang tertentu juga diwajibkan memiliki tempat atau area khusus. Seperti halnya tempat yang ditujukan untuk menyimpan barang yang mudah terbakar atau bahkan mudah meledak. Tempat tersebut harus disediakan secara khusus karena keberadaannya dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang yang khusus pula. Selain lebih aman, keberadaan tempat tersebut juga lebih memudahkan Sobat Shipper dalam menemukan barang dengan kondisi khusus itu tadi. 

4. Pembuatan kartu laporan 

Bagian paling akhir dari Syarat gudang yang baik yaitu adanya pembuatan kartu laporan. Kartu laporan adalah jenis kartu yang ditujukan untuk membuat laporan kegiatan di dalam gudang. Karena itulah, pada kartu tersebut umumnya memuat beberapa hal penting, seperti: 

  • Keadaan tempat 
  • Keadaan barang 
  • Lama atau jangka waktu dari proses penyimpanan 
  • Dan informasi penting lainnya

Penggunaan Jasa Gudang yang Telah Memenuhi Syarat 

Untuk Sobat Shipper yang ingin menggunakan jasa gudang yang telah memenuhi syarat, pastikan untuk memilih gudang di layanan jasa Shipping terpercaya. Situs resminya yang dapat Sobat Shipper kunjungi dengan mudah di https://shipper.id/. Sobat Shipper juga bisa menikmati beberapa keuntungan yang ditawarkannya. Seperti akses yang tersedia secara online hingga layanan customer support yang juga tersedia selama 24 jam. Merujuk pada penjelasan Syarat gudang yang baik tentunya Sobat Shipper dapat memastikan penggunaannya dengan lebih bijaksana.