Strategi Promosi Jitu Entrepreneurship Bisnis di Era Digital

0
1069

Entrepreneurship atau kewirausahaan pasti membutuhkan promosi untuk memperkenalkan produk yang dijualnya pada khalayak umum. Semakin banyak orang yang mengetahui kelebihan dan manfaat produk yang kita jual, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan pembeli atau pelanggan. Itulah mengapa promosi bisnis sangat penting untuk kemajuan bisnis. 

Dalam bisnis, pasti kamu mengenal ada banyak metode promosi yang bisa dilakukan dan setiap metode memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Tidak semua metode promosi cocok untuk bisnis yang sedang kamu jalankan. Oleh karena itu, kamu harus memahami metode promosi terlebih dahulu baru memilihnya. 

Apalagi ada perubahan zaman yang membuat teknologi semakin canggih akhir-akhir ini. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan teknologi tersebut untuk menjalankan metode promosi yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi saat ini. Namun, tetap diperlukan strategi jitu melakukan promosi di era digital agar memberikan hasil optimal. 

1. Advertising atau Periklanan

Kamu pasti sudah familiar dengan strategi entrepreneurship satu ini karena memang sering digunakan oleh banyak produsen atau penjual. Strategi sederhana ini mengharuskan kamu membuat iklan sebagai cara paling mudah untuk mempromosikan produk pada target pasar. Pemasangan iklan semakin mudah dengan teknologi yang semakin canggih juga. 

Dulu, memasang iklan biasanya dilakukan di koran, majalah, atau menyebar brosur, tapi kini semuanya berubah. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai media untuk beriklan, misalnya Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan iklan atau promosi berbayar yang ditawarkan beberapa media sosial. 

2. Strategi Promosi

Strategi pemasaran entrepreneurship berikutnya adalah sales promotion yang berguna untuk meningkatkan penjualan dalam jangka waktu pendek. Meski jangka waktunya lebih pendek dari strategi pemasaran lainnya, tapi cara ini terbilang cukup efektif memikat banyak pelanggan. Banyak cara yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kondisi bisnis.

Beberapa bentuk sales promotion yang sering digunakan antara lain memberikan diskon, bonus hadiah, mengadakan perlombaan terkait produk yang ditawarkan dan lain sebagainya. Pastikan kamu memperhitungkan pengeluaran dan manfaat dari strategi pemasaran ini agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai dan mampu memberikan keuntungan. 

3. Strategi Direct Marketing

Strategi promosi satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki budget terbatas untuk pemasaran karena cenderung membutuhkan biaya rendah dibanding lainnya. Prinsip dari strategi ini adalah mempromosikan produk kepada pelanggan secara langsung dan cara ini terbilang cukup efektif, apalagi jika kamu dikenal dengan personality bagus. 

Era digital seperti sekarang ini memudahkan kamu untuk melakukan direct marketing, seperti melalui telepon oleh telemarketing. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan keberadaan email untuk mengirimkan penawaran pada pelanggan yang memasukkan alamat emailnya pada website atau situs toko online yang kamu miliki.

4. Brand Ambassador atau Endorser

Strategi brand ambassador dan endorser memanfaatkan popularitas seseorang untuk menawarkan produk yang dimiliki. Efek sosial media yang sangat besar bisa dimanfaatkan entrepreneurship dalam mengembangkan bisnisnya. Misalnya dengan memilih selebgram atau artis sebagai brand ambassador karena memiliki banyak pengikut di media sosial atau memiliki banyak fans

Jika kamu ingin menggunakan strategi ini, maka kamu harus menyiapkan dana untuk membayar selebgram atau artis tersebut. Semakin banyak pengikut yang dimiliki, biasanya biaya promosi juga semakin besar sehingga kamu harus pintar-pintar memilih tokoh dengan biaya yang sesuai dengan modal atau budget bisnis. 

Kegiatan promosi akan semakin lancar jika kamu bisa memperluas jangkauan pengiriman dan Shipper merupakan solusi terbaik. Jasa pengiriman barang dan jasa pergudangan ini memberikan kebebasan bagi kamu untuk memilih layanan yang dibutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Shipper, kamu bisa langsung cek langsung di www.shipper.id.