Ketahui 3 Jenis Sistem Manajemen Gudang Ini

0
117
sistem manajemen gudang

Untuk Sobat Shipper yang sudah memiliki bisnis berurusan dengan logistik pihak ketiga (3PL), software WMS (Sistem Manajemen Gudang) memainkan peran kunci dalam operasi mereka. Sayangnya, tidak selalu mudah untuk memilih sistem yang tepat. 

Ada beberapa jenis sistem manajemen gudang yang berbeda, dan sejumlah besar opsi dalam setiap kategori ini. Untuk membuat keputusan yang tepat, Sobat Shipper harus memahami apa pilihan yang tersedia, kenapa mereka berbeda dan mana yang paling cocok untuk bisnis Sobat Shipper.

Apa itu Sistem Manajemen Gudang?

Sistem manajemen gudang (WMS) adalah aplikasi software yang membantu bisnis menjalankan operasi pergudangan. Sistem manajemen gudang memiliki berbagai manfaat yang memungkinkan bisnis untuk mengontrol dan memantau operasi gudang seperti saat barang tiba dan keluar dari gudang. Operasi lainnya termasuk manajemen stok (penerimaan, penyimpanan, pengisian ulang, penempatan), proses pengambilan dan pengepakan, audit dan pengiriman pesanan.

Sistem manajemen gudang dapat membantu bisnis untuk menurunkan biaya operasi dengan mengurangi ketidakefisienan tenaga kerja dan ruang. Kontrol stok merupakan penentu besar dalam melakukannya. Contoh manajemen gudang yang baik memungkinkan pekerja untuk melihat di mana produk inventaris berada pada waktu dan lokasi tertentu. Ini meningkatkan pelacakan inventaris dengan menggunakan nomor seri, barcode, dan tag RFID. Alat pelacakan ini kemudian berkontribusi pada inventaris yang terorganisir. Transportasi inventaris internal dan eksternal dapat dioptimalkan sepenuhnya melalui fungsionalitas pelacakan inventaris tingkat lanjut.

Selain operasi peralatan gudang, sistem manajemen gudang dapat membantu mengelola operasi rantai pasokan dengan melacak barang dari produsen ke pelanggan atau distributor, melakukan penghitungan siklus, dan memantau tanggal kadaluarsa. Sistem manajemen gudang sangat mengurangi risiko kesalahan yang terjadi saat pengiriman, memungkinkan Sobat Shipper untuk memenuhi pesanan secara instan dan melacak produk yang dipesan di dalam gudang. Ini mengarah ke lingkungan kerja tanpa kertas sekaligus mengarahkan pekerja pada praktik terbaik untuk operasi manajemen gudang.

Jenis-jenis Sistem Manajemen Gudang

  1. Sistem Manajemen Gudang Mandiri

Sistem mandiri dibeli untuk fitur manajemen gudang dan tidak ada tujuan lain. Jenis sistem pergudangan ini dapat digabungkan dengan solusi yang ada atau yang akan datang, tetapi dijual sebagai produk khusus tanpa fungsi rantai pasokan lebih lanjut. Beberapa vendor menawarkan beberapa alat manajemen transportasi dasar, namun fokusnya adalah pada sistem manajemen gudang terbaik.

Sistem ini hanya mencakup fitur terbaik dan terpenting dari semua modul sistem manajemen gudang potensial. Untuk sistem manajemen gudang, ini biasanya terdiri dari manajemen inventaris dan operasi gudang. Sistem ini mencakup pelacakan tanggal kadaluarsa, pemindaian barcode, penghitungan siklus, slotting, putaway, penerimaan, pengambilan, pengepakan dan pengiriman.

Sistem ini sering digunakan sebagai sistem manajemen inventaris karena bisa diterapkan ke banyak industri di luar manajemen gudang. Ini menjadikannya solusi ideal untuk UMKM atau bisnis yang tidak memiliki banyak anggaran untuk software

  1. Modul Rantai Pasokan

Software manajemen rantai pasokan memiliki cakupan yang luas untuk membantu pengguna mengelola segala sesuatu mulai dari hubungan vendor, proses bisnis hingga penilaian risiko. Sistem ini berfokus untuk mengotomatisasi tugas-tugas seperti manajemen inventaris, sumber bahan dan siklus produk.

Kalau memilih sistem ini, diperlukan investasi dalam aplikasi perencanaan rantai pasokan yang juga menawarkan fitur pergudangan. Ini adalah rute yang umum dipilih karena memberi bisnis 3PL kesempatan untuk mengeksplorasi banyak manfaat SCM. 

  1. Terintegrasi dengan ERP

ERP adalah solusi software kuat yang menggabungkan kemampuan banyak sistem lain. Ini menawarkan sebagian besar aplikasi inti yang membuat proses 3PL berjalan lancar, mulai dari perencanaan rantai pasokan, akuntansi, manajemen hubungan pelanggan, sumber daya manusia, dan banyak lagi. ERP adalah pilihan yang baik untuk bisnis yang ingin meningkatkan solusi software mereka dalam skala yang lebih besar. Ini adalah langkah yang sangat baik bagi perusahaan yang ingin mendapatkan keunggulan kompetitif dan meningkatkan ROI mereka. Sistem ini adalah sistem khusus yang menawarkan eksekusi dan skalabilitas rantai pasokan yang kuat.

Sistem ERP terintegrasi bisa menawarkan fitur manajemen gudang, tetapi itu bukan fungsi utama ERP. 

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sistem manajemen gudang. Pastikan Sobat Shipper mengetahui manajemen gudang yang ditawarkan oleh penyedia gudang yang Sobat Shipper pilih. 

Belum terlambat untuk berpartner dengan Shipper untuk meningkatkan kualitas penyimpanan barang. Silakan kunjungi https://shipper.id/warehouse buat mempelajari lebih lengkap layanan dari Shipper terkait pergudangan.