Mengapa Penting Menggunakan Silica Gel untuk Makanan?

0
45

Jika Sobat Shipper membeli makanan kemasan mungkin pernah menemukan pengawet berbentuk silica gel. Silica gel adalah butiran bening kecil terbungkus kemasan mungil dan diselipkan ke dalam kemasan makanan. Silica gel untuk makanan umumnya terbuat dari natrium silikat dan aman sebagai pengawet makanan. Meskipun aman sebagai pengawet makanan tapi silica gel tidak boleh sampai termakan ya, Sobat Shipper. 

Tentu saja, jenis silica gel berbeda tergantung dengan fungsinya tersendiri. Biasanya, Silica gel yang digunakan pada makanan tidak cocok untuk produk selain makanan. Begitu pun sebaliknya, jangan gunakan silica gel yang bukan untuk makanan. Hampir semua orang tahu bahwa kegunaan silica gel untuk makanan adalah sebagai pengawet. Tidak hanya itu, secara spesifik berikut adalah manfaat silica gel untuk makanan! 

1. Mencegah Kelembaban

Fungsi silica gel pada makanan salah satunya adalah mencegah kelembaban. Silica gel umumnya ada pada kemasan makanan, obat-obatan, produk elektronik, sepatu dan lain-lain. Ada dua jenis silica gel yaitu sintetis dan alami. Khususnya pada silica gel khusus makanan atau obat-obatan terdapat zat anti lembab untuk menyerap partikel dan uap air di udara.   

2. Menjaga Kualitas Makanan

Khususnya untuk makanan silica gel dapat menyerap kelembaban tanpa mengubah zat makanan tersebut. Sehingga rasa dan aroma makanan tetap terjaga. Jika makanan lembab tentu kualitas makanan tersebut ikut rusak. Inilah manfaat silica gel dengan menyerap kelembaban agar kualitas makanan tetap baik. 

Jika Sobat Shipper berjualan makanan online maka menjaga kualitas makanan adalah hal utama. Sobat Shipper dapat menggunakan silica gel khususnya untuk makanan yang mudah lembab dan mudah berjamur. Silica gel penting agar kualitas makanan tetap baik hingga sampai ke tangan konsumen. 

3. Mencegah Jamur dan Bakteri Makanan

Manfaat silica gel yang hampir semua orang mengetahuinya adalah membuat makanan menjadi tahan lama. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab, silica gel dapat mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri pada makanan. Jamur dan bakteri dapat lebih agresif tumbuh pada permukaan makanan yang lembab. 

Silica gel menjaga makanan tetap dalam kondisi kering karena mampu menyerap uap air. Jenis makanan yang biasa menggunakan silica gel yaitu permen, kue kering, bolu, makanan kering, makanan kaleng dan lain-lain. 

4. Membuat Makanan Lebih Awet

Makanan yang terjaga kelembabannya akan jauh lebih awet. Makanan yang lembab cenderung mudah berjamur dan basi. Inilah alasan mengapa silica gel sangat bermanfaat membuat makanan lebih awet. Khususnya bagi Sobat Shipper yang menjual makanan secara online

Makanan tersebut perlu berada di suhu ruang dalam waktu beberapa hari. Risiko terkontaminasi udara lembab lebih besar. Silica gel membantu membuat makanan lebih awet selama masa pengiriman ke konsumen. 

Baca Juga: Apa Itu Silica Gel? Ini Manfaat dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Sobat Shipper itulah beberapa manfaat silica gel untuk makanan. Selain penggunaan silica gel, yang perlu diperhatikan ketika mengirim produk makanan ke konsumen adalah cara pengemasan yang aman dan pemilihan layanan pengiriman terpercaya. Pengemasan harus aman dan baik, sebaiknya tambahkan stiker fragile

Pilih layanan pengiriman yang terpercaya seperti Shipper! Shipper menyediakan berbagai pilihan ekspedisi terbaik. Shipper memberikan harga kompetitif dan kemudahan bagi online seller mengirim produk ke konsumen dengan layanan jemput paket gratis. Masih banyak keunggulan Shipper untuk online seller, klik link https://shipper.id!