3 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Kamu Menyewa Warehouse, Apa Saja?

0
33
sewa gudang Jakarta

Keberadaan warehouse atau gudang sangat penting di dalam bisnis apapun. Gudang ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang, pusat distribusi dan pusat penghitungan stok produksi yang perusahaan kamu lakukan. Ada juga gudang yang dijadikan sebagai pusat penyimpanan bahan baku atau raw material.

Di Kota besar seperti Jakarta ada banyak sekali jasa penyewaan gudang yang bermunculan. Jasa sewa warehouse Jakarta ini tentu menjadi solusi yang baik untuk meminimalisir biaya pengeluaran kamu dari segi penyimpanan barang atau stok.

Terlebih lagi di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Selatan sebagai pusat Industri di Ibukota. Ada banyak jasa sewa gudang Jakarta Selatan bertaraf internasional yang bisa kamu pilih layanannya saat ini. Namun tentunya kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih. Terlebih kalau kamu hendak membangun gudang sendiri untuk kebutuhan bisnis. 

Ada beberapa poin yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu agar pembangunan gudang tersebut memang berdampak besar pada produksi perusahaan. Berikut ini hal yang harus kamu perhatikan saat hendak menyewa atau membangun warehouse atau gudang logistik tersebut.

1. Pertimbangkan Lokasi Gudang

Poin pertama yang harus kamu pertimbangkan saat hendak membangun atau menyewa gudang adalah lokasi dari gudang itu sendiri. Lokasi gudang ini harusnya memenuhi syarat-syarat dan SOP gudang logistik yang baik. 

Tujuannya agar proses distribusi barang di dalam gudang tersebut berjalan dengan lancar. Kalau kamu memahami pengertian gudang logistik dengan baik, pasti kamu tahu kalau salah satu aspek terpenting adalah distribusi. 

Bicara distribusi seperti ini tentu tidak akan lepas dari pembahasan mengenai akses jalan. Kalau sebuah gudang memiliki akses jalan yang baik, maka gudang tersebut telah memenuhi salah satu syarat logistik yang wajib dipenuhi.

Baca Juga : Kenalin, Gudang Shipper: Solusi Bisnis Bebas Repot

2. Luas Lahan dan Volume Gudang

Jika kamu hendak membangun sebuah warehouse atau gudang, pertimbangkan juga luas lahan yang dimiliki. Luas lahan ini akan sangat berpengaruh terhadap ukuran gudang yang hendak kamu bangun. 

Di sisi lain sisa lahan yang ada juga akan digunakan sebagai lahan parkir bagi kendaraan yang datang dan pergi. Selain mempertimbangkan luas lahan yang dimiliki, pastikan juga untuk mempertimbangkan volume gudang tersebut. 

Bicara volume tidak hanya berhubungan dengan luas saja, tapi tinggi bangunan dari gudang itu sendiri. Gudang yang tinggi membuat ventilasi udara berjalan dengan lancar dan penyimpanan barang menjadi jauh lebih efektif.

3. Sistem Manajemen Gudang

Hal lain yang tidak kalah penting untuk kamu pertimbangkan adalah sistem manajemen warehouse yang kamu buat tersebut. Gudang yang baik tentunya memiliki pengelolaan barang yang tersistem. Sejauh ini ada beberapa sistem pengelolaan yang bisa dipilih dari mulai FIFO, FEFO, dan LIFO.

Penerapan ketiga metode pengelolaan tersebut akan membuat distribusi barang di gudang kamu berjalan dengan lancar. Resiko kehilangan dan kerusakan juga bisa diminimalisir dengan baik. Namun tentunya dibutuhkan sosok yang benar-benar ekspert di dalam pengelolaan barang itu sendiri. 

Penerapan FIFO, FEFO dan LIFO biasanya disesuaikan dengan jenis barang yang dikelola di dalam gudang itu sendiri. Ada yang pas dikelola dengan metode FIFO, ada juga yang lebih pas untuk dikelola dengan sistem FEFO. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Agar tidak ribet dalam pengelolaan produkmu, sebenarnya kamu tidak perlu membuat gudang sendiri. 

Kini telah hadir Shipper sebagai solusi pengelolaan gudang kamu. Kami menyediakan gudang bertaraf internasional dengan sistem manajemen yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kunjungi www.shipper.id/warehouse untuk informasi lebih lanjut terkait penyediaan warehouse terbaik ini.

Baca Juga : 4 Hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Salah Pilih Jasa Pengiriman