5 Hal Ini Harus Kamu Siapkan untuk Keselamatan Staf Gudang, Apa Saja?

0
338

Sobat Shipper, disadari atau tidak, staf gudang setiap harinya juga terpapar berbagai risiko bahaya keselamatan. Misalnya jatuh dari ketinggian atau cedera karena kerusakan maupun kesalahan pengoperasian mesin. Oleh karena itu, ketika kamu sewa space gudang, kamu juga harus melengkapinya dengan berbagai perlengkapan keamanan.

Lalu, apa saja ya perlengkapan keamanan standar yang dibutuhkan dan wajib kamu siapkan setelah sewa gudang sudah disepakati nantinya? Cek daftarnya berikut ini. 

Label dan Papan Tanda

Staf gudang bisa melindungi diri mereka dengan lebih efektif kalau mereka tahu apa yang mereka gunakan saat bekerja. Oleh karena itu, pada saat kamu sewa space gudang nanti, kamu perlu dibeli semua yang ada di dalamnya, seperti mesin hingga krat penyimpanan. Label tersebut adalah untuk menerangkan informasi penting seperti apa isi kotak penyimpanan, instruksi handling yang aman, dan sebagainya.

Baca Juga: Ke Mana Biaya Sewa Gudang Dimasukkan dalam Pembukuan? Cek Dulu Informasi Ini!

Selain itu, setiap area di dalam gudang juga harus ditandai dengan papan yang layak. Dalam papan tanda, terangkan siapa yang memiliki akses ke area tersebut, hingga papan tanda seperti rambu dilarang merokok, bahan mudah terbakar, dan sebagainya. Jadi, sambil survei tempat sebelum sewa ruang gudang, kamu juga perlu pastikan di mana saja papan tanda bisa dipasang.

Lakban Anti Slip dan Pagar Pengaman

Sayangnya, risiko jatuh sangat sering terjadi di dalam gudang, misal dari alat pengangkat atau dari tempat penyimpanan yang posisinya sangat tinggi. Oleh karenanya, staf gudang jelas wajib terlindungi dari segala jenis risiko jatuh, salah satunya dengan melakukan inspeksi menyeluruh pada area-area di mana risiko ini bisa terjadi, termasuk ketika kamu survei untuk sewa gudang terdekat.

Salah satu kebutuhan keamanan yang wajib ada adalah pagar pengaman. Di samping itu, risiko jatuh juga bisa disebabkan karena terpeleset. Jadi, pastikan bahwa tangga, tepian lorong tinggi, maupun permukaan yang menurun selalu dilapisi dengan lakban anti slip maupun safety mats.

Perlengkapan Keamanan Karyawan

Di samping itu, semua staf gudang juga harus terlindungi dengan baik dari ujung kepala sampai ujung kaki. Jenis-jenis perlengkapan keamanan karyawan yang umum digunakan misalnya helm, face shield, pelindung mata, pelindung telinga, bantalan lutut, rompi, dan sarung tangan.

Sistem Lockout Tagout (LOTO)

Sistem LOTO ini mengacu pada praktik keamanan di mana mesin dimatikan saat tidak digunakan untuk mencegah penggunaan yang tidak diinginkan. Dalam sistem ini, kamu bisa temukan beragam jenis produk yang berfungsi untuk mematikan mesin, misal dengan cara menonaktifkan sistem kelistrikannya sehingga mesin tidak bisa dioperasikan.

P3K

Dan pastinya, pastikan gudangmu juga memiliki P3K yang lengkap. Karena tingginya risiko cedera di dalam gudang, setiap gudang wajib menyediakan fasilitas P3K lengkap yang tersebar di berbagai titik agar mudah diakses sewaktu-waktu dibutuhkan. Memastikan keamanan dan keselamatan karyawan gudang sama pentingnya dengan peningkatan omzet. Karena itu, meskipun Sobat Shipper sewa space gudang sekalipun, pastikan kamu siapkan semua kebutuhan di atas, ya!

Tapi, bagaimana dengan Sobat Shipper yang baru saja merintis bisnis dan belum punya cukup dana untuk sewa ruang gudang plus perlengkapan lengkap? Tenang saja, karena keterbatasan dana bukan alasan untuk tidak memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan.


Soalnya, kamu bisa gunakan layanan gudang dari Shipper yang tak hanya lengkap, tapi juga sudah terjamin keamanan dan keselamatannya. Kamu hanya perlu bayar sewa space gudang saja sesuai kesepakatan, dan staf Shipper yang akan handle segala kebutuhanmu. Jadi, kamu bisa fokus dulu untuk membesarkan bisnismu dan meningkatkan omzetmu, kan? Klik https://shipper.id/warehouse untuk info lengkap jasa gudang Shipper, ya!

Baca Juga: Lakukan 6 Langkah Berikut Ini untuk Tingkatkan Performa Warehouse Staff