15 Produk Ekspor Indonesia Terpopuler Tahun 2021

0
65

Sobat Shipper memulai bisnis ekspor saat ini memang peluangnya cukup menjanjikan. Banyak sekali produk ekspor Indonesia yang laris manis di pasar internasional. Indonesia dengan segala keberagaman budaya dan kekayaan sumber daya alam mampu menghasilkan banyak inovasi produk yang unik dan berbeda dari negara lain. Hal inilah yang menjadi keunggulan bagi Indonesia untuk bersaingi dalam perdagangan ekspor.

Komoditi ekspor adalah produk unggulan yang diekspor ke luar negeri karena mempunyai keunikan atau nilai jual tinggi. Indonesia punya banyak produk unggulan atau komoditi ekspor, mari simak 15 produk ekspor Indonesia terpopuler di tahun 2021.

  1. Kelapa Sawit

Kelapa sawit menjadi produk ekspor Indonesia dengan nilai dolar tahunan tertinggi tahun 2021. Kelapa sawit dalam bentuk produk minyak mempunyai nilai ekspor 14,4 US$.  Minyak kelapa sawit banyak digunakan sebagai bahan produksi oleh negara asing. Minyak kelapa sawit diolah untuk pembuatan kosmetik, makanan, produk pembersih, sumber biodiesel dan lain-lain. Negara tujuan ekspor Indonesia untuk produk kelapa sawit yaitu India, Pakistan, Belanda dan lain-lain. 

  1. Kopi

Kopi Indonesia menjadi barang ekspor yang paling diminati di pasar global. Kualitas kopi dan keanekaragaman jenis kopi Indonesia sudah dipercaya oleh berbagai macam negara. Robusta termasuk varian kopi khas Indonesia yang paling populer di Indonesia. Varian kopi kintamani, luwak dan kopi toraja juga punya banyak permintaan dari pasar internasional. Negara tujuan ekspor kopi dari Indonesia yaitu Jepang, Inggris, Thailand, Hongkong dan lain-lain

  1. Rempah

Indonesia negara penghasil rempah terbaik di dunia sudah terbukti sejak ratusan tahun lalu. Hingga saat ini, rempah-rempah menjadi produk unggulan Indonesia di pasar internasional. Jenis rempah yang paling banyak diekspor yaitu lada, cengkeh, pala dan kayu manis. Lada mengusai total ekspor Indonesia hingga 18,7% menurut data dari Kementerian Perdagangan Indonesia. Negara tujuan ekspor Indonesia untuk produk rempah-rempah meliputi Amerika Serikat, China, Vietnam, Belanda dan lain-lain. 

  1. Produk Kulit

Produk kulit Indonesia seperti tas, dompet, aksesoris mempunyai kualitas yang baik dan menjadi komoditi ekspor populer saat ini. Produk kulit di Indonesia banyak diproduksi di daerah Jawa Timur, seperti daerah Sidoarjo dan Tanggulangin. Produk kulit ini di ekspor ke negara Malaysia, Australia, hingga China. 

  1. Karet

Indonesia termasuk negara produsen karet alam terbesar di dunia. Daerah penghasil karet terbesar di Indonesia yaitu Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Riau. Karet dimanfaat untuk berbagai produk industri. Negara tujuan ekspor karet cukup luas, di antaranya adalah Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Mesir, Arab Saudi dan lain-lain

  1. Kakao

Selain minyak nabati seperti minyak kelapa sawit, ekspor indonesia paling besar nilainya yaitu kakao. Indonesia punya perkebunan kakao yang luas dan produk kakao yang dihasilkan kualitasnya mampu bersaing di pasar internasional bahkan kakao dari Indonesia menjadi salah satu yang paling dicari oleh negara asing. Kakao diekspor ke China, Jepang, Jerman, Rusia, Swis, Belgia dan Inggris. 

  1. Udang

Selain hasil perkebunan, hasil laut Indonesia pun punya nilai ekspor yang tinggi. Tahun 2021, udang menjadi produk ekspor indonesia terpopuler. Nilai ekspor udang Indonesia tahun 2021 mencapai 41,56% dari total ekspor atau setara dengan Rp 10,3 triliun. Udang asal Indonesia diminati di berbagai negara seperti Thailand, Vietnam, Australia, Korea Selatan hingga Amerika Serikat. 

  1. Permata

Batu mulia atau permata asal Indonesia menjadi primadona di pasar internasional beberapa tahun terakhir. Permata termasuk sektor ekspor industri barang galian non-logam. Jenis permata unggulan dari Indonesia yaitu kecubung, king safir, red borneo asal Kalimantan, black opal dan kalimaya asal Banten. Ada pula jenis bacan palamea asal Maluku Utara. 

  1. Emas

Tahun 2021 ini ekspor emas Indonesia nilainya sangat tinggi yaitu total mencapai Rp 114 triliun. Emas asal Indonesia telah diekspor ke banyak negara di dunia dengan 3 besar negara tujuan ekspor emas yaitu Singapura, Jepang dan Switzerland. Daerah penghasil emas di Indonesia dengan kualitas terbaik berasal dari Bali dan Surabaya. 

  1. Tekstil

Tekstil adalah produk ekspor Indonesia unggulan yang berasal dari berbagai skala industri mulai dari level usaha UMKM hingga perusahaan besar. Meskpun begitu, dalam pasar global ekspor tekstil dunia masih dikuasai China. Indonesia unggul dalam ekspor tekstil kreatif yang mengusung tema keunikan budaya indonesia seperti batik dan kain tradisional lainnya. 

  1. Mabel/Furnitur 

Mebel atau furnitur khas Indonesia terkenal dengan kualitas yang baik. Furnitur berbahan kayu masih menjadi primadona di pasar internasional. Mebel kayu ukiran khas Indonesia dijual dengan harga tinggi karena selain kulitas juga membawa nilai seni yang diakui di pasar internasional. Negara tujuan ekspor mebel Indonesia yaitu Inggris, Belanda, Prancis, Australia dan lain-lain.

  1. Elektronik

Tidak sedikit brand elektronik yang membuka pabrik utama di Indonesia. Produk elektronik dari Indonesia sudah banyak diekspor ke luar negeri. Negara tujuan ekspor produk elektronik Indonesia meliputi negara Jerman, Italia, Taiwan dan lain-lain.  

  1. Briket Batubara

Briket Batubara Indonesia termasuk komoditi ekspor terbesar dengan nilai dolar tahunan mencapai 11,98 US$. Fungsi dari briket batubara sebagai bahan bakar padat sebagai alternatif minyak tanah dengan harga yang lebih ekonomis. Briket batubara dari Indonesia sudah masuk pasar ekspor sejak tahun 1990-an hingga saat ini masih cukup banyak diminati di pasar global.   

  1. Briket Tempurung Kelapa

Briket tempurung kelapa berasal dari limbah kelapa yang kemudian dibuat menjadi produk ekonomis dan punya manfaat di bidang industri dan rumah tangga. Pemasaran briket tempurung kelapa ini ternyata tidak hanya ramai di pasar lokal tapi sudah menembus pasar internasional. Salah satu negara tujuan ekspor briket tempurung kelapa dari Indonesia adalah Mesir. 

  1. Otomotif

Tidak sedikit perusahaan otomotif internasional yang mempercayakan produksi komponen otomotifnya dari Indonesia. Beberapa brand ternama otomotif seperti BMW, Daihatsu dan Isuzu telah mempunyai pabrik utama di Indonesia. Komponen otomotif produksi Indonesia ini banyak diekspor ke negara lain seperti Prancis, Inggirs, Jerman, China, Australia, Hongkong, Jepang, Arab Saudi dan lain-lain. Sobat Shipper Indonesia sudah terkenal sebagai negara eksportir dengan beragam komoditi ekspor unggulan. Tidak sedikit produk ekspor Indonesia yang menguasai pasar internasional. Ini menjadi peluang untuk Sobat Shipper yang ingin memulai perdagangan ekspor. Gunakan layanan ekspedisi terpercaya untuk pengiriman ke banyak negara dengan tarif terbaik. Mari bekerjasama dengan Shipper untuk kebutuhan pengiriman produk skala besar atau kecil ke dalam dan luar negeri.