5 Prinsip Manajemen Gudang untuk Bisnis Onlinemu

0
19
prinsip manajemen gudang

Kalau Sobat Shipper memiliki sebuah bisnis, Sobat Shipper pasti menyimpan stok di gudang. Dan mungkin Sobat Shipper tahu bahwa manajemen gudang yang efektif membantu Sobat Shipper untuk memenuhi pesanan pelanggan dengan cepat dan akurat sambil menekan biaya penyimpanan. 

Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai manajemen gudang, Sobat Shipper bisa baca penjelasan dari Shipper di bawah ini.

Definisi Manajemen Gudang

Manajemen gudang mencakup prinsip-prinsip dan proses yang terlibat dalam menjalankan kegiatan operasional gudang. Secara umum, sistem ini meliputi penerimaan stok, pengorganisasian ruang gudang, penjadwalan pekerja, pengelolaan inventaris, dan pengiriman pesanan. 

Sistem manajemen gudang yang efektif melibatkan pengoptimalan dan pengintegrasian setiap proses tersebut untuk memastikan semua aspek operasi gudang bekerja sama untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga biaya penyimpanan tetap rendah.

Manfaat Manajemen Gudang

Operasi gudang umumnya tidak terlihat oleh pelanggan, tetapi mereka memiliki peran penting di balik layar untuk memastikan pengiriman tepat waktu. Untuk mencapai tujuan tersebut, contoh manajemen gudang yang baik adalah yang memastikan semua kegiatan operasional gudang berjalan seefisien dan seakurat mungkin. Misalnya, manajemen gudang melibatkan pengoptimalan penggunaan ruang gudang untuk memaksimalkan penyimpanan inventaris, membuat inventaris mudah ditemukan, memastikan pekerja bekerja dengan efektif, memenuhi pesanan secara efisien, dan mengkoordinasikan komunikasi dengan pemasok dan pengirim sehingga stok tiba dan pesanan dikirim tepat waktu.

Jadi, manajemen gudang yang baik akan menghasilkan layanan cepat dengan biaya rendah, sehingga memperkuat hubungan suatu bisnis dengan pemasok dan pelanggan mereka.

Apa itu Warehouse Management System?

Sistem manajemen gudang atau WMS adalah solusi software yang bertujuan untuk menyederhanakan kompleksitas pengelolaan gudang. Seringkali disediakan sebagai bagian dari rangkaian aplikasi bisnis terintegrasi enterprise resource planning (ERP), WMS dapat mendukung dan membantu mengoptimalkan setiap aspek manajemen gudang. 

Contoh manajemen gudang yang menggunakan software ini memiliki kemampuan untuk; 

  1. Memanfaatkan data dan otomasi untuk melakukan analisis permintaan, memperkirakan penjualan, dan membuat rencana operasi harian yang efisien
  2. Mendapatkan wawasan real-time mengenai lokasi dan kuantitas inventaris
  3. Berbagi data dengan modul ERP lain atau produk software mandiri, seperti software akuntansi dan solusi manajemen transportasi, untuk meningkatkan efisiensi operasi bisnis
  4. Memantau produktivitas untuk memahami tingkat efisiensi operasi gudang.

Prinsip-prinsip Manajemen Gudang

Memahami prinsip-prinsip umum manajemen gudang bisa membantu Sobat Shipper untuk menentukan langkah yang harus diambil untuk mengoptimalkan cara gudang Sobat Shipper beroperasi. Prinsip-prinsip ini adalah sebagai berikut; 

  1. Ketahui tujuan. 

Dengan mengetahui tujuan Sobat Shipper menggunakan sebuah gudang, Sobat Shipper bisa menggunakan ruang gudang, tenaga kerja, dan peralatan seefisien mungkin.

  1. Kontrol yang komprehensif. 

Manajemen gudang melibatkan koordinasi proses kompleks yang melibatkan banyak aspek. Sobat Shipper harus melacak setiap proses untuk memastikannya berjalan dengan lancar dan menyelesaikan masalah yang terjadi. Kontrol kualitas adalah salah satu hal yang bisa dilakukan  untuk memastikan pesanan dipenuhi dengan akurat.

  1. Fleksibilitas dan ketahanan. 

Sobat Shipper harus bisa mengubah rencana dengan cepat saat ada kejadian tak terduga. Selain itu, Sobat Shipper juga harus menyesuaikan alur kerja untuk tetap memaksimalkan operasi gudang dalam keadaan apa pun. 

  1. Fokus pada pelanggan. 

Pengiriman yang tepat waktu dan akurat adalah salah satu kinerja terpenting dalam memenuhi permintaan pelanggan. Untuk itu, Sobat Shipper harus mempertimbangkan setiap stok dan pengiriman dengan baik. 

  1. Mengambilan keputusan berdasarkan data.

Meskipun setiap operasi gudang tampak berjalan dengan lancar, bukan berarti proses proses tersebut efisien. Sistem manajemen gudang bisa membantu Sobat Shipper untuk menentukan dan menganalisis apa yang perlu ditingkatkan.

Nah, itulah beberapa aspek penting dari manajemen gudang yang harus Sobat Shipper ketahui untuk menjalankan bisnis online semaksimal mungkin. 

Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id