Potensi Fasilitas Logistik untuk Bisnis hingga Tempat Penyimpanan Vaksin

0
43

Setelah setahun lebih menghadapi ketidakpastian di tengah wabah Covid-19, sejumlah sektor industri mulai memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan. Selain kuliner, logistik adalah sektor yang mengalami perkembangan yang menjanjikan. Terbukti dari pemakaian fasilitas logistik yang terus meningkat, termasuk untuk penyimpanan vaksin.

Pertumbuhan Fasilitas Logistik di Masa Pandemi

Disitat dari Colliers International Indonesia, sektor industri sempat mengalami penurunan drastis di awal 2020, yaitu hanya 56 hektare atau 16% dari total penjualan yang terjadi pada 2019. Namun, Rivan Munansa, Head of Industrial and Logistic Services di Colliers International Indonesia, mengungkapkan kalau segmen logistik punya performa yang relatif stabil, Sobat Shipper.

Rivan menambahkan, ada pertumbuhan yang menjanjikan di sejumlah sektor industri. Selain logistik, e-commerce, pusat data, dan barang konsumen masuk ke dalam daftar tersebut. Kemudian, ada banyak perusahaan dan pebisnis yang mencari fasilitas logistik seperti gudang packing atau fulfillment centre buat menunjang layanannya.

Baca juga: Apa Sebenarnya Peranan Kurir Logistik di Era Sekarang Ini?

Meningkatnya fungsi fasilitas publik terlihat dari pemakaian properti kosong seperti mal hingga gudang online yang disediakan perusahaan seperti Shipper. Para developer yang mempunyai kawasan industri pun berencana buat membagi lahan ke beberapa bagian. Langkah ini bertujuan untuk membuka peluang penjualan berbagai sektor bisnis yang menjanjikan.

Penggunaan Fasilitas Logistik untuk Menyimpan Vaksin

Apa Sobat Shipper termasuk orang yang rajin mengikuti perkembangan vaksinasi di Indonesia? Masuknya vaksin yang dikirim dari beberapa negara pastinya membutuhkan tempat penyimpanan yang memadai. Keberadaan fasilitas logistik jadi solusi yang sangat menguntungkan, terutama buat mereka yang mengelola properti seperti gudang bisnis.

Kemudian, pertumbuhan fasilitas logistik diperkirakan akan terus terjadi selama program vaksinasi berlangsung. Hal ini disebabkan vaksin-vaksin tersebut membutuhkan lokasi penyimpanan dengan fitur pengaturan suhu memadai. Apalagi untuk menjaga efektivitas, suntikan vaksin harus dilakukan lebih dari satu kali. Jadi mau tak mau fasilitas logistik harus mendapatkan pemeliharaan terbaik buat menjaga kiriman vaksin.

Cushman & Wakefield, lewat laporan terbaru mereka yang bertajuk APAC Cold Storage Logistics, menyebutkan kalau permintaan terhadap fasilitas logistik akan mendapatkan pengaruh dari proses pengembangan vaksin hingga permintaan struktural dari permintaan konsumen lewat situs e-commerce.

Meningkatnya Permintaan Pasar di Sektor Logistik

Pergeseran prioritas ke obat biologis berdampak pula pada pemakaian fasilitas logistik dan prosedur yang menyertainya, Sobat Shipper. Pasalnya untuk distribusi vaksin, diperlukan proses pengemasan dan pemakaian transportasi yang sesuai untuk menjaga kualitas komposisinya. Adapun jenis kendaraan yang dipakai mencakup kargo, gerbong, dan truk yang sudah dilengkapi fitur pendingin.

Dari total produk kesehatan yang membutuhkan penyimpanan logistik, memang hanya sekitar 25% yang memerlukan fitur pendinginan. Meski begitu, hal ini harus Sobat Shipper perhatikan untuk menekan risiko. Meningkatnya transaksi obat-obatan dan produk medis secara online bisa jadi kemungkinan buat mendongkrak penggunaan fasilitas logistik.

Di sisi lain, sejumlah pihak masih kesulitan menemukan gudang atau tempat penyimpanan yang tarif sewanya bersahabat. Terutama kalau produk harus disimpan dalam suhu yang stabil. Akan tetapi, Sobat Shipper tak perlu lama-lama mencari, sebab ada Shipper yang siap dijadikan partner untuk menaruh barang-barang dengan layanan terbaik.

Untuk fasilitas logistik, Shipper menyediakan warehouse yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Setiap barang yang diterima dan dikirim dipastikan aman karena telah melewati pemeriksaan sesuai prosedur. Silakan cek https://shipper.id/warehouse kalau Sobat Shipper butuh warehouse berfasilitas lengkap dengan tarif bersahabat.

Baca juga: Ide Bisnis 2020 yang Sedang Ramai Selama Pandemi, Kamu Tertarik yang Mana?