Jangan Keliru, Ini Perbedaan Diffuser dan Humidifier

0
38

Asalkan kelembapan udara dalam suatu ruangan terjaga, ingin beraktivitas seperti apa pun di dalam sana dan dalam waktu berapa lama pun tidak akan ada masalah, kok. Sebab kelembapan udara di dalam suatu ruangan adalah hal penting yang harus diperhatikan, agar kesehatan para penghuninya selalu terjaga. 

Standar untuk sebuah ruangan yang sehat, kelembapan udaranya berkisar antara 40 persen hingga 60 persen. Jika kelembapan udara di suatu ruangan terhitung di luar kisaran itu, berarti kondisi ruangannya tidak memenuhi standar ruangan sehat, alias tidak baik bahkan relatif berbahaya. 

Guna mendapatkan kelembapan udara yang sehat, kini orang-orang mulai memakai diffuser dan humidifier. Serupa tapi tak sama membuat sebagian orang masih belum tahu apa perbedaan diffuser dan humidifier. Padahal diffuser dan humidifier memiliki fungsi yang berbeda, lho.  

Apa saja perbedaan diffuser dan humidifier? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini. 

Perbedaan Diffuser dan Humidifier dari Segi Fungsi 

Humidifier memiliki fungsi utama yaitu mengatur tingkat tinggi rendahnya kelembapan udara di dalam suatu ruangan. 

Sedangkan, diffuser memiliki fungsi untuk menyemprotkan essential oil dari aroma terapi. Fungsi lain dari diffuser adalah dapat mengurangi bakteri dan jamur serta membersihkan udara di ruangan. 

Manfaat dari Diffuser dan Humidifier 

Walaupun tidak memberikan aroma harum, humidifier bisa dibilang punya manfaat lebih banyak untuk tubuh. Di antara manfaatnya adalah membantu menyembuhkan sinusitis batuk kering, radang tenggorokan, sinusitis, dan mengatasi kulit kering. Humidifier bahkan sangat terasa manfaatnya bagi para pengidap asma dan alergi tertentu yang berkaitan erat dengan kondisi udara. 

Sedangkan diffuser sangat bermanfaat bagi pengguna agar dapat bernafas lebih baik. Selain itu diffuser juga dapat memberikan efek relaksasi yang menyegarkan. Beberapa diffuser bahkan memiliki fungsi sebagai pengharum ruangan sehingga menjaga kondisi ruangan agar tetap segar. 

Cara Menggunakan Diffuser dan Humidifier 

Fungsi utama humidifier ialah menjaga tingkat kelembapan udara di dalam ruangan dengan cara menyemprotkan uap air ke udara, sehingga humidifier membutuhkan banyak air. Karena kebutuhan air yang banyak (dapat mencapai 3 liter), humidifier pun memiliki ukuran yang cenderung lebih besar. 

Biasanya, Humidifier dipasang di tempat-tempat yang kering, seperti ruang ber-AC. Jadi, sebisa mungkin hindari meletakkan humidifier di tempat yang memiliki suhu lembap ya. Selain itu, humidifier hanya dapat menerima minyak esensial berbahan dasar air, dan tidak dapat digunakan dengan campuran minyak esensial berbahan dasar minyak.  

Sangat berbeda sifatnya dengan diffuser yang hanya memerlukan sedikit air, berkisar antara 300 hingga 500 ml. Kebutuhan kadar air ini memang sesuai dengan fungsi diffuser yang hanya berfokus sebagai pengharum ruangan. 

Nah, Sobat Shipper, demikian artikel perbedaan diffuser dan humidifier yang bisa menjadi inspirasi produk untuk kamu jual secara online maupun offline. Jangan lupa untuk rajin rajin mengiklankan produkmu setiap hari, ya.  

Selain melakukan pemasaran produk secara berkala melalui media sosial ataupun marketplace, hal yang sama pentingnya untuk Sobat Shipper perhatikan adalah memilih layanan ekspedisi antar barang yang tepat dan profesional, agar kiriman produkmu bisa sampai di tangan pelanggan dengan selamat. 

Kamu dapat memilih Shipper untuk mendapatkan layanan antar barang terbaik dan profesional tanpa perlu keluar rumah. Yuk, dapatkan keunggulan lainnya di Shipper dengan mengunjungi www.shipper.id sekarang, ya! 

Semoga bermanfaat!