3 Peran Penting Silica Gel dalam Kotak Sepatumu

0
576
peran penting silica gel

Sobat Shipper, mari kita bermain teka-teki terlebih dahulu! Benda apa yang terbagi menjadi tiga jenis dan dua di antaranya aman untuk makanan, tapi tidak aman untuk dimakan? Ya, jawabannya adalah Silica Gel. Pada artikel kali ini Sobat Shipper kembali disuguhi informasi mengenai Silica Gel. Yang mana Silica Gel ini selain berperan dalam pengemasan produk makanan juga memiliki peran lain dalam pengemasan produk lainnya. Mulai dari produk kecantikan, kesehatan, pakaian, elektronik, dan lain sebagainya.

Oh iya, Sobat Shipper pernah tidak bertanya-tanya, apakah Silica Gel yang terdapat pada setiap kemasan produk itu berperan? Pada kotak sepatu misalnya, apakah Silica Gel yang terdapat di dalam kotak sepatu itu memiliki manfaat yang besar? Atau hanya sebagai hiasan semata? pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab pada artikel ini, maka dari itu yuk, Sobat Shipper kita telisik manfaat Silica Gel pada artikel berikut ini!

1. Berkenalan dengan Silica Gel!

Oke Sobat Shipper, terlebih dahulu mari kita kulik definisi dari Silica Gel terlebih dahulu. Apa itu Silica Gel? Silica atau yang dapat dikatakan sebagai Silikon dioksida ini umumnya dibuat dengan sintesis dari natrium Silica, Silica Gel ini sendiri memiliki bentuk layaknya butiran manik kecil yang dibungkus dalam sebuah kertas semi permeable.

Silica Gel ini sendiri terbagi menjadi tiga bagian, diantaranya Silica Gel Biru, Silica Gel White, dan Silica Gel Natural. Pada Silica Gel Biru dijumpai bahan berbahaya dalam pembuatannya, sehingga penggunaannya dibatasi dan hanya diterapkan pada dua industri, diantaranya perindustrian mesin dan listrik.

Sementara itu, untuk Silica Gel White dan Silica Gel Natural aman untuk diterapkan pada berbagai bentuk pengemasan produk. Mulai dari produk elektronik, kecantikan, pakaian, sampai kesehatan. Terutama Penggunaan pada Silica Gel Natural (food grade) yang umum Sobat Shipper jumpai dan amat direkomendasikan untuk digunakan pada pengemasan makanan.

2. Seberapa Penting Silica Gel itu?

Apa sih, pentingnya Silica Gel? Mungkin buat hiasan doang kali ya. Eits, mari kita buang pola pikir tersebut jauh-jauh. Pada artikel ini Sobat Shipper akan diajak untuk membuka mata lebar-lebar mengenai berbagai  manfaat Silica Gel, maka dari itu yuk langsung saja kita bahas satu per satu manfaat Silica Gel.

a. Menyerap Kelembaban Alias Molekul Air Pada Udara

Pokoknya Silica Gel ini anti lembab deh, selama ia masih aktif, Silica Gel akan terus menyerap kelembaban udara. Tak hanya menyerap lembab, Silica Gel ini juga memiliki peran untuk terus menjaga kondisi produk agar tidak rusak. Baik itu produk pangan, obat-obatan, elektronik, kecantikan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, Silica Gel ini amat berperan besar yang jangan sampai terabaikan.

b. Cegah Reaksi Karat

Peranan ini umumnya amat membantu pada pengemasan barang yang mengandung logam atau besi misalnya, seperti halnya barang elektronik. Mulai dari barang seperti laptop, televisi, kulkas, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, hubungan arus pendek listrik mikro pun dapat dicegah oleh Silica Gel ini.

c. Hambat Munculnya Bakteri Maupun Jamur dan Memperpanjang Jangka Waktu Penyimpanan Makanan

Peranan ketiga dari Silica Gel berikutnya amat membantu pada pengemasan produk makanan agar tidak terkontaminasi berbagai jamur dan bakteri, karena bakteri dan jamur ini amat sangat mengganggu penampilan fisik dan tekstur makanan. Maka dari itu, Silica Gel hadir sebagai solusi untuk menjaga makanan agar tetap higienis dan dapat disimpan dengan waktu yang cukup lama.

3. Serba-serbi Silica Gel Pada Sepatu

Sepatu adalah salah satu produk yang amat sering dijumpai Silica Gel di dalamnya. Sobat Shipper tentu sering menjumpainya, kan? Sepatu terutama yang memiliki bahan kulit punya sifat sensitif jika disimpan dalam jangka waktu yang lama pada tempat lembab. Masalah-masalah seperti berubahnya warna sepatu, terkelupasnya kulit, munculnya jamur, dan bakteri sering kali muncul.

Untuk menyiasati permasalahan ini Sobat Shipper dapat melakukan berbagai hal mulai dari menerapkan perawatan terhadap sepatu, seperti rutin membersihkan dan mengeringkan sepatu, menggunakan baking soda sebagai penghilang bau tak sedap, serta meletakan sepatu pada tempat yang terawat dan bersih. Berbagai perawatan ini dapat dilakukan untuk mencegah bentuk permasalahan di atas. Lalu bagaimana ya dengan Silica Gel yang ada dalam kotak sepatu, apakah ia turut membantu penyelesaian berbagai masalah di atas? Apa fungsi Silica Gel untuk sepatu?

a. Serap Berbagai Bentuk Kelembaban

Ini adalah alasan terbesar dari adanya Silica Gel pada kotak sepatu Sobat Shipper. Ya, menyerap kelembaban. Silica Gel ini sendiri akan menjaga sepatu dari perubahan warna, mencegah pertumbuhan bakteri, dan menghambat munculnya jamur. Makanya tak heran Sobat Shipper akan sering menjumpai berbagai produk sepatu dengan yang menyisipkan Silica Gel di dalamnya.

b. Silica Gel Menjadi Tips Jitu

Silica Gel tersebut dimanfaatkan oleh banyak penjual sepatu sebagai penjaga kualitas produk mereka sebelum sampai ke tangan pembeli. Menyisipkan Silica gel dalam kotak sepatu pastinya akan menjadi tips packing barang yang jitu banget untuk Sobat Shipper coba. Cara packing yang dapat Sobat Shipper terapkan kala menyisipkan Silica Gel di antaranya, dapat dimulai dengan meletakan sepatu di dalam boks, boks tersebut nantinya juga disisipkan Silica Gel dan beberapa lapis kertas, terakhir yang perlu diperhatikan adalah untuk menutup rapat boks sepatu dan tidak membiarkan udara masuk.

c. Silica Gel Perlu Perhatian

Tidak hanya pada sepatu yang perlu diperhatikan dan ditinjau berbagai permasalahannya, Silica Gel juga perlu mendapatkan perhatian yang sama meskipun Silica Gel adalah proteksi bagi produk sepatu tersebut.  Perhatian yang diberikan kepada Silica Gel bertujuan untuk memaksimalkan kinerja proteksi Silica Gel itu sendiri. Antara lain, berbagai perhatian yang dapat diberikan kepada Silica Gel adalah sebagai berikut.

Yang pertama, tidak sembarang membuka boks sepatu yang telah disisipkan Silica Gel di dalamnya. Hal ini harus diperhatikan karena dengan masuknya udara lembab dari luar boks akan menurunkan jangka waktu keaktifan Silica Gel. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah peletakkan Silica Gel, hindari meletakkan Silica Gel di tempat berair, karena Silica Gel yang terlalu banyak menyerap air akan lebih cepat expired. 

d. Silica Gel Yang Bagus Untuk Sepatu

Silica Gel yang direkomendasikan untuk digunakan dalam packing sepatu adalah jenis Silica Gel Natural (food grade). Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Silica Gel ini juga dapat digunakan pada produk makanan. Silica Gel ini terbuat dari kertas semipermeabel yang aman, tidak berbau, berwarna, maupun berasa.

Perlu diingat ya, penyisipan Silica Gel ini memang penting diterapkan, tapi memilih jasa ekspedisi yang tepat juga penting untuk Sobat Shipper pertimbangkan. Sobat Shipper dapat mempercayakan Shipper sebagai jasa ekspedisi yang akan menjaga kualitas dan keamanan produk hingga sampai ke tangan pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!