Cara Cek Pengiriman Barang Murah Melalui Website Bea Cukai

0
70
Cara Cek Pengiriman Barang Murah Melalui Website Bea Cukai

Banyak sekali kasus buruk yang menimpa klien atau pengirim paket dari dalam ke luar negeri. Mereka mengeluhkan bahwa paketan tidak sampai dalam waktu yang disepakati, barang hilang, rusak hingga modus pemerasan yang kerap terjadi. Jika sudah demikian, pihak siapakah yang bertanggung jawab atas semua kasus tersebut? Tentunya pihak agen ekspedisi pengiriman barang yang akan menanggung semua kerugian tersebut.

Daripada kamu risau, cobalah cek pengiriman barang dengan layanan dari kantor bea cukai. Cara yang ditawarkan pun sangat mudah, berikut di bawah! 

1.      Kamu hanya perlu membuka website bea cukai dan kemudian klik pada bagian kolom nomor pengiriman paket, lalu masukan nomor resi pengiriman kamu tadi. 

2.      Masukkan nomor airwaybill jika kamu kirimkan lewat jalur udara. 

3.      Klik ” submit” dan tunggu beberapa saat. Jika barang kamu sedang dalam perjalanan, maka muncul data lengkapnya. Baca dengan teliti, kamu pun juga bisa melihat barang kamu sudah sampai mana. 

4.      Jika barang kamu sudah sampai ke agen penerima, nantinya pun akan diinfokan dalam bahasa yang sesuai dengan negara tujuan.

Sangat mudah sekali bukan cara mengecek paket yang dikirim tujuan luar negeri?

Apakah Cek Lewat Situs Bea Cukai Bisa Dipercaya?

Tentu saja, jaminan kepercayaan mencapai angka 90% karena pihak bea cukai akan mendata setiap barang apapun yang keluar masuk. Sebagai contoh, kamu mengirimkan paket busana ke Singapura. Nah, dalam aturan pengiriman barang murah pemerintah, setiap barang yang akan keluar atau masuk akan dibebankan sebuah pajak pengiriman. 

Pajak inilah yang disebut dengan pajak bea cukai. Besar kecilnya bea cukai tergantung dari beberapa faktor seperti harga barang yang akan dikirimkan. Untuk aturan terbaru 2018, pengiriman barang dengan harga di bawah Rp1uta tidak dikenakan biaya cukai sedangkan harga barang di atas Rp. 1 juta akan dikenakan pajak cukai. 

Ada juga pajak cukai negara tujuan yang free alias gratis, untuk pengiriman barang tertentu seperti makanan dengan berat maksimal 10 kg. Dengan demikian, website bea cukai dari negara kita akan mencatat setiap transaksi yang ada. kamu tidak perlu ragu dan khawatir dengan keberadaan paket. 

Apabila keberadaan data paketnya tidak muncul, barulah cek ke agen dan komplain. Kemungkinan kasus demikian terjadi karena sistem simpanan error atau gangguan jaringan. Apabila ada kendala dalam menampilkan data paket kiriman, kamu hubungi saja pihak kantor bea cukai. 

Masih ragu, cek kembali lewat agen ekspedisi

Kejahatan dunia maya memang cukup tinggi saat ini, tetapi tidak perlu terlalu khawatir karena semua akses negatif akan terus dipantau oleh pihak yang berwenang. Jika kamu masih ragu soal tracking paket, bisa cek berulang lewat agen ekspedisi yang kamu tuju. Cocokkan data dengan yang ada di web bea cukai. Apabila dalam sehari kamu mengecek di dua tempat yang berbeda dengan hasil yang sama maka posisi barang telah terdeteksi dengan pasti. Yuk, cek sekali lagi posisi pengiriman barang murah dengan bantuan web bea cukai. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa Pengiriman Barang