Cara Pengiriman Barang dari Luar Negeri ke Indonesia

0
1595
Cara Pengiriman Barang dari Luar Negeri ke Indonesia

Ingin mencoba bisnis barang impor? Berarti kamu harus memperhatikan cara pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia. Banyak orang yang mengeluhkan tahapan dan birokrasi yang sulit jika ingin mengirim barang dari luar negeri. Namun untuk orang  – orang yang sudah berpengalaman dalam mengirim barang tentu saja hal ini cukup mudah. 

Tahap Bea Cukai

Bea cukai menjadi lembaga yang harus kamu perhatikan jika ingin mengirim barang dari luar negeri. Hal ini menjadi penting karena seringkali pihak penyedia jasa pengiriman tidak mempedulikan tentang bea cukai, namun kamu sendirilah yang harus mengurusnya. Jika kamu sudah selesai tentang proses perizinan bea cukai baru kamu bisa melakukan pengiriman dan penerimaan barang melalui jasa pengiriman barang yang kamu pilih.

Jika kamu bingung untuk mengurus bea cukai, kamu bisa memilih penyedia jasa layanan pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia yang menyediakan fasilitas pengiriman barang dengan sistem satu paket. Jadi, kamu tidak perlu mengurus bea cukai secara mandiri. Namun pastinya membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan mengurus bea cukai secara mandiri. Tapi kelebihannya kamu sudah tidak perlu pusing memikirkan tentang bea cukai, tinggal duduk saja dan menerima laporan terkait pengiriman barang. 

Perhatikan Pelayanan Tracking 

Layanan pelacakan barang menjadi fitur yang cukup bermanfaat untuk pengguna jasa pengiriman barang. Jika kamu ingin melakukan pengiriman barang, kamu bisa memilih penyedia layanan jasa yang juga menyediakan fasilitas untuk tracking. Fasilitas ini bisa kamu gunakan dengan cara memasukkan airway bill lalu kamu bisa melihat dimana barang kamu berada. 

Tapi, ada beberapa penyedia jasa ekspedisi yang menyediakan fasilitas ekonomi membuat pengiriman barang menjadi lebih lama. Layanan tracking juga bisa menjadi acuan apakah perusahaan jasa tersebut bisa diandalkan  atau tidak. Jika saat kamu memasukkan nomor airway bill lalu terjadi gangguan, maka kamu bisa melaporkan hal tersebut ke bagian customer care jika mereka merespon dengan cepat maka hal ini bisa menjadi indikator bahwa perusahaan tersebut memang memperhatikan pelanggan.

Status Barang “sudah sampai” Tapi kamu Belum Menerima?

Jika hal ini terjadi sebenarnya kamu tidak perlu bingung. Karena merupakan layanan pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia maka harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke alamat yang kamu tulis. Kadang meskipun kamu sudah menggunakan layanan jasa pengiriman yang paling bagus. Kamu akan mengalami hal-hal tersebut apalagi untuk barang – barang dengan nilai tinggi memang membutuhkan pemeriksaan lebih dari barang biasa. 

Jika status pengiriman “sudah diterima” tapi kamu belum menerimanya, maka kamu bisa melaporkan hal tersebut ke pihak penyedia jasa. Analisa track record suatu perusahaan sangat penting di bagian ini.

Untuk lebih memudahkan, kamu juga bisa langsung cek di www.shipper.id/tracking.

Baca Juga: Intip 5 Jasa Ekspedisi Terbaik di Indonesia