5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membungkus Paket ke Luar Negeri

0
241
pengiriman barang dagangan ke luar negeri

Proses pengemasan barang (packing) merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk melindungi barang yang akan dikirim, baik dalam bentuk apapun sebaiknya dikemas sebaik mungkin agar kualitas pengiriman barang dagangan ke luar negeri terjaga dengan baik. Packing barang yang akan dikirim jangkauan lokal dengan internasional tentunya berbeda karena alasan waktu di perjalanan cukup lama sehingga perlu adanya double packing. 

Bagaimana caranya mengemas paket yang akan dikirim ke luar negeri?

1.      Kenali Karakter Barangnya

Minimal kamu wajib tahu tentang barang yang akan dikirim karena dengan mengetahui karakternya akan dengan mudah kamu memberi perlakuan kepada barang tersebut. Misalnya, barang dengan karakter mudah pecah, mudah lentur atau elektronik butuh perlakuan khusus. Jangan sampai kamu membungkus pengiriman barang dagangan ke luar negeri dengan serampangan karena akan berakibat fatal dengan kualitas. Cedera barang bisa saja terjadi saat proses pengepakan ke dalam kontainer. 

2.      Susunlah dengan Teratur

Setelah kamu tahu karakter barangnya, bisa lakukan penataan secara teratur. Apabila penaatan dilakukan dengan cara satuan maka perlakukan barang secara satuan akan tetapi jika barang bisa ditata secara tumpukan maka lakukan serapi mungkin. Semakin besar dan berat sebuah paket maka harga pengirimannya semakin tinggi. Penyusun paket yang ringkas juga bisa mempengaruhi kualitas dari barangnya kelak. 

3.      Bungkus Berlapis 

Bungkus barang dengan lapisan yang baik seperti lapisan bubble wrap. Bubble wrap adalah semacam pembungkus dari plastik yang memiliki kantong udara anti ruang, bentuknya bulat kecil dan jika ditekan akan berbunyi. Plastik tersebut sangat ampuh dalam melindungi barang dari benturan atau air asalkan kamu benar membungkusnya. Jangan sampai barang terbuka dengan ruang udara karena bisa menembus kotoran. Umumnya warna kertas pembungkus paket adalah coklat atau putih agar tulisannya terlihat dengan jelas. 

4.      Cantumkan Alamat dan Nomor Telepon dengan Jelas dan Anti Air

Periksa ulang kembali tatanan pembungkus pengiriman barang dagangan ke luar negeri. Ketika kamu sudah mantap maka tinggal bungkus dengan lapisan luar bubble wrap memakai kardus lunak atau kain yang lembut. Barulah bungkus kembali dengan kardus utama sembari menuliskan alamat pengirim dan tujuan yang jelas, jangan lupa juga untuk menuliskan nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi instan. Apabila tujuan alamat memakai bahasa dan tulisan asing, seperti huruf korea maka kamu sesuaikan saja dengan model alamat tujuan. 

5.      Lindungi dengan Anti Air

Nah, beberapa cara di atas telah kamu gunakan lanjutkan dengan pembungkus plastik. Sebelum kamu kirim sebaiknya bungkus juga dengan selotip bening agar tidak luntur. 

Barulah jika selesai tinggal bungkus lagi dengan plastik kedap udara bening. 

Ada banyak tutorial pengemasan barang dengan karakter yang beragam. kamu bisa mencontohnya tanpa kesulitan. Ingat ya, jaga selalu kondisi pengiriman barang yang kamu ingin paketkan.

  
Baca Juga: Tips Pengiriman Barang Lewat Ekspedisi saat New Normal