Sudah Tahu Lebih Dalam Mengenai Silica Gel? Yuk, Simak!

0
470
penggunaan silica gel

Sobat Shipper, pernah tidak menjumpai butiran kristal kecil yang dibungkus dalam kertas khusus, serta dapat ditemukan di berbagai kemasan produk. Mulai dari produk elektronik, pangan, sampai kecantikan. Wah, tentu benda ini sudah tak asing lagi ya untuk Sobat Shipper jumpai. Ya, itu adalah Silica Gel, benda kecil yang sebagian besar dianggap oleh banyak orang tidak memiliki peranan.

Eits, tapi jangan salah. silica gel ini juga mempunyai peranan penting lho dalam pengemasan produk pangan misalnya. Maka dari itu, Sobat Shipper dapat menyimak artikel ini hingga tutas untuk mengetahui berbagai peranan silica gel dalam pengemasan makanan. Yuk, kita kupas tuntas!

1. Apa Itu Silica Gel?

Apa itu Silica Gel? Nah, sebelum masuk ke berbagai manfaat Silica Gel mari kita cari tahu terlebih dahulu definisi dari Silica Gel itu sendiri, sebelumnya telah disinggung bahwa silica gel  memiliki bentuk semacam butiran kristal kecil yang dibungkus dalam sebuah kertas khusus, Silica atau yang dapat disebut Silikon dioksida ini dibuat dari natrium silicat secara sintetis.

Jadi, Sobat Shipper meskipun dinamakan Silica Gel, bentuk dari Silica Gel ini sendiri adalah padat. Hal ini terjadi karena mineral alami yang membentuk Silica Gel diolah menjadi bentuk butiran kristal yang padat.

2. Silica Gel dan Peranannya Dalam Pengemasan Pangan

Oke Sobat Shipper, mari kita simak beragam manfaat Silica Gel! Yang pada umumnya, Silica Gel sendiri memiliki peran dalam melakukan penyerapan terhadap uap air dan mencegah kerusakan di berbagai produk akibat adanya kelembaban udara. Berikut ini adalah berbagai peranan Silica Gel dalam pengemasan pangan.

a. Menyerap Kelembaban dan Menahan Kerusakan

Sobat Shipper tahu tidak, Silica Gel mampu dalam melakukan penyerapan terhadap kelembaban udara tanpa harus merubah zat yang terkandung dalam makanan itu sendiri, lho. Karena Silica Gel dapat menjalankan kedua fungsinya secara bersamaan, yakni fungsi penjagaan terhadap kelembaban dengan melakukan penyerapan partikel air, serta fungsi pertahanan terhadap kerusakan yang terjadi pada makanan.

b. Cegah Reaksi Oksidasi

Tak hanya dapat menyerap kelembaban Silica Gel juga memiliki fungsi lain yang tak kalah luar biasanya, yakni berfungsi untuk mencegah reaksi oksidasi dan dekomposisi bahan kimia yang terjadi akibat melonjaknya kelembaban udara di sekitar makanan.

c. Mencegah Pertumbuhan Jamur dan Bakteri

Manfaat Silica Gel untuk makanan selanjutnya adalah sebagai pencegah munculnya jamur dan bakteri. Jamur tumbuh di tempat yang lembab, dan dapat mengkontaminasi berbagai jenis makanan, mulai dari makanan kering sampai makanan basah. Hal ini tentu sangat mengganggu Sobat Shipper bukan? Maka dari itu, adanya Silica Gel yang dapat menyerap kelembaban tentu bisa mencegah pertumbuhan jamur maupun bakteri.

d. Memperpanjang Usia Penyimpanan Makanan

Munculnya peranan Silica Gel sebagai penyerap kelembaban, pencegah oksidasi, sampai pencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Menghantarkan Silica Gel pada peranan unggulnya. Ya, memperpanjang usia penyimpanan makanan. Dengan adanya Silica Gel makanan dapat terjaga dari ancaman bakteri dan jamur sehingga dapat disimpan dengan jangka waktu yang lebih panjang.

3. Kenali Jenis-jenis Silica Gel

Wah Sobat Shipper, beragam sekali bukan manfaat Silica Gel untuk makanan? Nah, ketika Sobat Shipper telah mengetahui berbagai manfaat Silica Gel untuk makanan, mari kita cari tahu apa saja jenis-jenis Silica Gel itu sendiri dan kenali perbedaan yang ada pada tiap jenis. Seperti, apakah Silica Gel pada makanan kering, Silica gel pada makanan basah, obat-obatan, maupun kosmetik itu berbeda? Mari kita simak penjelasan berikut.

a. Silica Gel Biru

Silica Gel biru memiliki bahan pembuatan yang dapat dikatakan berbahaya bagi manusia, makanya Silica Gel Biru saat ini dibatasi penggunaannya. Silica Gel ini tidak dapat digunakan pada bahan makanan, obat-obatan, produk kecantikan, pakaian, dan produk-produk lainnya yang dikonsumsi secara langsung oleh manusia. Bahan pembuatan dari Silica Gel ini sendiri adalah Cobalt Chloride, hingga saat ini Silica Gel Biru hanya digunakan dalam industri listrik dan mesin.

b. Silica Gel White

Lain halnya dengan Silica Gel Biru, Silica Gel jenis ini aman untuk digunakan di berbagai produk yang berhubungan langsung dengan manusia. Terbuat dari Sodium Silikat, tidak berwarna, berbau, ataupun berasa. Umumnya digunakan dalam industri farmasi, produk kecantikan, tekstil, makanan kering, dan berbagai produk kerajinan.

c. Silica Gel Natural

Silica Gel Natural ini biasa disebut dengan Silica Gel food grade, yang mana ia hydrophilic aktif, tidak berbau, berwarna, maupun berasa. Silica Gel ini amat umum digunakan pada berbagai produk. Mulai dari produk makanan kering maupun basah, obat-obatan, produk elektronik, dan lain sebagainya.

4. Pemakaian Silica Gel

Sobat Shipper, baru saja kita mengetahui berbagai jenis Silica Gel yang nyatanya tidak semua aman untuk digunakan pada produk-produk yang dikonsumsi langsung oleh manusia, seperti produk makanan misalnya. Silica Natural dan Silica Gel White menjadi Silica Gel yang umum digunakan, mudah dijumpai, dan aman untuk dikenakan tentunya.

Selanjutnya Cara pakai Silica Gel ini juga penting untuk diperhatikan, karena penggunaan Silica Gel yang baik ini juga bisa menjadi tips packing barang agar kualitas barang yang terdapat Silica Gel di dalamnya, dapat terjaga dengan baik ketika sampai ke tangan pelanggan, berikut ini adalah cara pemakaian Silica Gel dalam pengemasan makanan yang baik.

a. Ketahuilah Keaktifan Silica Gel

Langkah pertama untuk mengenakan Silica Gel pada makanan adalah dengan mengetahui keaktifan dari Silica Gel itu sendiri. Silica Gel dapat aktif dalam jangka waktu tiga sampai enam bulan, tapi keaktifan ini juga dipengaruhi oleh faktor seperti, iklim udara pada tempat tersebut, kualitas Silica Gel itu sendiri, sampai besarnya kapasitas produk yang dijaga. Sobat Shipper dapat mengetahui Silica Gel yang sudah tidak aktif dengan melihat perubahan warna yang terjadi pada Silica Gel, yakni perubahan warna menjadi merah muda.

b. Letakan dengan Makanan Pada Kemasan

Setelah memastikan keaktifan Silica Gel, Sobat Shipper dapat meletakkan Silica Gel bersama makanan dalam satu wadah tertutup, pastikan wadah tersebut telah ditutup dengan rapat ya Sobat Shipper.

Sobat Shipper, luar biasa bukan peranan Silica Gel ini? Banyak dari kita yang mungkin sering abai tentang manfaat Silica Gel, padahal nyatanya Silica Gel memberikan berbagai bentuk perlindungan yang produk Sobat Shipper butuhkan. Maka dari itu, penting untuk Sobat Shipper memperhatikan penggunaan Silica Gel ini pada proses packing barang.

Oh iya, selain memperhatikan penggunaan Silica Gel terhadap dalam proses packing. Penting bagi Sobat Shipper memilih jasa ekspedisi dengan bijak. Yuk, gunakan jasa Shipper untuk ekspedisi yang aman dan terpercaya, karena di Shipper kualitas barang yang dikirimkan akan terjaga sampai ke tangan pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi websitenya di shipper.id!