Membedah Peluang Usaha Bisnis Ekspedisi yang Menjanjikan

0
157
bisnis ekspedisi

Di masa pandemi Covid-19 ada banyak sekali bisnis yang terpaksa gulung tikar. Baik perusahaan kecil, menengah, atau besar. Tetapi tidak demikian dengan bisnis ekspedisi atau kurir pengiriman. Bisnis ini sangat menjanjikan. Bahkan, semakin banyak perusahaan baru yang bergerak di bidang ekspedisi.

Selain membuka sendiri perusahaan ekspedisi, Sobat Shipper bisa memulai dari bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi terlebih dahulu. Bagaimana peluang usaha ekspedisi saat ini? Berikut pembahasannya.

Peluang Bisnis Ekspedisi

Beberapa hal berikut ini bisa menjadi gambarang bagi Sobat Shipper mengenai peluang bisnis ekspedisi.

1. Tingginya Kebutuhan Jasa Ekspedisi

Sobat Shipper tentu menyadari bahwa belakangan semakin banyak jasa ekspedisi yang beroperasi. Tentunya hal ini tidak terlepas dari tingginya permintaan pasar untuk jasa ekspedisi. Terlebih lagi, di masa pandemi terjadi pergeseran kebiasaan berbelanja masyarakat. Semakin banyak konsumen yang lebih memilih untuk berbelanja online karena belanja tatap muka kerap sering dibatasi.

2. Bisa Dilakukan di Mana Saja

Bisnis ekspedisi adalah satu satu peluang usaha yang bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Sobat Shipper dapat bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi besar untuk menjadi agen. Tentunya dengan lokasi yang memadai, Sobat Shipper bisa membuka tempat untuk menampung paket pengiriman sebelum diambil untuk dikirimkan ke pusat.

3. Pilihan Jenis Bisnis Ekspedisi

Ada beberapa cara mendapatkan keuntungan dari bisnis ekspedisi. Semua tergantung dengan peluang usaha ekspedisi mana yang akan Sobat Shipper tekuni.

– Menjadi pemilik bisnis ekspedisi: berpeluang mendapatkan keuntungan besar dengan modal besar juga. Sahabat Shipper perlu melakukan berbagai prosedur agar bisnis ekspedisi bisa berjalan dengan baik.

– Menjadi agen perusahaan ekspedisi: Sobat Shipper bekerja sama sebagai agen dari perusahaan ekspedisi besar yang sudah lebih mapan. Sobat shipper akan mendapatkan keuntungan dari persentase ongkos kirim setiap paket.

– Membuka lokasi sortir barang: Selain menjadi agen, Sobat Shipper juga dapat menggunakan rumah atau tempat kosong sebagai lokasi sortir di wilayah pengiriman. Setelah resmi menjadi agen sortir, Sobat Shipper akan menerima kiriman barang dan harus memprosesnya sampai barang kembali siap dikirimkan ke alamat yang dituju oleh kurir. Keuntungan yang didapatkan adalah upah per paket yang diproses.

Langkah Membuka Bisnis Ekspedisi Sendiri

Jika Sobat Shipper ingin membuka bisnis ekspedisi sendiri, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

1. Hal-hal yang Harus Dipenuhi

Saat akan membuka bisnis ekspedisi, berikut beberapa hal yang harus Sahabat Shipper persiapkan:

– Terlebih dahulu tentukan luas wilayah pengiriman yang akan dilayani

– Mempersiapkan kendaraan operasional untuk pengiriman jarak jauh. Untuk kurir pengiriman ke alamat tujuan, Anda dapat meminta kurir menggunakan motor pribadi dan memberikan uang operasional kepada mereka.

– Memilih asuransi sangat penting untuk kendaraan operasional dan juga para karyawan khususnya yang bekerja di lapangan.

– Surat-surat dan akta untuk mendirikan usaha bisnis ekspedisi harus terpenuhi.

– Teknologi akan sangat menunjang bisnis ekspedisi. Sahabat Shipper perlu mengetahui program dan aplikasi apa saja yang dapat membantu menjalankan bisnis ekspedisi dengan efektif dan efisien.

2. Menentukan tarif

Agar tarif yang ditetapkan kompetitif, Sobat Shipper dapat melakukan survey terhadap tarif dari kompetitor. Tentunya harus juga mempertimbangkan biaya operasional bisnis ekspedisi yang dijalankan.

3. Sarana Pemasaran

Media promosi harus benar-benar dipersiapkan agar bisnis ekspedisi Sobat Shipper semakin dikenal. Gunakan media promosi seefektif mungkin. Buatlah website perusahaan, sosial media, desain logo di kendaraan, kartu nama, pamflet, brosur dan lain sebagainya.

Kerjasama dengan berbagai pihak juga dapat mendorong kemajuan bisnis Ekspedisi. Diantaranya bekerja sama dengan situs e-commerce atau dengan para penjual online yang ada di wilayah lokasi bisnis didirikan.

Itulah uraian tentang peluang bisnis ekspedisi serta apa yang diperlukan saat akan membuka usaha sendiri. Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Kamu juga bisa bekerja sama dengan Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi shipper.id!

Baca Juga : Peranan Bisnis Ekspedisi Untuk Kebutuhan Belanja Online Indonesia