5 Cara Optimalkan Bisnismu Dengan Website Toko Online!

0
64
optimasi bisnis

Tahukah Sobat Shipper, website toko online tidak hanya berguna sebagai tempat jual beli tapi juga bisa berguna untuk optimasi bisnis onlinemu. Bisnismu bisa dioptimalkan dengan memanfaatkan website. Tujuannya adalah supaya menambah lebih banyak pelanggan dan keuntungan bisnis terus meningkat. 

Sayang sekali kalau situs online shop kamu tidak dikelola dengan baik. Sebab, web yang punya performa baik bisa membuat bisnis semakin berkembang. Selain itu, kamu lebih mudah dalam menyusun dan menganalisis strategi pemasaran untuk meningkatkan produktivitas bisnis. 

Bagaimana cara mengoptimalkan bisnis dengan website toko online? Yuk, simak penjelasannya!

1. Konten yang Relevan dengan Target Konsumen 

Pertama, kamu perlu paham betul siapa target konsumen bisnis kamu. Kenali target konsumen yang potensial dari jenis produk yang ditawarkan. Pelajari karakteristik dan kebutuhan target konsumen kamu. Hal ini penting untuk mengembangkan bisnis dan optimasi website

Buatlah konten yang relevan dengan target konsumen dan lakukan optimasi web berdasarkan konten tersebut. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat konten marketing yang bisa mengoptimalkan bisnis.

a. Keyword

Gunakan keyword tools untuk menentukan kata kunci yang cocok dengan bisnis dan target konsumen kamu. Keyword ini akan menjadi acuan untuk kamu membuat konten yang ada di web.   

b. Seo On-page

Sobat Shipper bisa mempelajari tentang SEO on-page untuk meningkatkan performa konten web. SEO on page adalah strategi untuk meningkatkan performa web dengan fokus utamanya kepada pembuatan konten. Hal-hal penting dalam SEO on-page selain keyword yaitu meta deskripsi, URL, internal link dan lain-lain.

c. Bagikan Tautan ke Media Sosial

Semakin banyak yang mengetahui konten di web kamu maka akan semakin besar peluang kamu mendapatkan calon pembeli produk yang kamu tawarkan. Jadi, rajinlah membagikan tautan atau link konten seperti ke media sosial. Semakin baik konten yang kamu buat di web semakin besar juga peluang pengunjung akan membagikan tautan konten tersebut.   

2. Deskripsi Produk yang Jelas

Deskripsi produk dalam website toko online adalah kunci untuk meningkatkan penjualan dan optimasi bisnis kamu. Sebab, konsumen tidak bisa melihat langsung produk yang ingin mereka beli. Maka dari itu, penjual perlu membuat deskripsi produk yang jelas. Gunakan teknik copywriting untuk membuat deskripsi produk yang menarik dan menjual. 

Deskripsi produk harus menjelaskan keunggulan produk  dan mendorong pengunjung untuk membeli produk tersebut. Selain tulisan, foto produk juga penting dalam deskripsi produk. Maka, buatlah foto yang jelas dan bisa menarik perhatian pelanggan. Jangan mengedit foto secara berlebihan. Jika foto produk jauh berbeda dengan produk asli bisa menyebabkan kekecewaan pelanggan. 

3. Tampilan Web Nyaman bagi Pengunjung

Sobat shipper jika ada di posisi calon pembeli yang mengunjungi sebuah toko, tentu akan merasa lebih nyaman jika keadaan toko rapi dan mudah menemukan barang yang dibutuhkan. Begitu juga dengan toko online. Website toko online haruslah dikelola dengan baik agar pengunjung merasa nyaman. 

Aturlah tampilan web senyaman mungkin untuk pengunjung. Website harus mudah diakses melalui media selular atau desktop dengan tampilan yang rapi. Menu dan tombol navigasi harus mudah digunakan oleh pengunjung. Kamu bisa mengelola tema web sesuai dengan identitas brand dan target konsumen.

cara menaikkan traffic website dengan memberikan tampilan web yang nyaman bagi pengunjung. Dengan begitu, pengunjung kemungkinan besar akan kembali lagi ke toko online kamu sehingga traffic website terus naik. Tampilan web yang baik juga menambah nilai dari mesin pencari Google supaya toko online kamu bisa muncul di kolom pencarian teratas. 

4. Iklan Online

Optimasi bisnis menggunakan website toko online selanjutnya adalah dengan iklan online. Iklan online adalah cara mempromosikan website yang efektif dan efisien. Tujuan dari iklan online yaitu meningkatkan traffic website dan memperluas jangkauan calon pelanggan. Berikut ini adalah berapa jenis iklan online.

a. Google Adwords

Google ads adalah fitur iklan online yang disediakan oleh Google digunakan untuk berpromosi melalui media mesin pencari internet. Pengguna internet memasukkan kata kunci ke mesin pencari, kemudian pada halaman hasil pencarian ada iklan yang muncul terkait kata kunci tersebut. Iklan tersebutlah yang dimaksud sebagai Google Ads. 

b. Google Adsense

Sobat Shipper bisa mengoptimalkan bisnis dengan memasang iklan pada website bekerja sama dengan Google. Kamu akan mendapat bayaran jika ada orang yang mengklik iklan tersebut. Jenis iklan inilah yang disebut Google Adsense.  

c. Social Media Advertising

Social media advertising dapat menjadi salah satu cara mempromosikan website. Media sosial seperti Instagram atau Facebook menyediakan fitur iklan untuk optimasi bisnis. Iklan di media sosial bisa kamu arahkan ke tautan web sebagai cara menaikkan traffic website dan memperluas target konsumen. 

5. Tingkatkan Pelayanan Pelanggan di Web

Satu lagi yang tak kalah penting dalam optimasi bisnis menggunakan website toko online yaitu pelayanan pelanggan. Sobat Shipper pelayanan pelanggan di website harus dikelola dengan baik. Dengan pelayanan pelanggan yang baik, maka kamu bisa mendapatkan lebih banyak peluang menaikkan penjualan. 

Tips meningkatkan pelayanan pelanggan di web:

a. Mudah Melakukan Transaksi

Alur atau sistem untuk melakukan transaksi pembelian di website toko online harus mudah dan tidak membingungkan bagi pelanggan. 

b. Mudah Mengetahui Status Pesanan

Konsumen harus mudah untuk melacak status pesanan. Pelanggan bisa mendapatkan info yang jelas mulai dari status memesan produk, waktu pengemasan hingga proses pengiriman. 

c. Menu FAQ

Berikan menu FAQ yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan. Tujuannya untuk membantu pelanggan mendapatkan informasi yang dibutuhkan seputar toko online.

d. Fitur Chat 

Fitur chat penting ada dalam web untuk memberikan pelayanan pelanggan yang memuaskan. Dengan adanya fitur chat pelanggan bisa lebih mudah berkomunikasi dengan penjual. Penjual harus memberikan respon yang ramah, jelas, dan cepat. 

e. Pilihan Pembayaran dan Ekspedisi 

Pilihan cara pembayaran dan jenis ekspedisi yang beragam termasuk faktor dalam meningkatkan pelayanan untuk kepuasan pelanggan. Hal ini untuk menghindari pelanggan gagal melakukan transaksi karena tidak ada pilihan cara pembayaran atau ekspedisi yang cocok. 

Sobat Shipper itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalkan bisnis dengan website toko online. Optimalisasi bisnis tidak hanya melalui web saja. Kamu harus selalu update dengan tren pasar supaya bisa menghadirkan inovasi produk yang disukai pelanggan. Sesekali memberikan diskon atau promosi juga termasuk langkah dalam optimasi bisnis. 

Selain itu, jangan abaikan pentingnya menjaga kepercayaan pelanggan dengan memastikan produk sampai ke pelanggan dalam keadaan baik. Untuk itu Sobat Shipper perlu memilih layanan pengiriman profesional yang dapat diandalkan untuk mengirim berbagai jenis barang secara aman dan tepat waktu. Percayakan kebutuhan ekspedisi kepada Shipper. Dapatkan banyak benefit jika kamu bekerja sama dengan Shipper dengan kunjungi websitenya di shipper.id.