5 Tips Optimisasi Web untuk Meningkatkan Traffic Website

0
103
meningkatkan traffic website

Website adalah salah satu media yang bisa menghubungkan pemilik bisnis dengan target konsumen. Website yang tidak kelola bisa menjadi sia-sia, sayang sekali bukan? Untuk itu, setelah membuat website sebaiknya menyediakan waktu untuk melakukan pengelolaan website secara optimal. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah teknik atau cara optimisasi web untuk meningkatkan traffic website

Traffic website adalah jumlah kunjungan audiens ke web bisnis atau web toko online kamu. Sobat Shipper sebagai pemilik website pasti ingin webnya dikunjungi banyak orang dan punya nilai bagus di mesin pencari sehingga mudah ditemukan banyak orang. Yuk, pelajari tips optimisasi website berikut ini. 

1. Menggunakan Teknik SEO (Search Engine Optimization)

Cara meningkatkan traffic web yang pertama yaitu dengan teknik SEO atau Search Engine Optimization. Teknik SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya yang dilakukan untuk menaikkan rangking web pada mesin pencari di internet. Teknik SEO bekerja dengan melakukan optimasi pada bagian website. Tujuan dari menggunakan SEO supaya ketika pengguna internet memasukkan kata kunci di mesin pencari maka web kamu bisa terlacak dengan mudah dan muncul di bagian atas hasil pencarian. 

Untuk menerapkan teknik SEO kamu bisa menggunakan tools yang banyak tersedia di internet bahkan beberapa tools untuk optimasi SEO bisa digunakan secara gratis. Contohnya Google Keyword Planner dan Google Trend untuk menentukan kata kunci yang tepat sehingga bisa menghasilkan konten berkualitas sesuai dengan kebutuhan target audiens.

Jenis-Jenis optimasi SEO untuk menaikkan traffic website dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. SEO On-Page

Cara meningkatkan seo website agar traffic website bisa meningkat yang pertama adalah SEO On-page. SEO on-page penting dalam optimisasi website jika kamu ingin mendapat traffic website yang tinggi. SEO on-page fokus pada pembuatan atau pengelolaan konten. Berikan konten web yang relevan dan berguna bagi pengunjung web. Kamu bisa mempelajari cara membuat konten yang baik dan SEO friendly

Beberapa contoh SEO on-page yaitu: 

  • Membuat judul konten dan meta deskripsi yang menarik 
  • Optimasi konten dengan gambar atau video
  • Gunakan permalink yang sederhana dan relevan dengan kata kunci konten.
  • Letakkan fokus keyword di paragraf awal artikel 
  • Gunakan link internal dan eksternal
  1. SEO off-page

Setelah melakukan SEO on-page, selanjutnya adalah mengoptimisasi website dengan teknik SEO off-page. SEO off-page fokus pada bagian di luar website tersebut yang bertujuan meningkatkan traffic website. SEO off-page diperlukan untuk memaksimalkan kinerja SEO on-page. Sehingga, optimasi website bisnis berjalan optimal. 

Beberapa contoh SEO off-page yaitu: 

  • Membangun link building.
  • Mendaftar ke Google My Business.
  • Membangun review pelanggan yang positif.
  • Brand mention dari campaign online, penghargaan bisnis atau liputan media dan sebagainya.  

2. Optimalkan Tampilan Website Mobile

Cara meningkatkan traffic web tidak hanya dengan teknik SEO saja. Sobat Shipper juga perlu melakukan optimasi pada tampilan website agar traffic website meningkat. Salah satu cara meningkatkan traffic adalah dengan optimisasi website untuk tampilan mobile. Mengapa hal ini penting? 

Saat ini sebagian besar orang melakukan berbagai aktivitas digital menggunakan gadget. Tanpa optimasi tampilan website mobile maka kamu punya resiko besar kehilangan banyak calon pengunjung yang mungkin cocok sebagai target konsumen potensial dalam bisnis kamu. Jangan sampai hal ini terjadi, ya. Maka dari itu, ketika membuat web penting untuk memperhatikan tampilan web dari berbagai jenis media seperti smartphone, laptop dan lain-lain, 

Google sebagai mesin pencari terbesar saat ini lebih mengutamakan web yang memiliki tampilan mobile yang nyaman dalam memberi nilai website. Semakin tinggi nilai atau rangking web kamu dari Google maka web akan lebih mudah muncul dalam hasil pencarian paling awal di internet berdasarkan kata kunci tertentu.   

3. Optimalkan Kecepatan Web

Pernahkah kamu batal mengunjungi sebuah halaman web karena butuh waktu lama untuk membuka halaman tersebut? Kecepatan web yaitu lama waktu yang digunakan untuk membuka suatu halaman di website. Sobat Shipper, kecepatan web bisa mempengaruhi traffic website

Tentu sebagai pemilik web bisnis kamu tidak mau kehilangan pengunjung web karena kecepatan website yang kurang optimal. Kecepatan website termasuk optimasi website dalam teknik SEO. Sebab, kecepatan web juga akan berpengaruh pada ranking website yang diberikan Google. 

Tips optimasi kecepatan web yang dapat dilakukan di antaranya:

  • Pilihlah layanan hosting yang memberikan jaminan kecepatan website yang baik. 
  • Menggunakan plugin khusus untuk optimasi kecepatan web salah satunya adalah plugin Caching untuk mempercepat web hingga 75%.
  • Menggunakan CDN atau Content Delivery Network. CDN memungkinkan pengunjung web yang jauh dari lokasi server web tetap bisa membuka web dengan cepat. 
  • Mengecilkan ukuran file yang ada pada web. File tersebut bisa berupa file gambar, HTML, CSS dan lain-lain. 
  • Mengurangi permintaan HTTP di berbagai halaman seperti gambar, skrip atau CSS. 

4. Jadikan Web Menarik untuk Pengunjung

Hal yang tampak sederhana namun sangat penting dalam optimasi website adalah memperhatikan tampilan dan isi web. Jadikan web bisnis kamu menarik dan berguna untuk pengunjung. Pastikan web mudah diakses dan memberikan informasi yang bermanfaat sesuai dengan target audiens. 

Cari tahu kebutuhan target audiens kamu supaya bisa menampilkan konten yang tepat dan bagus. Buatlah pengunjung betah berlama-lama di halaman web kamu dan memperbesar kemungkinan pengunjung tersebut akan kembali lagi di lain waktu. Hal ini akan meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan web kamu setiap harinya. 

Tips membuat web menarik dan berguna untuk pengunjung: 

  • Buat konten yang memberi solusi yang tepat dengan kebutuhan target audiens.
  • Buat website kamu menjadi web yang punya reputasi baik dan dipercaya oleh pengunjung. Salah satu caranya dengan menyajikan konten yang bermanfaat dan tidak mengada-ada.

5. Promosikan Web 

Mempromosikan web termasuk dalam teknik SEO off-page. Supaya web kamu traffic-nya makin naik jangan lupa untuk mempromosikan website tersebut. Selain itu, kamu juga bisa gunakan promo berbayar seperti iklan online Google Ads. Promo gratis juga layak dicoba. Salah satu promo gratis yaitu dengan membagikan link web di media sosial dan menambah tombol share di konten website ke media sosial.

Dari lima tips optimasi traffic website di atas apakah ada yang sudah Sobat Shipper terapkan? Bagi pemilik bisnis online atau toko online web memang media yang sangat penting untuk terus dioptimasi. Hal yang penting adalah melakukan pengelolaan dan pemeliharaan web secara berkala. Optimasi website perlu dilakukan secara berkala agar hasilnya maksimal. Semakin baik traffic website bisnis atau web toko online kamu maka akan semakin besar peluang untuk meningkatkan penjualan. 

Ketika penjualan online semakin meningkat pastikan kamu memilih jasa pengiriman profesional supaya tidak mengecewakan pelanggan. Mari bekerja sama dengan Shipper! Cari tahu lebih banyak tentang layanan unggulan hingga promo yang ada di Shipper dengan kunjungi websitenya di shipper.id.