Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa Pengiriman Barang

0
160
Jasa Pengiriman Barang Semua Ekspedisi by Shipper

Ketika kamu akan mengirimkan barang dari Jakarta ke Jogja, pastinya kamu akan mencari jasa pengiriman barang jogja. Hal ini dilakukan agar barang yang dikirim akan benar-benar sampai ke tempat tujuan yang ada di Jogja. Tapi tahukah kamu bahwa perkembangan industri pengiriman barang saat ini memang mengalami kemajuan yang cukup pesat. Apalagi didukung oleh kemajuan teknologi yang ada, sistem transportasi yang lebih baik dari sebelumnya, serta kebutuhan akan aneka macam barang baik yang hanya ada di daerah lainnya, atau bahkan dari luar negeri yang semakin besar, membuat industri jasa pengiriman barang ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan, dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

Pengertian perusahaan jasa pengiriman barang

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Jasa Pengiriman Barang, ada baiknya jika kamu mengenal terlebih dahulu, sebenarnya apa itu usaha jasa pengiriman barang. Seperti namanya ini adalah sebuah perusahaan atau layanan jasa yang bergerak di bidang pemberian layanan untuk mengirimkan barang, dari satu tempat ke tempat lainnya, secara aman dan nyaman.

Seperti diketahui bersama layanan ini diberikan untuk mempermudah sistem pengiriman barang misalnya saja antar teman atau saudara yang berlokasi di daerah yang berbeda, atau bahkan tinggal di luar negeri. Selain itu layanan ini juga diberikan untuk membantu pengiriman belanja secara online, atau yang kerap disebut dengan , jasa pengiriman barang online. Ini adalah transaksi jual beli yang terjadi antara pihak penjual yang ada di 1 tempat, dan pihak pembeli yang berada di tempat lainnya. Sedangkan teknik pengirimannya yang dilakukan, biasanya menggunakan 2 macam metode, yaitu dengan menggunakan tenaga murni manusia, atau dibantu dengan alat transportasi seperti mobil, truk, kapal, dan yang lainnya.   

Aneka teknik pengiriman pengiriman barang

Saat ini sarana transportasi yang digunakan oleh jasa pengiriman barang, bisa melalui 3 macam cara, yaitu jalur darat, jalur laut dan jalur udara. Layanan tersebut berlaku untuk pengiriman  barang antar kota, antar pulau, hingga antar negara. Untuk lebih mempermudah sistem antara barang yang dilakukan, biasanya pihak penyedia jasa akan membagi teknik atau jenis jasa pengiriman barang yang dilakukan menjadi beberapa cara, antara lain :

Pengiriman barang via darat

Seperti namanya, maka metoda pengiriman barang yang dilakukan adalah menggunakan jalur darat. Jalur ini biasanya dipilih, lantaran jarak pengiriman barang yang dilakukan masih dalam 1 daerah atau dalam 1 pulau, yang notabene dapat ditempuh menggunakan jalur darat.

Dalam proses pengiriman barang menggunakan jalur darat, kamu dapat memilih 2 jenis layanan ditawarkan, antara lain :

  • Full Truck Load / FTL

Layanan ini biasanya diberikan untuk jasa pengiriman barang berat atau volume barang yang cukup banyak, atau dapat memenuhi isi truk. Kamu dapat memilih jenis truk yang dianggap tepat, sesuai kebutuhan, berat atau volume barang yang akan dikirim, misalnya saja truck container, colt diesel, dan jenis lainnya.   

  • Less Than Load / LTL

Jika barang yang akan dikirim, tidak terlalu banyak, dan tidak terlalu berat, sebaiknya gunakan layanan LTL. Misalnya saja jika muatan truk tersebut isinya muat barang seberat 2 ton, sedangkan total berat barang yang akan kamu kirimkan hanya sekitar 1 ton saja, atau setidaknya setengah dari isi ruang truck tersebut. Maka kali ini pihak penyedia jasa akan membuka peluang pengguna lainnya yang juga ingin mengirimkan barang. Jika sudah cukup terkumpul, maka barang akan segera dikirim. Salah satu kelebihan dari layanan ini adalah harganya yang cenderung lebih murah. Atau salah satu layanan jasa pengiriman barang termurah, lantaran biaya pengiriman barang kali ini akan dibagi dengan pengguna lainnya.

Pengiriman barang via laut

Jasa pengiriman barang via laut adalah layanan berikutnya yang umumnya disediakan. Layanan yang satu ini diberikan untuk membantu kamu, yang ingin mengirimkan barang dalam jumlah banyak atau besar atau jasa pengiriman barang besar. Dimana barang tersebut dapat dimasukkan ke dalam kontainer, dengan ukuran dan jenis kontainer yang sesuai kebutuhan. Sama seperti sebelumnya, kamu dapat memilih layanan pengiriman sesuai kebutuhan, misalnya saja :

  • Full Charter Load atau disingkat jadi FCL. Layanan ini dapat digunakan, jika kamu akan mengirimkan barang dalam jumlah banyak atau berat, yang sesuai dengan isi / volume container.
  • Less Than Container Load atau yang disingkat jadi LCL. Layanan ini dapat kamu gunakan jika barang yang akan dikirim jumlahnya tidak memenuhi dari total isi / volume kontainer.
  • Layanan yang satu ini bisa juga disebut dengan layanan jasa pengiriman barang antar pulau karena dapat mengantarkan barang dari pulau 1 dan pulau lainnya. Atau bisa juga digunakan untuk mengirimkan barang dari 1 negara ke negara lainnya.

Pengiriman barang via udara

Layanan jasa pengiriman barang via udara,  ini banyak digunakan, lantaran proses pengirimannya yang terbilang cepat, dan praktis. Pastinya harga yang ditawarkan sebanding dengan fasilitas dan layanan yang diberikan. Biasanya jasa pengiriman barang tercepat yang satu ini, diperuntukkan untuk aneka macam barang kebutuhan, barang yang tidak terlalu berat, atau barang khusus lainnya.

Pengiriman barang via kurir

Ini adalah salah satu layanan yang paling sering digunakan, karena biasanya barang yang digunakan cenderung ringan, seperti dokumen atau yang lainnya, yang harus dikirim dalam waktu cepat. Saat ini jenis jenis jasa pengiriman dokumen seperti yang satu ini memang cukup menjamur, bahkan jika Anda mencari jasa pengiriman barang yang murah, tidak terlalu sulit.

Baca Juga: Tips Nyaman Menggunakan Jasa Pengiriman Barang, Apa Saja?

Layanan pengiriman barang

Dalam pelayanannya, biasanya pihak perusahaan jasa pengiriman barang akan memberikan beberapa pilihan layanan, seperti :

  • Port – port, pengiriman barang dari terminal ke terminal, mulai dari pelabuhan, bandar udara dan juga stasiun. Jika mencari jasa pengiriman barang luar negeri murah maka layanan yang satu ini, dapat kamu pilih.
  • Port – door, pengiriman barang dari terminal ke lokasi / alamat yang dituju.
  • Door – door, pengiriman barang dari alamat kamu ke alamat yang dituju.  
  • Door – port, pengiriman barang dari alamat kamu ke stasiun yang dituju.

Layanan pengiriman ini, berlaku untuk pengiriman barang antar daerah, atau bahkan pengiriman barang ke mancanegara.

Tips memilih jasa pengiriman barang secara tepat

Dalam mencari layanan jasa pengiriman barang terbaik, atau bahkan jasa pengiriman barang murah, ini yang harus kamu perhatikan dengan baik :

  • Legalitas perusahan. Pastikan perusahan tersebut mempunyai kredibilitas yang baik, dengan alamat yang jelas, dan memiliki legalitas hukum.
  • Cek juga jangkauan pengirimannya. Kalau kamu ingin mengirimkan barang ke luar negeri misalnya, pastikan pilih jasa pengiriman barang luar negeri, bukan hanya yang  bisa mengirimkan barang antar daerah saja.
  • Cek juga berapa tarif yang diberikan, sebaiknya cari yang kompetitif.
  • Cek juga pelayanannya, dan mampu memberikan kepuasan terhadap pelanggannya.
  • Dapat mengirim barang secara tepat waktu.
  • Mudah melacak barang dan status barang yang sedang dikirim.

Dari ulasan tentang jasa pengiriman barang di atas, sedikit banyak, kamu jadi lebih tahu tentang jasa pengiriman barang. Bahkan kini kamu bisa lebih mudah memilih penyedia jasa pengiriman barang murah dan cepat yang mungkin dibutuhkan dengan cek website shipper dimana kamu bisa memilih beragam ekspedisi favorit dan temukan tarif pengiriman terbaik.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Jasa Pengiriman Barang