Mengenal FIFO, FEFO dan LIFO Warehouse Untuk Memaksimalkan Pengelolaan Barang

0
3843
warehouse management system

Memahami WMS atau Warehouse Management System merupakan hal yang wajib bagi para pengelola. Bukan tanpa alasan, memahami istilah satu ini bisa mendatangkan banyak dampak positif terhadap gudang yang kamu kelola. 

Salah satunya adalah terjaganya stok barang kamu dari risiko hilang. WMS adalah sebuah sistem pengelolaan gudang yang diterapkan untuk memaksimalkan proses distribusi dan pengumpulan barang di gudang itu sendiri dengan data yang valid sebagai sumber informasi kedepannya. 

Jadi acuan pekerjaan kamu nantinya adalah data secara fisik dan data di komputer (sistem). Menerapkan WMS dengan baik bisa menghindarkan kamu dari risiko selisih atau barang hilang. 

Metode satu ini tidak bisa hanya diterapkan secara komputerisasi saja, tetap harus ada pengelolaan di lapangan. WMS sudah mulai digunakan di indonesia, contohnya di beberapa jasa sewa gudang Jakarta Selatan yang terkenal dengan sektor industrinya. 

Karena pembahasannya sangat luas, di dalam WMS ini sendiri terdapat beberapa istilah yang harus kamu pahami. Salah satunya adalah FIFO, FEFO, dan LIFO. Ada yang pernah mendengar istilah satu ini di dalam dunia warehouse atau gudang logistik?

1. Mengenal FIFO Dalam Dunia Pergudangan

FIFO merupakan singkatan dari First in First Out. Jadi barang yang pertama kali masuk akan menjadi barang yang pertama kali keluar. Konsep ini bisa diberlakukan di dalam sektor apapun baik itu makanan, FMCG, otomotif, dan lain-lain. FIFO Ini menjadi salah satu SOP gudang logistik yang wajib dipahami.

Penerapan FIFO Ini biasanya bertujuan agar barang-barang atau stok lama bisa segera meninggalkan gudang dan diganti oleh barang yang baru. Penerapan sistem ini sangat direkomendasikan di dalam dunia pergudangan. Namun pengelolaannya memang harus dilakukan oleh ahli.

Penerapan FIFO Ini tidak hanya akan berpengaruh terhadap teknis di lapangan, tapi juga penempatan barang yang ada di dalam gudang itu sendiri. Biasanya ada dua pintu utama pada gudang dimana satu pintu dikhususkan untuk barang masuk (in), sedangkan pintu lagi dikhususkan untuk barang keluar (out).

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa Pengiriman Barang

2. FEFO Dalam Industri Makanan

Istilah warehouse lain yang juga harus kamu pahami adalah FEFO. Istilah satu ini merupakan singkatan dari First Expired First Out. Artinya, barang yang paling mendekati masa kadaluarsa harus dikeluarkan pertama kali. Ada banyak jasa sewa warehouse Jakarta yang menggunakan sistem satu ini.

Sedangkan barang yang masih jauh dari masa kadaluarsa disimpan sebagai stok. Biasanya sistem FEFO ini digunakan oleh gudang di perusahaan makanan. Para pekerja gudang akan terus melakukan rolling produk dari yang mulai terdahulu hingga yang baru. 

Ada sedikit perbedaan yang dimiliki oleh FEFO dan FIFO. SIstem FIFO bersifat lebih mutlak bahwa barang yang pertama kali masuk ke gudang harus dikeluarkan pertama kali. Sedangkan pada sistem FEFO, barang yang pertama kali keluar dari gudang adalah barang yang mendekati masa kadaluarsa. 

Kalau misalkan ada barang baru tapi masa kadaluarsanya dekat, maka secara otomatis barang tersebut lebih diprioritaskan untuk keluar dari gudang. Mudah sekali membedakannya bukan? Karena itulah sistem FEFO Hanya diterapkan pada perusahaan makanan dan FMCG.

3. Sistem LIFO dalam Sistem Pemasaran dan Pengelolaan Stok

Sistem terakhir yang harus kamu pahami adalah LIFO. Ini merupakan kebalikan dari FIFO. LIFO Merupakan singkatan dari Last in First Out. Berarti barang yang terakhir kali masuk harus diprioritaskan untuk keluar dari gudang.

Biasanya hal ini dipengaruhi kebijakan perusahaan masing-masing. Sistem LIFO biasanya hanya ditetapkan sementara saja. Tidak bersifat mutlak selamanya. Hal ini terkadang dipengaruhi oleh kondisi pasar dan berbagai aspek lain. MIsalnya prinsip dan pengertian gudang logistik dari masing-masing sektor.

Buat kamu yang bingung mengurusi semua istilah di atas, kini telah hadir Shipper sebagai solusi pengelolaan gudang terbaik bagi produkmu. Biarkan kami yang menangani gudang dan kamu fokus pada pemasaran. Kunjungi www.shipper.id/warehouse untuk solusi terbaik kebutuhan bisnis kamu.

Baca Juga : 4 Hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Salah Pilih Jasa Pengiriman