Mengapa Kamu Perlu Melakukan Perbandingan Ongkir buat Bisnismu?

0
27

Bagi Sobat Shipper yang punya bisnis sendiri, terutama usaha online, kamu tentu sadar bahwa ada berbagai faktor yang menentukan kepuasan konsumenmu, kan? Selain kualitas produk dan harga, urusan ongkir juga perlu kamu perhatikan dengan cermat. Soalnya, kamu perlu berikan info ongkir terbaik yang sesuai dengan budget maupun kebutuhan konsumen. Dalam hal ini, perbandingan ongkir jadi hal wajib untuk kamu lakukan.

Apa Itu Ongkir?

Akan tetapi, apa yang dimaksud dengan ongkir, ya? Ongkir alias ongkos kirim adalah biaya langsung yang berkaitan dengan perpindahan (pengiriman) barang dari toko atau gudangmu sampai akhirnya tiba di tangan pembeli.

Sekarang ini, kamu tak perlu lagi bingung menentukan berapa besar ongkir yang perlu dibayar oleh pembeli. Soalnya, sudah ada banyak perusahaan jasa pengiriman atau ekspedisi yang menawarkan kemudahan untuk cek ongkir. Kamu hanya perlu buka website jasa pengiriman dan memasukkan info yang diminta, dan kamu bisa langsung temukan berapa ongkirnya.

Oleh karena itu, perbandingan ongkir sekarang juga jadi lebih mudah. Kamu hanya perlu bandingkan ongkir dari berbagai perusahaan jasa pengiriman sebagaimana yang sudah tertera di halaman website-nya. Dengan begitu, kamu bisa buat data untukmu sendiri. Misalnya dengan membuat tabel sendiri sehingga kamu tak perlu lagi buka website jasa pengiriman satu per satu untuk cek tarif.

Baca juga: 7 Hal yang Menyebabkan Biaya Kirim Paket Murah, Apa Saja?

Mengapa Perlu Hitung Ongkir?

Dalam transaksi jual-beli barang secara online, sering kali pembeli lah yang menanggung ongkir sepenuhnya. Oleh karena itu, kamu perlu hitung dan lakukan perbandingan ongkir agar kamu bisa memberikan info besar ongkir yang akurat untuk pembelimu. Jadi, pembeli tahu dengan pasti berapa besar ongkir yang harus ia bayarkan bersama dengan harga barang.

Di samping itu, perbandingan ini pun dapat kamu gunakan untuk membantumu menemukan opsi pengiriman yang lebih ekonomis. Sebab, sudah jadi rahasia umum kalau sering kali pembeli batal checkout barang karena ternyata ongkirnya terlalu mahal.

Kalau kamu punya program subsidi ongkir, perbandingan ongkir tentunya juga sangat penting buatmu. Karena dengan begitu, kamu tahu berapa besar bagian ongkir yang perlu dibayarkan oleh pembelimu. Jadi, budget untuk subsidi ongkir yang sudah kamu buat tidak akan jebol, kan?

Keuntungan Perbandingan Ongkir

Meski demikian, cek tarif ongkir yang paling ekonomis bukanlah satu-satunya keuntungan yang bisa kamu rasakan dengan melakukan perbandingan ongkir. Justru masih ada banyak keuntungan lain yang bisa kamu rasakan sebagai pelaku bisnis, seperti:

  • Analisis lengkap perbandingan biaya kirim berdasarkan perusahaan ekspedisi, lokasi pengiriman dari kotamu, berat atau dimensi barang, maupun jenis layanan pengiriman seperti standar, ekonomis, dan ekspres.
  • Bantu pilih jasa ekspedisi maupun jenis layanan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu maupun budget pembeli.
  • Bantu mengendalikan biaya operasional bisnismu, terutama kalau kamu menawarkan promo subsidi ongkir kepada pembeli. Dengan begitu, risiko kamu menanggung ongkir melebihi angka yang sesungguhnya bisa ditekan, dan program promomu bisa lebih optimal.

Walaupun kamu sekarang bisa cek ongkir secara online lewat website jasa pengiriman, tentu akan sangat merepotkan kalau kamu harus membuka beberapa website sekaligus, kan? Belum lagi kalau kamu juga harus input informasi yang sama terus-terusan, seperti info kota asal dan tujuan paket.

Tapi tenang saja, karena sekarang sudah ada jasa pengiriman Shipper, lho! Hanya lewat satu dashboard saja di https://shipper.id/shipping, kamu bisa cek dan bandingkan langsung tarif ongkir dari berbagai perusahaan pengiriman dalam satu kali klik saja. Gampang, kan?

Baca juga: Cara Cek Harga Layanan Cargo per Kg yang Perlu Kamu Ketahui